Konselor laktasi dapat membantu ibu yang kesulitan menyusui bayinya
Seorang ibu sedang menyusui bayinya

Laktasi adalah suatu proses menyusui, mulai dari ASI diproduksi sampai proses bayi mengisap dan menelan ASI. Proses ini memang tidak semudah atau sesederhana yang Anda bayangkan.

Jika Anda seorang ibu baru, ada banyak hal tentang menyusui yang mungkin mengejutkan bagi Anda karena belum mengetahui bagian-bagian tertentu. Di sinilah peran konselor laktasi dapat sangat membantu Anda.

Konselor laktasi adalah profesional berpengalaman yang membantu ibu mengatasi kesulitan yang mungkin mereka alami saat menyusui. Konselor laktasi dapat membantu Anda mempersiapkan mental dan fisik untuk menyusui.

Lalu, seberapa efektif konselor laktasi dalam membantu para ibu untuk memulai dan bertahan dengan menyusui?

Sebuah tinjauan terhadap 16 studi tentang menyusui yang melibatkan lebih dari 5.000 ibu, baru-baru ini diterbitkan. Tinjauan tersebut menemukan fakta bahwa dengan meminta bantuan konselor laktasi, terjadi peningkatan jumlah wanita yang baru memulai menyusui, meningkatkan angka menyusui, dan membantu lebih banyak wanita menyusui bayinya secara eksklusif.

Peran penting konselor laktasi

Berikut adalah beberapa peran dan alasan mengapa konselor laktasi dapat menjadi aset besar, khususnya bagi Anda ibu menyusui.

1. Konselor laktasi merupakan sumber informasi terbaik

Bertentangan dengan kepercayaan yang sering terjadi di masyarakat, menyusui tidak selalu terjadi secara alami pada semua wanita. Bagi sebagian wanita memang demikian, tetapi bagi banyak orang lain, menyusui membutuhkan waktu dan latihan.

Dalam hal ini, mungkin Anda dan banyak wanita yang masih membutuhkan waktu untuk belajar cara memegang bayi saat menyusui, berapa lama Anda harus menyusui, bagaimana mencari petunjuk kecil yang diberikan bayi kepada Anda, atau bagaimana mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda. Konselor laktasi dapat membantu semua hal tersebut.

Biasanya, konselor laktasi memiliki pengalaman bertahun-tahun membantu ibu menyusui. Hampir tidak ada masalah yang belum pernah mereka lihat atau temui, semua masalah Anda mengenai menyusui pasti akan konselor laktasi bantu untuk menyelesaikannya.

Konselor laktasi menjadi sumber informasi yang tak ternilai. Anda dapat menanyakan apa saja, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar, dan semua yang ada di antaranya.

2. Konselor laktasi memiliki tips, petunjuk, dan trik yang dapat membantu

Konselor laktasi yang berpengalaman dapat memberikan tips berharga untuk membantu ibu menangani aspek menyusui yang bahkan tidak banyak orang ketahui.

Anda dapat mendiskusikan segala bentuk masalah atau keprihatinan yang mungkin sedang Anda alami, seperti infeksi payudara, masalah produksi susu, dan teknik menyapih.

3. Membantu menjadikan menyusui sebagai pengalaman terbaik

Menyusui adalah ikatan intim antara ibu dan bayi. Namun, terkadang dibutuhkan beberapa hari atau minggu untuk menguasainya. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat meminta bantuan pada konselor laktasi. Mereka cenderung sangat sabar dan memberikan dorongan sebanyak yang Anda butuhkan.

Konselor laktasi akan siap untuk membantu Anda. Bukan masalah bagi mereka jika Anda seorang ibu baru atau ini bayi kedua, ketiga, atau keempat. Satu-satunya fokus seorang konselor laktasi adalah membantu Anda mendapatkan pengalaman terbaik dalam menyusui.

4. Memberikan solusi yang alami dan mudah

Pembengkakan payudara, nyeri, dan saluran ASI yang tersumbat adalah bagian dari proses menyusui. Konselor laktasi dapat memberikan solusi alami dan mudah untuk membantu Anda mengurangi ketidaknyamanan perihal menyusui seperti yang telah disebutkan.

Sebagai seorang ibu yang sedang menyusui, banyak obat yang tidak tersedia dan tidak disarankan untuk dikonsumsi karena dapat berpengaruh terhadap ASI. Konselor laktasi akan memberikan solusi kepada Anda tentang pengobatan alami yang membantu menghilangkan ketidaknyamanan Anda dan pastinya aman untuk bayi.

5. Memberikan solusi tidak hanya mengenai proses menyusui

Kadang-kadang masalah tertentu yang dialami oleh seorang ibu dapat muncul sehingga perlu untuk menghubungi konselor laktasi sesegera mungkin. Dalam hal ini, masalah yang sering ditemui seperti adanya masalah pada puting payudara, penambahan berat badan bayi yang lambat, masalah fisik atau perkembangan bayi prematur, dan masih banyak lagi.

Pada beberapa kasus, permasalahan-permasalahan tersebut perlu mendapatkan bantuan profesional, termasuk konselor laktasi. Mencoba untuk memecahkan masalah atau situasi sulit tersebut seorang diri justru dapat membuat Anda dan bayi frustrasi. Dengan begitu, produksi dan konsumsi ASI pun akan terkena dampaknya.

Menyusui memang tidak selalu mudah. Meskipun menyusui merupakan pengalaman yang berharga, proses ini kadang disertai dengan tantangan dan frustrasi. Memiliki konselor laktasi dapat membantu menavigasi dan melewati beberapa bagian-bagian proses menyusui yang menurut Anda sulit.

Commonwealthpeds. https://commonwealthpeds.com/lactation-consultant/
Diakses pada 06 Mei 2020

Momzelle. https://www.momzelle.com/blogs/breastfeeding-ressources/the-benefits-of-using-a-lactation-consultant
Diakses pada 06 Mei 2020

Scarymommy. https://www.scarymommy.com/about-lactation-consultant/
Diakses pada 06 Mei 2020

Slideshare. https://www.slideshare.net/martaagustinasirait/proses-laktasi-dan-menyusui-66202119
Diakses pada 06 Mei 2020

Whattiexpect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/lactation-consultant
Diakses pada 06 Mei 2020

Artikel Terkait