Manfaat Masker Gelatin untuk Kesehatan Kulit dan Cara Membuatnya


Masker gelatin adalah salah satu perawatan kulit yang sempat marak digunakan oleh sejumlah penggiat kecantikan. Banyak orang yang mengklaim manfaat masker gelatin baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Meski begitu, ketahui cara pakainya yang benar agar terhindar dari risiko efek samping.

0,0
09 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat masker gelatin adalah mengangkat komedo dari pori-pori kulitAnda bisa mengelupas masker gelatin secara perlahan dengan cara yang sama seperti mengelupas masker peel off
Masker gelatin menjadi salah satu jenis perawatan kulit yang sempat marak digunakan oleh sejumlah penggiat kecantikan. Banyak orang yang mengklaim kegunaannya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebenarnya, apa manfaat masker gelatin? 

Apa itu gelatin?

Gelatin adalah produk protein turunan dari kolagen yang terbuat dari berbagai macam kombinasi asam amino. Kolagen sendiri merupakan protein yang paling banyak ditemui di dalam tubuh. Protein ini menyusun berbagai jaringan, mulai dari kulit, persendian, kuku, rambut, hingga tulang.Anda dapat memperoleh gelatin dengan cara merebus kolagen di dalam air. Sebagai contoh ketika merebus tulang sapi untuk membuat kaldu. Nantinya, akan ada lapisan menyerupai jeli berwarna keruh yang muncul saat kaldu berangsur dingin. Nah, inilah kolagen yang berasal dari tulang sapi. Gelatin mengandung sekitar 98-99% protein. Meski begitu, gelatin bukan jenis protein yang lengkap karena ada beberapa jenis asam amino yang tidak terdapat di dalamnya, terutama asam amino jenis triptofan. Akan tetapi, gelatin mengandung asam amino lainnya yang tak kalah bermanfaat, termasuk bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Apa manfaat masker gelatin?

Penggunaan masker gelatin secara rutin diyakini dapat mengenyahkan kotoran dan komedo. Berikut adalah berbagai manfaat masker gelatin bagi kulit Anda selengkapnya.

1. Menghaluskan kulit

Salah satu manfaat masker gelatin adalah menghaluskan kulit. Gelatin dapat mengeksfoliasi permukaan kulit sehingga tumpukan sel-sel kulit mati dapat terkikis. Jika digunakan secara rutin, kulit wajah terasa lebih halus.

2. Mengencangkan kulit

Kulit kencang dan halus berkat masker gelatin
Sel kulit mati yang terangkat bisa buat wajah segar dan kencang
Jika tumpukan sel kulit mati sudah terangkat, wajah akan tampak lebih segar dan kencang. Kondisi ini dapat terjadi karena lapisan kulit di bawahnya yang sebelumnya tertutup kotoran akan muncul ke permukaan kulit. Lapisan kulit tersebut menjadi lebih kenyal dan rapat jika dibandingkan kulit sebelumnya yang lebih longgar dan kotor.

3. Mencegah jerawat muncul

Jerawat biasanya disebabkan oleh menumpuknya kotoran, minyak, dan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Nah, manfaat masker gelatin dapat menjadi solusi untuk membersihkan kulit wajah secara mendalam, termasuk kotoran dan bakteri penyebab jerawat.Dengan demikian, rutin menggunakan masker gelatin mampu mencegah munculnya jerawat.

4. Menghilangkan komedo

Manfaat masker gelatin adalah menghilangkan komedo
Masker gelatin dapat menarik, mengikat, dan mengangkat komedo
Manfaat masker gelatin baik untuk orang-orang yang rentan mengalami komedo. Pasalnya, masker ini mampu mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang bisa menjadi pemicu munculnya komedo.Masker gelatin dapat menarik, mengikat, dan mengangkat komedo dari pori-pori kulit. Hasilnya, kulit wajah akan tampak lebih bersih dan bebas komedo.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat masker gelatin yang tak kalah penting adalah meningkatkan produksi kolagen pada lapisan bawah kulit.Jika produksi kolagen terjaga, kulit terasa kenyal dan elastis sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan diniTak hanya itu, manfaat gelatin untuk kecantikan kulit juga berasal dari kandungan protein dan asam amino di dalamnya yang dapat menghidrasi dan menjaga kulit tetap sehat.BACA JUGA: 12 Masker Wajah Alami yang Ampuh Mencerahkan Wajah

Cara membuat masker gelatin

Anda bisa menggunakan masker gelatin dengan membuatnya terlebih dulu dari bahan-bahan yang sederhana.Cukup siapkan bubuk gelatin murni tanpa perasa, pewarna, atau zat tambahan lainnya. Anda bisa membelinya di sejumlah toko terpercaya. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, Anda juga bisa menambahkan berbagai bahan alami lain yang juga bermanfaat untuk kulit. Misalnya, yogurt, sari lemon, susu, madu, baking soda, atau putih telur.Kemudian, simak langkah membuatnya di bawah ini.
  • Campurkan 1 sendok makan bubuk gelatin dengan air hangat.
  • Aduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan campuran masker ke dalam microwave selama 10 detik.
  • Keluarkan masker dari microwave. Nantinya, tekstur masker akan terasa kental dan lengket seperti lem.
  • Tunggu selama beberapa menit hingga masker tidak lagi panas. 
  • Jika suhu masker cukup hangat dan aman untuk kulit, segera oleskan pada wajah hingga merata. 
  • Diamkan selama 30 menit sampai masker mengering.
  • Saat sudah mengering, Anda bisa mengelupas masker secara perlahan dengan cara yang sama seperti mengelupas masker peel off.
Cara menggunakan masker gelatin sebaiknya tidak perlu berlebihan, yakni cukup 2 kali seminggu secara rutin.BACA JUGA: Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

Aturan cara memakai masker gelatin

Masker gelatin sebenarnya aman digunakan bila tahu cara pakainya dengan tepat. Namun, pada beberapa kondisi tertentu, mungkin ada efek samping yang perlu diwaspadai. Risiko bahaya masker gelatin yang mungkin muncul, antara lain reaksi alergi hingga masalah kulit yang semakin parah akibat proses pengelupasan masker. Pasalnya, beberapa orang mungkin rentan mengalami iritasi atau peradangan setelahnya.Oleh karena itu, sebelum melakukan berbagai langkah di atas ketahui tata cara memakai masker gelatin dengan aman guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.Pasalnya, setiap kondisi kulit setiap orang tidak sama. Jadi, alangkah baiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit dan lihat reaksinya. Caranya, oleskan sedikit masker gelatin yang sudah dibuat pada area punggung tangan atau belakang siku. Diamkan selama minimal 10 menit untuk melihat reaksi berupa rasa gatal, kemerahan, hingga pembengkakan, yang mungkin terjadi. Jika tidak muncul tanda-tanda ini, Anda mungkin aman menggunakannya pada wajah. Masih punya pertanyaan seputar manfaat masker gelatin? Jangan ragu untuk bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
masker wajahkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/gelatin-benefits
Diakses pada 25 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-gelatin#1
Diakses pada 26 November 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319124#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 26 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait