Inilah Manfaat Cempedak yang Jarang Diketahui Banyak Orang

(1)
10 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat cempedak yang bisa didapatBuah cempedak yang sudah dibelah
Pernahkah Anda mengonsumsi buah cempedak? Buah yang mirip Nangka ini bukanlah makanan yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Di balik bentuknya yang mirup, buah ini ternyata masih sekeluarga dengan nangka dan sukun. Rasanya pun hampir sama, namun tekstur, aroma, dan kelembutan dagingnya berbeda.
Cempedak memiliki tekstur yang lebih lembut dan aroma yang lebih menyengat jika dibandingkan dengan buah nangka. Di balik aroma dan rasanya yang menggiurkan, cempedak juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat cempedak yang bisa Anda nikmati?

Manfaat cempedak untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat cempedak yang terkenal dan baik untuk kesehatan.

1. Menyehatkan jantung

Antioksidan, serat, dan vitamin C yang terkandung dalam cempedak dapat membantu menjaga kesehatan jantung.Buah ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Dengan memiliki tekanan darah yang terkontrol, kadar kolesterol pun dapat turun  sehingga jantung menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Buah cempedak juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita.Vitamin A dalam buah ini juga berkontribusi dalam menjaga sistem imun dan menurunkan risiko beberapa penyakit kanker

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah cempedak lainnya adalah membantu menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat. Kandungan vitamin C dan serat dalam cempedak diyakini mampu menghindarkan kita dari sembelit atau susah buang air besar.

4. Menurunkan risiko stroke

Penyakit stroke menjadi penyakit yang sebagian besar diderita oleh orang-orang yang telah berumur. Namun, tidak sedikit dari penderitanya adalah orang-orang yang masih muda.Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cempedak dapat membantu menghindarkan Anda dari risiko stroke. Antioksidan akan memerangi radikal bebas yang dapat menghasilkan stres oksidatif pemicu stroke.

5. Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin C dalam cempedak dipercaya mampu mengusir kolesterol jahat (LDL) sehingga membantu melancarkan aliran darah sekaligus kolesterol baik (HDL) di dalam darahnya.

6. Mengobati tumor

Kandungan bioflavonoid yang ada dalam buah cempedak dianggap dapat membantu mengatasi tumor. Meski demikian, klaim ini masih membutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk benar-benar membuktikan efektivitas buah cempedak terhadap tumor.

7. Pengobatan malaria

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa senyawa yang terkandung dalam kulit kayu dan buah cempedak, seperti artioindonesianidin dan heteriflavon C, dianggap berkhasiat dalam mencegah dan mengobati malaria.Senyawa tersebut disebut mampu menghilangkan parasit malaria sampai pada tingkat tertentu. Meski demikian, temuan ini masih membutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk memvalidasi manfaat cempedak terhadap malaria.

Manfaat cempedak lainnya

Di samping buahnya, biji cempedak juga dapat dimanfaatkan. Biji buah yang mirip nangka ini dapat ditumbuk sampai halus untuk digunakan sebagai alternatif pengganti tepung roti.Hasil tumbukan biji cempedak juga memiliki kandungan serat, nutrisi, dan indeks glikemik yang lebih banyak daripada tepung roti lainnya.Selain itu, rebusan akar cempedak digunakan dalam pengobatan herbal untuk menyembuhkan demam, penyakit kulit, asma, dan diare.Sifat antioksidan yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu memperlambat degenerasi sel sehingga dapat menjaga kulit Anda agar tetap sehat.Meski bermanfaat, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi cempedak karena buah ini memiliki tinggi kalori, yaitu dalam 100 gram cempedak mengandung 117 kalori.Itulah beberapa manfaat buah cempedak yang belum banyak diketahui. Untuk menikmati buah ini, Anda bisa membelinya langsung di pasar atau melalui toko daring.
buah dan sayuran
Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/cempedak-fruit/
Diakses pada 28 Juni 2020
Healthcareasia. http://www.healthcareasia.org/2015/health-benefits-of-cempedak/
Diakses pada 28 Juni 2020
Medindia. https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-cempedak.htm
Diakses pada 28 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Minyak Alpukat Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kulit, Apa Saja?

Minyak alpukat mungkin tidak setenar minyak zaitun atau minyak kelapa. Namun, minyak alpukat tidak boleh dipandang sebelah mata, mengingat ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakannya.
28 Mei 2020|Fadli Adzani
Baca selengkapnya
Minyak Alpukat Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kulit, Apa Saja?

6 Buah yang Bagus untuk Mata

Buah yang bagus untuk mata dapat dengan mudah dicari di pasar maupun swalayan. Mulai dari mangga hingga pepaya, berbagai buah yang bagus untuk mata ini sangat lezat dan menyehatkan!
06 Agu 2020|Fadli Adzani
Baca selengkapnya
6 Buah yang Bagus untuk Mata

Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 7 Manfaat Bawang Bombay untuk Tubuh

Sejak zaman dahulu kala, manfaat bawang bombay telah dipercaya untuk mengobati berbagai masalah kesehatan manusia. Hingga kini, manfaatnya tetap bisa Anda rasakan. Apa saja manfaat bawang bombay untuk tubuh?
16 Okt 2019|Fadli Adzani
Baca selengkapnya
Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 7 Manfaat Bawang Bombay untuk Tubuh