Inilah Penyebab Tangan dan Kaki Bayi Dingin Beserta Solusinya


Merasa khawatir di saat tangan dan kaki bayi dingin sangatlah wajar. Namun ketahuilah, tidak selamanya kondisi ini disebabkan oleh penyakit. Sebab, sirkulasi darah dan tingkat keaktifan Si Kecil juga bisa menyebabkannya.

(0)
24 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tangan dan kaki bayi terasa dingin dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis.Saat bayi tidak aktif, tangan dan kakinya bisa terasa dingin.
Tangan dan kaki bayi terasa dingin dapat menimbulkan kekhawatiran pada orangtua. Namun, tidak selamanya situasi ini disebabkan oleh penyakit. Kondisi-kondisi tertentu, seperti seberapa aktif bayi hingga proses sirkulasi darah bisa menyebabkannya.Meski begitu, ada juga penyebab tangan dan kaki bayi dingin yang cukup serius. Di sinilah orangtua harus segera mengambil tindakan dan membawa Si Kecil ke dokter.

Penyebab tangan dan kaki bayi dingin yang normal

Penyebab tangan dan kaki bayi dingin yang masih dianggap normal cukup beragam, di antaranya:

1. Pengaturan suhu tubuh bayi belum menyeluruh

Meskipun suhu tubuh bayi dinilai lebih hangat dibandingkan orang dewasa, terdapat beberapa bagian tubuh yang suhunya lebih rendah dibandingkan orangtuanya, seperti tangan dan kaki misalnya.Hal inilah yang menyebabkan tangan dan kaki bayi terasa dingin saat kita sentuh. Jadi tidak heran kalau bayi membutuhkan pakaian yang lebih tebal meskipun berada di dalam ruangan hangat sekalipun.Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), suhu normal tubuh bayi berkisar antara 36,1-38 derajat Celcius. Jika sudah melebihi itu, ada baiknya Anda langsung membawa Si Kecil ke dokter.

2. Bayi kurang aktif

Pada bulan-bulan awal kehidupannya, bayi belum bisa melakukan banyak aktivitas. Hari-harinya dilewati dengan tidur, minum air susu ibu (ASI), dan buang air saja. Aktivitas ini dianggap sangat normal dan baik untuk bayi. Hanya saja, tangan dan kaki bayi dapat terasa dingin.Di saat bayi kurang aktif bergerak, darah yang mengalir ke bagian tangan dan kakinya akan berkurang. Aktivitas menyusu dan mencerna makanan juga bisa membuat aliran darah terfokus ke bagian lambung dan usus. Inilah alasan mengapa tangan dan kaki bayi dingin saat dirinya tidak aktif.Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ketika bayi sudah bisa merangkak dan berjalan, aliran darah ke tangan dan kaki akan mulai lancar.

3. Sirkulasi darah

Darah tidak hanya membawa oksigen saja, tapi juga suhu panas ke seluruh tubuh. Namun ingat, bayi yang masih berusia di bawah 3 bulan memiliki sistem sirkulasi darah yang masih baru sehingga aliran darah ke bagian tangan dan kakinya belum optimal.Selain itu, sejumlah organ bayi, seperti otak dan paru-paru, masih dalam fase perkembangan. Kondisi ini menyebabkan aliran darah tertuju ke organ-organ tersebut, bukan ke tangan dan kakinya.Seiring berjalannya waktu, sistem sirkulasi darah bayi akan semakin berkembang sehingga setiap organ tubuhnya akan mendapatkan porsi darah yang dibutuhkan.

Penyebab tangan dan kaki bayi dingin yang perlu diwaspadai

Selain itu, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan tangan dan kaki bayi dingin, seperti:

1. Demam

Jika Si Kecil demam dan suhu tubuhnya melebihi 38 derajat Celcius, tangan dan kakinya bisa terasa dingin. Hal ini terjadi karena sistem imun tubuh dan sirkulasi darahnya sedang sibuk melawan kuman di bagian tubuh lainnya.Jika bayi sedang tidak enak badan, berbagai gejala di bawah ini bisa muncul:
  • Wajah bayi memerah
  • Kulit dan bagian putih mata menguning
  • Bagian tubuh seperti wajah dan dada terasa panas
  • Tidak nafsu minum ASI
  • Air kencingnya sedikit
  • Diare
  • Sembelit
  • Tidur terlalu lama
  • Sering menangis atau tidak menangis sama sekali.
Jika berbagai gejala di atas dialami Si Kecil, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Penyebab lainnya

Jika tangan dan kaki bayi dingin disertai warna bibir yang kebiruan, bisa jadi Si Kecil memiliki sirkulasi darah yang buruk. Hal ini menandakan bahwa tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup.Beberapa penyebabnya sangat berbahaya dan harus segera ditangani segera, di antaranya masalah jantung, masalah paru-paru dan pernapasan, masalah sirkulasi darah, serta infeksi. Jangan buang waktu lagi dan bawalah anak Anda ke rumah sakit segera.

Cara mengatasi tangan dan kaki bayi dingin

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi hangat di saat tangan dan kakinya terasa dingin.
  • Kenakan pakaian tebal

Cobalah untuk memakaikan pakaian tebal beserta kaus kaki saat tangan dan kaki bayi terasa dingin. Pakaian tebal dapat membuat tubuhnya menjadi hangat sehingga bayi pun akan merasa nyaman.
  • Metode kangguru

Ibu juga boleh mencoba metode kangguru dengan mendekap bayi secara lembut. Hal ini bisa membuat bayi merasa hangat karena terpapar dengan suhu tubuh ibunya. Sebuah studi juga membuktikan, metode kangguru bisa menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.Namun, jangan pernah melakukan metode kangguru jika Anda sedang mengantuk. Pasalnya, akan sangat berbahaya jika ibu tertidur saat sedang mendekap bayinya secara erat.
  • Perhatikan temperatur ruangan

Saat menggunakan pendingin ruangan, perhatikan temperaturnya agar tidak terlalu dingin atau panas untuk si bayi. Jangan karena tangan dan kaki bayi dingin, ibu malah memanaskan suhu ruangan karena tubuh bayi dapat memanas dengan mudah.Suhu yang dianggap paling nyaman untuk bayi berkisar dari 20-22,2 derajat Celcius.

Kapan harus ke dokter?

Jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan dan suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celcius, sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter. Kondisi tersebut bisa menjadi pertanda dari infeksi atau penyakit lainnya.Selain itu, Anda juga perlu membawa Si Kecil ke dokter jika ia sedang demam dan ditemani gejala-gejala di bawah ini:
  • Muntah
  • Diare
  • Munculnya ruam di kulit
  • Kejang
  • Terlihat sering mengantuk
  • Sering menangis.

Catatan dari SehatQ

Dalam beberapa kasus, tangan dan kaki bayi yang dingin tidak perlu dikhawatirkan. Namun, terdapat beberapa penyakit yang juga bisa menyebabkannya. Apa pun alasannya, tidak ada salahnya bagi orangtua untuk datang ke dokter dan memeriksakan kesehatan Si Kecil.Bagi Anda yang khawatir dengan kondisi tangan dan kaki bayi dingin, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuikesehatan anakmerawat bayi
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/baby-cold-hands#causes
Diakses pada 10 Desember 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/cold-hands-and-feet-in-babies-is-it-normal/
Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait