Inilah 7 Manfaat Mandi Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Mandi susu ternyata menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain melembapkan kulit, mandi susu dipercaya ampuh dalam mengatasi eksim hingga psoriasis.

(0)
22 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mandi susu dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit.Mandi susu dapat mengakibatkan iritasi pada kulit sensitif.
Mandi susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, mulai dari melembapkan kulit, mengatasi eksim, meredakan gejala psoriasis, hingga menangani luka bakar. Selain mengenali manfaatnya, ketahui juga cara mandi susu yang tepat ini!

7 manfaat mandi susu untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Selama ratusan tahun lamanya, mandi susu dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Sejarah juga membuktikan bahwa bangsa Romawi Kuno menjadikan mandi susu sebagai kebiasaan. Berikut ini manfaat mandi susu beserta penjelasan ilmiahnya.

1. Melembapkan kulit

Jika Anda memiliki kulit kering, mandi dengan susu dipercaya dapat melembapkan kulit. Sebab, susu mengandung berbagai nutrisi ini:
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral
  • Asam laktat.
Berbagai senyawa di atas dipercaya dapat melembutkan kulit. Ditambah lagi, asam laktat dinilai ampuh mengangkat sel kulit mati.

2. Menghilangkan gatal

Siapa sangka, ternyata mandi susu juga memiliki kemampuan untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Dalam sebuah penelitian, para partisipan wanita berusia 65 tahun ke atas berhasil "terbebas" dari kulit gatal setelah mandi susu.

3. Mengatasi eksim

Mandi susu dipercaya dapat mengatasi eksim
Mandi susu dipercaya bisa mengatasi eksim
Eksim adalah penyakit kulit yang sering kali menyebabkan munculnya ruam dan iritasi. Sebuah riset membuktikan, mengoleskan air susu ibu (ASI) ke bagian kulit bayi yang terdampak eksim, sama efektifnya dengan mengoleskan krim hidrokortison.Namun, penelitian itu hanya diikuti oleh partisipan yang masih berusia belia atau bayi. Riset lebih lanjut tentunya masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat mandi susu ini.

4. Meredakan gejala psoriasis

Masih sedikit yang tahu bahwa mandi dengan susu dipercaya bisa meredakan berbagai gejala kondisi medis psoriasis, seperti gatal-gatal hingga kulit bersisik. Sayangnya, belum banyak riset ilmiah yang bisa mengungkapkan efektivitas mandi susu untuk mengangani psoriasis.

5. Meredakan gejala poison ivy

Pernah mendengar istilah poison ivy? Ya, poison ivy dikenal dengan sebutan jelatang di Indonesia. Tumbuhan ini dapat menyebabkan berbagai gejala merugikan jika disentuh.Gejalanya berupa kulit kemerahan, gatal-gatal, hingga kulit meradang. Dengan mandi susu, berbagai gejala ini dipercaya dapat diredakan. Namun, belum banyak penelitian ilmiah yang bisa membuktikannya.

6. Menangani luka bakar

Kandungan protein, lemak, asam amino, vitamin A dan D yang dikandung susu dipercaya bisa menangani gejala-gejala kulit terbakar akibat snar matahari. Dengan mandi susu, diharapkan rasa perih akibat luka bakar dapat diatasi.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu berendam di dalam bak berisikan susu selama 20 menit. Setelah itu, balurkan lidah buaya atau pelembap lain.Ingat, belum ada penelitian yang bisa membuktikan kemampuan susu untuk menangani luka bakar.

7. Menenangkan pikiran

Tidak hanya kesehatan kulit yang diuntungkan dari mandi susu. Ternyata, mandi dengan susu juga bisa menenangkan pikiran, terutama saat Anda juga menghirup aroma minyak atsiri alias essential oil.

Apakah mandi susu aman dilakukan?

Mandi susu dapat mengakibatkan iritasi pada kulit sensitif
Mandi susu dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif
Sebagian orang yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk tidak mencoba mandi susu. Sebab, susu mengandung asam laktat yang bisa mengiritasi kulit sensitif.Selain itu, bagi Anda yang sedang demam tinggi atau hamil, jangan sekali-kali mencoba mandi susu jika belum mendapatkan izin dari dokter.Kemudian, segera tinggalkan bak mandi jika Anda merasa pusing, sakit kepala atau tidak enak badan. Perlu diingat juga, jangan meminum air susu yang digunakan untuk mandi.

Susu yang digunakan untuk mandi susu

Ada berbagai macam susu yang dapat digunakan untuk mandi susu, yaitu:
  • Susu bubuk
  • Susu beras
  • Susu kedelai
  • Susu kelapa (santan)
  • Mentega susu (buttermilk)
  • Susu murni (whole milk).
Belum ada penelitian yang menjelaskan jenis susu yang paling bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sebelum mencobanya, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu pada dokter.

Cara mandi susu yang benar

Untuk mandi susu, Anda dapat menuangkan 1-2 cangkir susu ke dalam bak berisikan air hangat. Selain itu, Anda juga boleh memasukkan minyak atsiri, madu, soda kue, atau bath salt (garam mandi) untuk menambah khasiatnya.Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya 1-2 cangkir susu pilihan, kemudian Anda juga boleh mencampurkan salah satu dari bahan tambahan seperti 1 cangkir garam Epsom, soda kue, oatmeal, madu, atau 10 tetes minyak atsiri.Setelah bahan-bahannya sudah tersedia, isilah bak dengan air hangat dan masukkan susu serta bahan tambahan pilihan Anda. Aduklah air di dalam bak menggunakan tangan atau kaki. Setelah itu, berendamlah selama 20-30 menit.

Catatan dari SehatQ

Meskipun berbagai manfaat mandi susu sangatlah menggiurkan, Anda tetap harus berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya. Sebab, belum banyak penelitian ilmiah yang bisa membuktikan manfaat mandi susu di atas. Terlebih lagi, Anda tidak boleh menjadikan mandi susu sebagai pengobatan utama penyakit kulit yang Anda alami.Jika Anda masih ragu, segeralah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
susualergi susususu kedelaimandi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/milk-bath-benefits-and-tips-4171716
Diakses pada 8 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/milk-bath#benefits
Diakses pada 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait