Inilah Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Anak

(0)
25 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
memiliki hewan peliharaan dapat memberi berbagai manfaat untuk anakKucing adalah salah satu hewan peliharaan yang disenangi oleh anak
Apakah Anda memelihara kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya di rumah? Lalu, apakah anak Anda ikut memeliharanya juga? Jika iya, ini bisa menjadi hal yang baik untuk anak Anda.Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi mereka. Dengan memelihara hewan, berbagai karakter baik anak akan tumbuh dan berkembang.

Manfaat memiliki hewan peliharaan untuk anak

Memelihara hewan adalah komitmen dan tanggung jawab yang besar. Oleh sebab itu, jangan memberi hewan peliharaan untuk anak ketika usia mereka masih sangat kecil. Anak belum cukup dewasa untuk membantu memelihara hewan peliharaan hingga ia berusia 7 atau 8 tahun. Namun, memelihara hewan dapat memberi manfaat untuk anak, seperti:
  • Mengajarkan nilai-nilai pada anak

Memiliki hewan peliharaan dapat menumbuhkan atau mengembangkan rasa tanggung jawab dalam diri anak. Meski masih Anda bantu, namun ini membuatnya berani mengambil tugas. Mereka bahkan juga bisa menyerap contoh pengasuhan Anda untuk diterapkan pada hewan peliharaannya, seperti bersikap baik dan lembut. Hal ini juga menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang dalam diri anak.
  • Meningkatkan harga diri anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan dalam keluarganya cenderung mempunyai harga diri yang lebih tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab memiliki hewan peliharaan dapat membuat anak merasa dicintai dan mencintai, serta merasa memiliki teman untuk diajak berbicara atau bermain.Hewan peliharaan bahkan juga dapat meningkatkan keterampilan akademik anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang membaca dengan suara keras kepada hewan peliharaan dapat membuat mereka lebih percaya diri untuk membaca.
  • Menurunkan stres

Menyikat, menepuk, atau mengusap hewan peliharaan berbulu dapat menurunkan tingkat stres, tak hanya bagi orang dewasa namun juga anak-anak. Selain itu, para ahli juga berpendapat bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita alergi karena paparan dini terhadap bakteri tertentu. Tidak semua hewan dapat dipelihara. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki keinginan untuk memberi anak hewan peliharaan, maka pilihlah hewan yang cocok untuk mereka.

Jenis hewan peliharaan untuk anak

Beberapa hewan cukup aman untuk dipelihara oleh anak-anak, namun pastikan mereka tetap mendapat pengawasan dan bantuan dari orangtua. Adapun hewan peliharaan yang cocok untuk anak, yaitu:
  • Ikan hias

Ikan menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak, namun tidak semua ikan dapat dipelihara. Anak dapat memilih ikan cupang untuk dipelihara karena ikan ini lebih mudah dibesarkan. Ikan cupang dapat tumbuh dengan baik di akuarium kecil yang disimpan di antara suhu 24-28?. Selain itu, ikan mas hias juga dapat menjadi pilihan.Pastikan Anda membeli ikan di toko khusus jual ikan, yang penjualnya dapat memberi tahu cara merawat ikan dengan baik. Berilah pengertian pada anak untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh.
  • Kura-kura

Salah satu hewan yang umumnya dipelihara oleh anak adalah kura-kura. Kura-kura dapat diberi makan dengan mudah dan hidup panjang. Selain itu, hewan ini juga jarang menimbulkan alergi pada anakAkan tetapi, Anda harus memerhatikan pemeliharaan reptil ini dengan baik karena kura-kura dapat dengan mudah menularkan salmonella. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah memegang kura-kura.
  • Burung parkit

Burung juga bisa menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak. Beberapa burung sangat cerdas, namun membutuhkan perhatian yang lebih. Bagi anak-anak yang belum pernah memelihara burung sebelumnya, burung parkit atau kenari merupakan pilihan bagus karena lebih mudah dipelihara.
  • Hamster atau marmut

Hamster atau marmut relatif lebih mudah dipelihara. Selain itu, hewan pengerat ini hanya memerlukan ruang yang kecil. Merawatnya dengan teratur dan lembut dapat membuat hewan kecil ini menjadi penurut. Namun, ketika anak bermain bersama hamster atau marmut peliharaannya, sebaiknya perhatikan dengan baik karena hamster atau marmut dapat menggigit jika merasa terancam. Binatang ini sebaiknya dipelihara untuk anak usia di atas 8 tahun karena daya motoriknya sudah matang untuk membuat nyaman hamster atau marmut.
  • Kucing

Kucing menjadi hewan peliharaan yang banyak disenangi, termasuk oleh anak-anak. Bulunya yang halus dan wajahnya yang lucu membuat anak-anak sulit berpaling dari hewan satu ini. Penting untuk memilih kucing yang cocok dengan anak-anak karena dikhawatirkan hewan ini dapat mencakar si Kecil. Dalam memeliharanya, kucing memerlukan pemeriksaan kesehatan hewan dan imunisasi.
  • Anak anjing

Anak anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang disenangi anak-anak. Sebagian anjing mungkin tidak cocok untuk anak-anak, namun anjing ras retriever labrador, golden retriever, beagles, dan boxers lebih ramah anak. Akan tetapi, sebelum memeliharanya pastikan anjing dapat bersoasialisasi dengan baik di sekitar anak. Ketika memelihara anak anjing, maka hewan ini memerlukan pemeriksaan kesehatan hewan dan imunisasi yang harus dipenuhi. Ajarkan anak untuk tidak bersuara dengan keras dan bergerak secara tiba-tiba ketika bermain dengan anjing, agar hewan ini tidak merasa terancam dan menjadi agresif ke anak Anda. Sebelum memutuskan memiliki hewan peliharaan untuk anak, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dengan matang. Keamanan dan kesanggupan anak untuk memelihara hewan tersebut juga tentu harus dipertimbangkan. Pilihlah hewan peliharaan yang masih kecil karena akan lebih aman untuk anak-anak. Selain itu, pastikan anak tidak memiliki alergi terhadap hewan yang akan dipeliharanya untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat terjadi.
tips parentingcara mendidik anakhewan peliharaanhewan peliharaan anak
Healthline. https://www.healthline.com/health/best-pets-for-kids#dogs
Diakses pada 25 November 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/404_whens-the-best-time-to-get-a-pet_1393924.bc
Diakses pada 25 November 2019
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/family/kids-and-pets/benefits-of-pets/
Diakses pada 25 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait