Penyebab Tulang Belikat Sakit dan Cara Mengatasinya


Tulang belikat sakit dapat terjadi akibat cedera, tendonitis, diseksi aorta, hingga emboli paru. Dalam mengatasinya, Anda bisa meletakkan kompres es, latihan fisik, peregangan, atau konsumsi obat pereda nyeri.

(0)
08 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tulang belikat sakit dapat disebabkan oleh mengangkat beban yang terlalu beratTulang belikat sakit bisa terasa sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas
Tulang belikat adalah tulang segitiga yang terletak di bagian belakang bahu atau punggung bagian atas. Tulang tersebut menghubungkan tulang lengan atas ke tulang selangka. Terdapat pula tiga kelompok otot yang melekat padanya untuk membantu menggerakan sendi bahu.Karena bahu dapat bergerak dalam banyak hal, maka membuatnya lebih mudah untuk cedera sehingga menyebabkan tulang belikat pun sakit. Dalam beberapa kasus, nyeri tulang belikat juga disebabkan oleh rasa sakit dari organ terdekat yang bermasalah.

Penyebab tulang belikat sakit

Tulang belikat sakit tentu bisa membuat Anda tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan. Ada berbagai kemungkinan penyebab sakit tulang belikat, yakni:
  • Cedera

Cedera pada otot atau tendon menjadi alasan umum untuk nyeri tulang belikat. Hal tersebut dapat disebabkan oleh mengangkat beban yang berat, postur tubuh yang buruk, olahraga, bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama, salah posisi tidur, dan aktivitas lain yang dapat membuat otot tegang.Cedera pada bagian tubuh yang lain, seperti rotator cuff yang robek, patah tulang belakang, atau cedera lain yang menyebabkan trauma juga bisa menyebabkan sakit di antara tulang belikat.
  • Tendonitis

Tendonitis adalah peradangan pada otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu. Kondisi dapat terjadi seiring berjalannya waktu, terutama jika Anda tidur dengan bertumpu pada bahu dan lengan atas.Tendonitis juga bisa menyebabkan tulang belikat sakit. Nyerinya bahkan dapat menjalar pada leher dan belakang punggung. Tak jarang, tidur pun menjadi terganggu, dan rentang gerak lengan menjadi terbatas.
  • Patah tulang belikat

Patah tulang belikat tentu bisa menyebabkan tulang belikat terasa nyeri. Kondisi ini dapat terjadi akibat jatuh yang ekstrem, kecelakaan, atau trauma lainnya. Ketika mengalaminya, Anda akan merasa nyeri saat menggerakan lengan, kesulitan mengangkat lengan ke atas kepala, serta bengkak dan memar di area tulang belikat. Akan tetapi, patah tulang belikat sebetulnya jarang terjadi.
  • Diseksi aorta

Selain itu, robek atau pecahnya lapisan dalam pembuluh darah besar yang bercabang dari jantung (diseksi aorta) juga bisa menyebabkan sakit belikat kiri atau kanan yang tajam dan parahNyeri tulang belikat juga terkadang merupakan gejala serangan jantung. Namun, hal ini biasanya disertai nyeri dada dan sesak napas. 
  • Emboli paru

Selanjutnya, emboli paru juga merupakan kondisi serius yang dapat menyebabkan tulang belikat kiri sakit ataupun kanan. Beberapa orang melaporkan rasa sakit yang tajam dan tiba-tiba ketika gumpalan darah di kakinya pecah dan berjalan ke paru-paru. Namun, kondisi ini disertai pula dengan napas pendek. Sementara, penyebab tulang belikat sakit lainnya antara lain:
  • Saraf kejepit
  • Penyakit cakram degeneratif, herniasi, atau tonjolan di tulang belakang
  • Skoliosis
  • Osteroartritis pada sendi di sekitar leher, tulang belakang, atau tulang rusuk
  • Stenosis tulang belakang atau penyempitan sumsum tulang belakang
  • Naiknya asam lambung
  • Fibromyalgia
  • Herpes zoster
  • Sindrom nyeri myofascial
  • Batu empedu yang disertai mual dan nyeri di bagian kanan atas perut
  • Kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, limfoma, hati, kerongkongan, mesothelioma, dan kanker yang menyebar ke tulang.

Cara mengatasi tulang belikat sakit

Dalam mengatasi nyeri tulang belikat tentu dilakukan berdasarkan penyebabnya. Namun, terdapat beberapa perawatan di rumah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan maupun menghilangkan rasa sakit tersebut. Adapun cara mengatasi tulang belikat sakit yang bisa dicoba, yaitu:

1. Beristirahat

Terkadang Anda hanya perlu beristirahat untuk segera pulih dari sakit tulang belikat, terutama jika disebabkan oleh cedera. Dalam kondisi ini, berbaringlah di tempat tidur dengan nyaman hingga nyeri menghilang.

2. Kompres es

Meletakkan kompres es di area tulang belikat dapat meringankan ketidaknyamanan. Anda dapat menggunakan kompres tersebut selama 15 menit setiap 4 jam sekali hingga rasa sakit berangsur pulih.

3. Latihan fisik

Latihan fisik tak hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, namun juga dapat memperkuat area di punggung sehingga membantu mengatasi rasa sakit. Anda dapat melakukan latihan push-up, pull-up, dan sit-up untuk menguatkan otot di punggung dan perut.

4. Peregangan

Yoga dan teknik peregangan lainnya dapat meningkatkan sirkulasi ke otot dan persendian sehingga membantu menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman.

5. Perhatikan asupan yang dikonsumsi

Asupan tertentu, seperti makanan olahan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga memperburuk gejala yang Anda rasakan. Oleh sebab itu, hindarilah makanan tersebut dan perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah. Memilih makanan asam lemak omega-3 yang tinggi seperti salmon juga dipercaya dapat membantu.

6. Obat penghilang rasa nyeri

Anda dapat menggunakan obat oles untuk menghilangkan nyeri terutama apabila disebabkan oleh cedera. Selain itu, obat-obatan tertentu, seperti ibuprofen juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di tulang belikat. Terkadang, steroid pun diberikan sebagai pil atau suntikan untuk mengatasi nyeri dan peradangan.

7. Pijat

Seorang terapis pijat dapat memijat area di antara tulang belikat untuk membuat jaringan otot lebih rileks. Selain dengan terapis, Anda juga dapat menggunakan alat pijat genggam untuk di rumah.Jika tulang belikat sakit yang Anda rasakan tak juga membaik atau semakin memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan menemukan penyebab yang mendasari kondisi tersebut dan menentukan penanganan yang tepat untuk keluhan Anda.
masalah tulangcedera fisikkram ototsaraf terjepit
Healthline. https://www.healthline.com/health/shoulder-blade-pain#therapy
Diakses pada 24 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/rotator-cuff-tendinitis#symptoms
Diakses pada 07 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-relief/shoulder-blade-fractures#symptoms
Diakses pada 07 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319774#treatment-options
Diakses pada 24 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait