Inilah Tanda Bayi 4 Bulan Dalam Kandungan yang Sehat

(0)
03 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu tanda bayi 4 bulan dalam kandungan sehat adalah mulai menendangBayi 4 bulan dalam kandungan mulai dapat menendang
Mengetahui perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan tidak harus dilakukan lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG). Secara fisik, ibu hamil juga dapat merasakan tanda-tanda tertentu yang mengindikasikan janin di dalam rahimnya berkembang secara normal dan sehat ataupun sebaliknya.Ketika usia kandungan Anda sudah genap 4 bulan, tanda-tanda kehamilan di trimester awal biasanya sudah pergi atau jauh berkurang, misalnya mual dan muntah atau mood swing. Sebaliknya, masalah kehamilan lain mungkin akan dirasakan calon ibu, seperti heartburn dan konstipasi.Sementara di dalam perut Anda, kelopak mata, alis, hingga kuku dan rambut calon bayi mulai terbentuk. Saat pemeriksaan USG bulanan, Anda pun bisa melihat janin tengah mengisap jempolnya, menguap, meregang, bahkan membuat raut wajah tertentu bila Anda melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi.

Perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan: menendang

Salah satu tanda bayi 4 bulan dalam kandungan normal dan sehat adalah mulai menendang atau disebut quickening. Tendangan pertama ini biasanya terjadi di usia kehamilan 16-25 minggu, namun ada juga ibu hamil yang sudah merasakan quickening sejak usia kehamilan 13 minggu.Meskipun demikian, tidak sedikit ibu hamil yang merasa calon bayinya tidak kunjung menendang, meski faktanya janin tersebut tumbuh sehat dan normal di dalam rahim. Hal ini sangat wajar mengingat tendangan pertama biasanya terasa mirip gas yang muncul saat Anda merasa lapar.Tendangan bayi 4 bulan dalam kandungan biasanya akan terasa ketika Anda duduk, berbaring, atau hendak tidur di malam hari. Anda juga bisa menstimulasi bayi untuk bergerak dengan mengetuk-ngetuk perut maupun mengajaknya bicara atau bernyanyi.Seiring bertambahnya usia kehamilan, gerakan janin akan semakin terasa. Anda tidak perlu khawatir bila belum merasakan quickening di awal trimester kedua ini, tapi Anda tetap bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter bila memiliki kekhawatiran soal gerak bayi 4 bulan dalam kandungan.

Tanda bayi 4 bulan dalam kandungan sehat dan normal

Selain merasakan quickening, hal baru lainnya yang mungkin Anda alami di usia kehamilan 16 minggu adalah mengetahui jenis kelamin janin lewat pemeriksaan USG. Namun, hal ini tergantung posisi bayi saat dilakukan pemeriksaan.Lewat pemindaian USG, Anda juga bisa mengetahui tanda perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan sehat dan normal, seperti:
  • Berbagai fitur wajah bayi mulai terbentuk, seperti alis, bulu mata, dan kelopak mata.
  • Telinga juga mulai sempurna sehingga ia sudah bisa mendengar suara ibu dan lingkungan sekitar.
  • Sidik jari mulai terbentuk.
  • Pada usia 17 minggu, bayi akan memiliki panjang sekitar 13 cm (diukur dari ujung kepala hingga bokong).
  • Kulit bayi akan ditumbuhi rambut halus yang disebut lanugo.
  • Janin tidak lagi memiliki ekor di bokongnya.
  • Di akhir bulan keempat, janin rata-rata memiliki panjang 15 cm dan berat 113 gram.
Perkembagan bayi 4 bulan dalam kandungan ini juga akan berdampak pada kondisi fisik ibu hamil, seperti:
  • Perut akan semakin besar, meski besarnya perut pada setiap ibu hamil berbeda-beda.
  • Muncul heartburn, yaitu rasa seperti terbakar di dada karena asam lambung naik sampai. kerongkongan. Kondisi ini mungkin akan terasa semakin parah ketika Anda sedang berbaring.
  • Napas terengah-engah karena janin yang semakin besar.
  • Kenaikan nafsu makan yang disertai hilangnya rasa mual dan muntah alias morning sickness.
Beberapa ibu hamil juga mengeluhkan cepat lelah, kaki bengkak, mulai munculnya strechmark pada kulit perut yang membesar, hingga kenaikan volume keputihan yang keluar dari vagina. Gejala-gejala ini normal, namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jika merasa tidak nyaman, misalnya terlalu sering mengalami heartburn atau keputihan berbau busuk.

Kapan Anda harus waspada?

Di trimester kedua kehamilan, kemungkinan Anda mengalami keguguran cukup kecil, namun bukan mustahil. Selain itu, Anda juga harus mewaspadai kemungkinan bayi 4 bulan dalam kandungan tidak dalam kondisi prima, seperti mengalami masalah kromosom, imunologi, infeksi, hingga perkembangan yang lambat.Pemeriksaan awal lewat USG bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya kelainan pada janin, seperti bibir sumbing, perkembangan janin yang lambat, maupun plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir). Jika dokter menemukan gejala kelainan pada janin, Anda akan diminta melakukan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis, seperti skrining glukosa, amniocentesis, doppler, fetoskopi, dan lain-lain.
menjaga kehamilanperkembangan janin
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month/what-happens-fourth-month-pregnancy
Diakses pada 17 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/4to6-months
Diakses pada 17 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/fetal-movement-feeling-baby-kick
Diakses pada 17 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/second-trimester-tests
Diakses pada 17 Juli 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/4-months-pregnant
Diakses pada 17 Juli 2020
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/4-months-pregnant-body-changes-baby-development-and-precautions/
Diakses pada 17 Juli 2020
About Kids Health. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=322&language=English
Diakses pada 17 Juli 2020
AAFP. https://www.aafp.org/afp/2007/1101/p1341.html
Diakses pada 17 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait