Inilah Sumber Lemak Nabati bagi Anda yang Tak Konsumsi Produk Hewani


Ada banyak sumber lemak nabati yang bisa rutin dikonsumsi. Sumber lemak nabati tersebut termasuk alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, bahkan cokelat hitam.

(0)
19 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lemak nabati bisa didapatkan dari alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitunSumber lemak nabati yang sehat cukup banyak jenisnya, termasuk kacang-kacangan, alpukat, hingga minyak zaitun
Dalam mencukupkan kebutuhan lemak, seperti dalam diet keto atau dalam diet untuk menambah berat badan, produk hewani dan nabati sama-sama mudah dicari dan diolah. Namun, beberapa orang mungkin ingin fokus mengonsumsi lemak nabati karena alasan tertentu – seperti memang ingin menghindari produk-produk hewani. Apa saja sumber lemak nabati?

7 Sumber lemak nabati yang menyehatkan bagi tubuh

Berikut ini beberapa sumber lemak nabati yang menyehatkan dan bernutrisi:

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah unik dan tampil beda sendiri dengan buah-buahan lain. Apabila buah-buahan lain utamanya tersusun atas karbohidrat, buah alpukat tinggi dengan lemak dan menjadi jenis sumber lemak nabati yang menyehatkan. Bahkan, 77% kalori buah alpukat disumbangkan oleh lemak baik.Asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat adalah asam oleat. Asam oleat juga terkandung  dalam minyak zaitun dan dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam termasuk dalam kelompok lemak nabati
Kalori cokelat hitam berasal dari lemak baik
Cokelat hitam juga menjadi makanan sehat sumber lemak nabati yang menawarkan rasa nan lezat. Sekitar 65% kalori cokelat hitam berasal dari lemak – sehingga makanan ini bisa Anda sisipkan dalam diet tinggi lemak. Selain lemak, cokelat hitam juga mengandung serat serta beberapa jenis mineral dalam kadar yang cukup tinggi. Mineral utama dalam cokelat hitam termasuk zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan.

3. Kacang almond

Kacang almond telah menjadi primadona dalam budaya hidup sehat dan menjadi salah satu sumber lemak nabati. Untuk setiap 28 gram kacang almond, lemak total yang terkandung di dalamnya yakni sekitar 14 gram. Sekitar 9 gram dari lemak tersebut yakni lemak tidak jenuh tunggal yang menyehatkan.Kacang almond juga populer sebagai sumber vitamin E. Vitamin ini memiliki efek antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. 

4. Chia seed

Seperti kacang almond, biji chia atau chia seed juga populer dan diburu oleh pencinta hidup sehat. Walau banyak orang tidak mengganggap chia seed sebagai makanan tinggi lemak, kandungan lemak dalam biji chia sebenarnya cukup tinggi. Untuk setiap 28 gram biji chia, Anda akan mendapatkan sekitar 9 gram lemak. Lemak dalam biji chia utamanya tersusun atas jenis asam lemak omega-3 yang disebut ALA atau asam alfa-linolenat. Lemak ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, chia seed secara umum juga berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

5. Minyak zaitun ekstra virgin

Tak dipungkiri lagi, minyak zaitun ekstra virgin merupakan salah satu sumber lemak nabati yang amat menyehatkan. Minyak zaitun ekstra virgin utamanya tersusun atas lemak sehat asam oleat. Sementara itu, minyak zaitun juga mengandung lemak jenuh namun kadarnya jauh lebih sedikit.Selain memberikan asam oleat, minyak zaitun ekstra virgin juga menawarkan vitamin E dan K. Efek antioksidan dalam minyak zaitun juga membuatnya menjadi minyak utama dalam gaya hidup sehat. 

6. Kacang kenari

Salah satu sumber lemak nabati adalah kacang kenari
Kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-3
Kacang kenari memang kesannya sulit dicari. Namun, seperti kacang almond, kacang ini juga menjadi sumber lemak nabati yang dengan mudah bisa dibeli secara online. Sebagian besar kalori dalam kacang kenari memang berasal dari lemak.Kacang kenari kaya dengan lemak tak jenuh ganda omega-6 yang disebut asam linoleat. Namun, kacang ini juga mengandung jenis asam lemak omega-3 yang disebut ALA atau asam alfa-linolenat. Kacang kenari menjadi satu-satunya kacang yang mengandung tinggi ALA. 

7. Kacang tanah

Apabila kacang almond dan kacang kenari cenderung sulit dicari, Anda bisa mencoba kacang tanah yang dijual di pasar terdekat. Kacang tanah juga menjadi sumber lemak nabati dengan rentang porsi 44-56%. Lemak dalam kacang tanah utamanya tersusun atas lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Secara spesifik, jenis asam lemak dalam kacang tanah yaitu asam linoleat dan asam oleat.  

Catatan dari SehatQ

Sumber lemak nabati yang sehat cukup banyak jenisnya, termasuk kacang-kacangan, alpukat, hingga minyak zaitun. Untuk mendapatkan informasi lain terkait nutrisi dan makanan sehat, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa di-download di Appstore dan Playstore yang selalu mendampingi hidup sehat Anda.
makanan sehatmakanan dietnutrisi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-dark-chocolate
Diakses pada 5 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/extra-virgin-olive-oil
Diakses pada 5 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-101
Diakses pada 5 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-super-healthy-high-fat-foods
Diakses pada 5 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight
Diakses pada 5 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait