Inilah 11 Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Bayi


Makanan tinggi serat untuk bayi sangatlah beragam, mulai dari buah hingga sayuran. Manfaat serat untuk Si Kecil juga bermacam-macam, seperti meningkatkan sistem imun tubuh hingga menyehatkan pencernaan.

(0)
22 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pisang dan brokoli adalah segelintir makanan tinggi serat untuk bayi yang patut dicoba jadi MPASI.Makanan tinggi serat untuk bayi sangatlah beragam, mulai dari pisang hingga wortel.
Ada banyak makanan tinggi serat untuk bayi yang dapat dipilih oleh Ayah dan Bunda, mulai dari buah-buahan hingga sayuran. Selain lezat dan bisa memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI), makanan tinggi serat juga sangat bermanfaat untuk bayi.

11 makanan tinggi serat untuk bayi

Sebelum memberikan berbagai makanan tinggi serat untuk bayi, ingatlah untuk selalu menyajikannya dengan tekstur yang lembut alias puree. Dengan begitu, Si Kecil tidak akan tersedak saat melahap makanan tinggi serat ini.

1. Pir

Pir adalah buah bertekstur keras seperti apel. Rasanya lezat dan mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun swalayan. Ternyata, pir juga termasuk dalam daftar makanan yang tinggi serat untuk bayi.Dalam 100 gram buah pir, terdapat 3,1 gram serat yang dikandungnya. Sebelum menyajikannya, haluskan dulu apel dengan blender agar menjadi puree.

2. Stroberi

Stroberi merupakan buah dengan rasa asam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Siapa sangka, buah berwarna merah ini juga mengandung serat yang tinggi!Dalam 100 gram buah stroberi, terdapat 2 gram serat di dalamnya. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan bayi.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan serat tertinggi. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat 6,7 gram serat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang baik untuk Si Kecil.

4. Apel

Sama seperti pir, apel juga buah yang bertekstur keras. Namun jika sudah diblender menjadi halus, apel dapat menjadi MPASI yang sangat menyehatkan untuk bayi.Di dalam 100 gram apel, terdapat 2,4 gram kandungan serat yang tersimpan di dalamnya.

5. Raspberry

Tidak mau kalah dengan alpukat, ternyata raspberry juga termasuk dalam "keluarga" makanan tinggi serat untuk bayi. Di dalam 100 gram buah raspberry sudah terdapat 6,5 gram serat yang bisa membantu Si Kecil memenuhi asupan serat hariannya.

6. Pisang

Pisang adalah makanan tinggi serat untuk bayi yang bernutrisi tinggi
Pisang adalah makanan tinggi serat yang bernutrisi tinggi
Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut menjadikan pisang sebagai MPASI yang cocok untuk bayi. Ditambah lagi, buah berwarna kuning ini juga mengandung serat yang tinggi.Di dalam 100 gram pisang, terdapat 2,6 gram serat di dalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, B6, hingga kalium.

7. Wortel

Wortel adalah makanan tinggi serat untuk bayi yang sangat menyehatkan
Rasanya lezat, wortel cocok jadi makanan tinggi serat untuk bayi
Wortel adalah sayuran yang sangat bernutrisi tinggi. Sayur ini mengandung vitamin K, B6, magnesium, hingga beta karoten, antioksidan yang bisa berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.Terlebih lagi, wortel juga mengandung serat. Di dalam 100 gram wortel, tedapat 2,8 gram serat untuk Si Kecil.

8. Brokoli

Brokoli, salah satu sayuran silangan yang sangat menyehatkan di dunia, juga boleh menjadi MPASI untuk bayi. Sayuran bertekstur keras ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi, salah satunya serat. Di dalam 100 gram brokoli, terdapat 2,6 gram serat yang dikandungnya.

9. Bayam

Datang dari keluarga sayuran berdaun hijau, bayam juga menjadi salah satu makanan tinggi serat yang cocok untuk bayi. Siapa sangka, dalam 100 gram bayam mengandung 2,2 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan sang buah hati?

10. Kacang almond

Jika diblender hingga halus, kacang berukuran besar ini juga bisa menjadi MPASI yang tepat untuk bayi. Sebab, kacang almond mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatannya, sebut saja vitamin E, mangan, hingga magnesium.Di dalam 100 gram kacang almond, terdapat 13,3 gram serat! Cukup melimpah, bukan?

11. Oats

Biasanya, oats dikonsumsi orang dewasa sebagai sarapan pagi yang sehat. Namun jangan salah, oats pun juga bisa menjadi MPASI yang menyehatkan bayi.Oats mengandung serat bernama beta glukan yang sangat baik untuk kadar gula darah dan bisa menurunkan kolesterol. Di dalam 100 gram oats, sudah terdapat 10,1 gram serat yang dikandungnya.

Manfaat serat untuk bayi

Terdapat banyak manfaat mengonsumsi serat untuk bayi, di antaranya:
  • Menyehatkan sistem pencernaan

Serat yang dikandung buah-buahan dan sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Inilah alasan serat dianggap bisa mencegah sembelit.
  • Meningkatkan sistem imun

Serat dapat bertindak sebagai prebiotik dan meningkatkan "populasi" bakteri baik di dalam tubuh. Dengan begitu, sistem imun tubuh Si Kecil dapat meningkat.
  • Membantu mencerna makanan

Serat yang dikonsumsi oleh bayi dapat meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan. Bakteri baik ini dinilai mampu membantu tubuh dalam mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Proses ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Berapa banyak serat yang dibutuhkan oleh bayi?

Belum ada penjelasan mengenai rekomendasi asupan harian (RAH) serat untuk bayi. Namun menurut Departemen Pertanian AS atau US Department of Agriculture, bayi membutuhkan 14 gram serat setiap 1.000 kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Sementara itu, anak berusia 1-3 tahun memerlukan 19 gram serat perharinya.Namun Anda juga harus berhati-hati. Sebab, memberikan terlalu banyak serat kepada bayi juga bisa mengundang gangguan kesehatan, seperti diare. Maka dari itu, pastikan bayi mendapatkan serat sesuai dengan usianya.Jika Ayah dan Bunda masih ragu saat ingin memberikan makanan tinggi serat untuk bayi, tanyakan pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuimakanan sehatmpasiseratbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods#TOC_TITLE_HDR_10
Diakses pada 7 Desember 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/fibre-rich-foods-for-babies_00363166/
Diakses pada 7 Desember 2020
Parenting First Cry.https://parenting.firstcry.com/articles/fiber-rich-foods-for-babies/
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait