Inilah Manfaat Cuci Muka dengan Air Teh Hijau bagi Kesehatan Kulit

(0)
07 Oct 2020|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cuci muka dengan air teh hijau memiliki banyak manfaatTeh hijau bisa digunakan untuk cuci muka
Mencuci muka merupakan kebiasaan bagi banyak orang untuk menjaga kulit wajah mereka. Untuk membantu membersihkan wajah saat cuci muka, sabun muka kerap menjadi pilihan. Namun, tidak semua orang senang menggunakan sabun muka.Bagi Anda yang lebih memilih bahan-bahan alami untuk membersihkan muka, teh hijau bisa jadi opsi yang menarik sekaligus menjanjikan. Cuci muka dengan air teh hijau dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah.

Manfaat cuci muka dengan air teh hijau

Manfaat teh hijau bagi kesehatan kulit sudah tidak diragukan lagi. Teh ini digadang-gadang memiliki jangkauan manfaat yang luas, mulai dari mengobati jerawat hingga menghambat penuaan.Meski teh hijau umumnya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya, teh ini juga bisa digunakan langsung ke kulit wajah Anda. Berikut adalah sejumlah manfaat cuci muka dengan air teh hijau.

1. Meredakan peradangan

Teh hijau kaya akan katekin. Dari empat katekin penting yang terkandung dalam teh hijau, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) merupakan jenis katekin yang paling bermanfaat untuk meredakan peradangan, misalnya pada jerawat.ECGC merupakan antioksidan yang kuat dan memiliki komponen imunomodulator yang berperan penting dalam mengatur sistem imun. Antioksdan ini juga memiliki kandungan antiradang yang baik.

2. Membantu mengurangi produksi sebum

Produksi sebum berlebihan adalah salah satu penyebab utama jerawat. Sebum di sini maksudnya adalah minyak yang dihasilkan kelenjar sebasea untuk melembapkan kulit.Penggunaan teh hijau secara topikal, misalnya lewat cuci muka, dapat membantu mengurangi keluarnya sebum dan mengobati jerawat.

3. Polifenol berpotensi mengurangi jerawat

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau merupakan antioksdan yang kuat. Sebuah uji klinis mengamati dampak penggunaan losion teh hijau 2 persen pada 47 peserta yang memiliki jerawat ringan hingga parah.Setelah dua minggu, para peneliti menemukan adanya respons positif terhadap lesi jerawat yang dialami para peserta uji klinis tersebut.

4. Mengurangi jerawat karena bakteri dan memerangi penuaan

Kandungan EGCG, yang merupakan salah satu jenis katekin utama di teh hijau, dapat membantu meredakan jerawat dengan menghambat perkembangan bakteri P. acnes.Antioksidan ini juga punya kemampuan untuk meremajakan sel kulit yang hampir mati. Dengan melindungi dan memperbaiki sel kulit, antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dan membuat kulit yang kusam menjadi lebih sehat.

Cara cuci muka dengan air teh hijau

Sebelum mulai cuci muka dengan air teh hijau, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Langkah-langkah tersebut meliputi:

1. Pilih teh hijau yang berkualitas

Cobalah untuk memilih teh hijau yang masih dalam bentuk bubuk daun atau tubruk yang masih segar ketimbang teh celup. Teh yang telah dikemas (celup) kadang kualitasnya lebih rendah dan tak lagi segar.Dengan memilih teh hijau yang berbentuk bubuk daun, Anda bisa mencoba atau mencampur beberapa jenis teh yang berbeda.Sebaiknya Anda gunakan teh hijau murni tanpa tambahan apa pun untuk cuci muka. Anda juga bisa menggunakan teh putih, yakni olahan teh hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kulit.

2. Seduh teh dengan suhu yang tepat

Perkara menyeduh teh ditentukan oleh suhu air yang digunakan. Kebanyakan orang biasanya menyeduhnya dengan air mendidih, tapi ternyata daun teh hijau lebih baik diseduh dengan suhu di bawah mendidih, tepatnya sekitar 77-82 derajat Celcius.Menyeduh teh di suhu yang lebih rendah dipercaya dapat membantu menjaga kualitas antioksidannya.

3. Cuci muka dengan air teh hijau

Masukkan 1-2 sendok bubuk teh hijau dalam cangkir. Anda bisa menggunakan lebih banyak daun teh dari yang biasa Anda minum.Seduh teh dengan air bersuhu 77-82 derajat Celcius dan diamkan selama 10 menit. Durasi ini dianggap sebagai waktu yang tepat untuk menyaring antioksidan yang terkandung di dalam teh.Ketika suhu teh hijau sudah turun ke tingkat yang nyaman dan aman, Anda bisa menggunakannya untuk cuci muka. Tidak hanya itu, air seduhan teh hijau ini juga bisa digunakan sebagai tambahan untuk masker wajah, yang berfungsi sebagai pembersih ekstra dan menambah antioksidan.Meski teh hijau umumnya aman untuk digunakan di kulit, sebaiknya Anda mengujinya terlebih dahulu pada area kecil di kulit Anda sebelum menggunakannya untuk cuci muka. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya alergi sehingga bisa dihindari.Jika Anda punya pertanyaan keamanan cuci muka dengan air teh, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
jerawatteh
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-ways-in-which-green-tea-can-help-reduce-acne/
Diakses pada September 2020
Jivome. https://www.jivome.com/articles/how-to-make-your-own-green-tea-face-wash/
Diakses pada September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait