Inilah Penyebab-penyebab Mata Kering dan Faktor-faktor Risikonya!

Mata kering rentan terjadi saat seseorang berada di ruangan ber-AC
Mata kering bisa disebabkan oleh berbagai kondisi

Mata kering merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika air mata tidak mampu melumasi permukaan bola secara cukup. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering. Salah satu adalah ketika kelenjar air mata tidak mampu memproduksi air mata yang memadai.

Mata kering akan membuat penderitanya tidak nyaman karena adanya rasa panas menyengat dan terbakar di sekitar mata. Kondisi ini rentan terjadi apabila seseorang berada di lokasi dengan kelembapan udara yang tinggi, seperti di ruangan ber-AC, pesawat terbang, atau jika sedang berkendara dan melihat layar terlalu lama tanpa berkedip.

Seiring dengan bertambahnya usia, angka kejadian mata kering cenderung meningkat. Wanita memiliki prevalensi mata kering yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria.

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering biasanya merupakan hal-hal yang berhubungan dengan kondisi mata. Selain itu, beberapa penyakit tertenu juga bisa menyebabkan kondisi ini. Berikut adalah beberapa penyebab mata kering:

  1. Beberapa masalah atau gangguan pada mata yang sering mengakibatkan mata menjadi kering.
  2. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer atau di depan layar yang memberikan cahaya.
  3. Terlalu lama berada di dalam ruangan dengan AC, atau berada di lingkungan dengan yang panas dan berangin.
  4. Menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Efek samping dari obat-obatan tertentu.
  6. Kondisi penyakit yang dimiliki, misalnya diabetes, kelainan pada tiroid, rheumatoid arthritis, penyakit parkinson, atau pernah mengalami operasi mata sebelumnya.

Ciri-ciri mata kering

Ciri-ciri mata kering adalah sebagai berikut:

  1. Mata merah atau bengkak
  2. Sensasi terbakar di permukaan bola mata
  3. Mata lelah sehingga ada dorongan untuk menutup mata lebih lama
  4. Rasa gatal pada mata yang tidak kunjung hilang
  5. Area bola mata yang terasa kering
  6. Pandangan yang mulai kabur, sulit melihat objek menjadi lebih fokus
  7. Sensitif terhadap cahaya
  8. Mata terasa sering berair. Hal ini disebabkan karena kelenjar air mata terus berusaha memproduksi air mata, namun permukaan bola mata tetap terasa kering.
  9. Sensasi seperti adanya pasir di permukaan bola mata

[[artikel-terkait]]

Faktor risiko mata kering

Beberapa orang cenderung lebih berisiko mengalami mata kering. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Berikut adalah beberapa kondisi yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami mata kering:

  1. Berusia lebih dari 50 tahun. Produksi air mata cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Mata kering merupakan hal yang biasa terjadi pada orang dengan usia lebih dari 50 tahun.
  2. Pada wanita, kasus mata kering lebih banyak ditemukan jika dibandingkan dengan pria. Salah satu penyebab mata kering pada wanita, yaitu jika wanita tersebut sedang dalam kondisi hamil, menggunakan obat kontrasepsi, dan kondisi menopause.
  3. Kurang mengonsumsi vitamin A yang banyak ditemukan pada hati, wortel dan brokoli, atau kurang mengonsumsi asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada ikan, kacang dan minyak sayur.
  4. Menggunakan lensa kontak

Sebagian orang beranggapan bahwa mata kering adalah kondisi sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, jika terlalu lama dibiarkan, mata kering akan terus-menerus menyebabkan ketidaknyaman, bahkan menimbulkan kondisi yang lebih parah pada penderitanya. Sebagai contoh, permukaan mata yang terlalu kering dapat terluka dan bisa menjadi radang.

Beberapa profesi pekerjaan tertentu lebih rentan terhadap kondisi mata kering, misalnya pekerjaan yang membuat seseorang terlalu sering berada di depan layar, ahli bedah yang mengharuskan mereka jarang berkedip saat proses operasi, atau pilot dan pramugari yang lama bekerja di pesawat terbang.

Orang-orang dengan profesi tersebut disarankan untuk mengistirahatkan mata sejenak dan menggunakan tetes mata sebagai langkah pencegahan terjadinya mata kering.

MayoClinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863
Diakses pada April 2019

National Eye Institute (NIH). https://nei.nih.gov/health/dryeye/dryeye
Diakses pada April 2019

AmericanAcademy of Ophtalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/how-can-i-tell-whats-causing-my-dry-eye
Diakses pada April 2019

Essilor. https://www.essilor.co.id/en/vision/eye-problems/dry-eyes#YT5ZXHdXHfKvuJsb.99
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed