Inilah Manfaat Masker Gelatin untuk Kesehatan Kulit Anda

(0)
09 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat masker gelatin adalah mengangkat komedo dari pori-pori kulitMasker gelatin dianggap dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah
Salah satu jenis masker wajah yang mulai banyak digunakan dewasa ini adalah masker gelatin. Banyak pihak yang mengklaim masker ini dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan kulit. Namun, sebenarnya apa manfaat masker gelatin bagi kecantikan kulit?Gelatin adalah produk turunan protein yang berasal dari ekstrak kolagen yang merupakan kombinasi unik dari asam amino. Bahan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit.Masker gelatin bisa dibuat sendiri di rumah. Tidak hanya mudah digunakan, diaplikasikan, dan dibersihkan, masker ini juga dianggap mampu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh.

Manfaat masker gelatin

Masker gelatin bekerja dengan cara menyerap berbagai polutan yang ada di permukaan kulit dan di dalam pori-pori. Menggunakan masker gelatin secara rutin dapat mengenyahkan kotoran, komedo, dan juga berbagai racun yang merugikan.Berikut adalah berbagai manfaat masker gelatin bagi kulit Anda.

1. Menghaluskan kulit

Masker gelatin dapat mengeksfoliasi permukaan kulit. Sel-sel kulit mati akan menempel pada masker dan terangkat dari kulit sehingga kulit wajah akan terasa lebih halus setelah menggunakan masker ini.

2. Mengencangkan kulit

Setelah semua polutan lepas dari kulit, wajah akan terlihat lebih segar dan kencang. Kondisi ini terjadi karena lapisan kulit di bawahnya yang sebelumnya tertutup kotoran akan muncul ke permukaan. Lapisan kulit tersebut menjadi lebih kenyal dan rapat jika dibandingkan kulit sebelumnya yang longgar dan kotor.

3. Mencegah jerawat

Jerawat biasanya disebabkan oleh menumpuknya kotoran, minyak, dan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Masker gelatin dapat menjadi solusinya untuk membersihkan kulit wajah secara mendalam, termasuk kotoran dan bakteri penyebab jerawat.Dengan rutin menggunakan masker gelatin, jerawat di wajah dapat dicegah sehingga tidak muncul lagi.

4. Menghilangkan komedo

Masker gelatin juga dapat menarik, mengikat, dan mengangkat komedo dari pori-pori kulit. Hasilnya, kulit wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan bebas komedo.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Salah satu manfaat masker gelatin yang cukup krusial adalah meningkatkan produksi kolagen pada lapisan bawah kulit wajah.Dengan terjaganya jumlah kolagen, elastisitas kulit wajah dapat dipertahankan dan tanda-tanda penuaan dini bisa dihindari.

Cara menggunakan masker gelatin

Pertama-tama, siapkan bubuk gelatin terlebih dahulu. Bubuk ini bisa Anda beli di berbagai toko daring. Pilihlah toko yang menurut Anda tepercaya sehingga gelatin yang digunakan kualitasnya terjaga dan bukan barang palsu.Berikut cara menggunakan masker gelatin yang bisa Anda lakukan di rumah:
  • Campurkan satu sendok makan bubuk gelatin dengan air hangat
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Masukan ke dalam microwave selama 10 detik
  • Aplikasikan merata pada wajah dan biarkan selama 30 menit
  • Bersihkan dengan air hangat.
Manfaat masker gelatin bisa bertambah jika dicampurkan dengan bahan lain yang juga baik untuk kulit, seperti yogurt, sari lemon, susu, madu, baking soda, atau putih telur.

Efek samping masker gelatin

Di samping manfaat masker gelatin, ada juga efek samping yang harus diwaspadai. Berikut adalah sejumlah efek samping yang bisa muncul.
  • Penggunaan masker gelatin pada kulit yang sedang mengalami kemerahan (iritasi atau radang) dapat memperparah kondisinya karena masker gelatin mampu mengelupas kulit.
  • Jangan gunakan masker gelatin lebih dari satu kali dalam seminggu. Pemakaian berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami kemerahan.
  • Pengelupasan kulit wajah berjerawat oleh masker gelatin dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang dapat memperburuk kondisi jerawat.
Jika Anda punya pertanyaan seputar manfaat masker gelatin, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
pengobatan jerawatkomedomasker wajah
Derma Clara. https://www.dermaclara.com/blogs/news/best-gelatin-face-masks-that-you-need-to-try
Diakses 25 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/gelatin-benefits#TOC_TITLE_HDR_5
Diakses 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait