Inilah Makanan Khas Jawa Barat yang Menyehatkan Sekaligus Lezat

(0)
06 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu makanan khas Jawa Barat yang menyehatkan adalah taoge gorengTaoge goreng yang disiram kuah oncom dan tauco yang lezat
Berbicara tentang kuliner di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Tiap daerah memiliki ciri khas makanannya masing-masing, termasuk Jawa Barat yang dikenal punya banyak makanan khas yang lezat dan bergizi.Selain dikenal karena rasanya, beberapa makanan khas Jawa Barat juga menggunakan sayur-mayur segar beserta rempah-rempah yang tentunya baik bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Makanan khas Jawa Barat yang sehat dan lezat

Dari sekian banyak makanan khas Jawa Barat yang ada, berikut adalah lima jenis makanan yang harus untuk Anda coba

1. Karedok

Karedok tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi karena menggunakan sayur-mayur segar sebagai bahan utamanya, dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih.Beberapa sayuran yang digunakan dalam karedok, seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong, diyakini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan pencernaan Anda.Sementara itu, sayuran seperti terong dan mentimun dipercaya baik bagi kesehatan jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Peuyeum

Peuyeum adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sering dibeli sebagai oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari singkong dan memiliki rasa yang hampir mirip dengan tape, tetapi tekstur peuyeum jauh lebih kering karena cara memprosesnya berbeda.Dalam proses pembuatan peuyeum, singkong diproses secara fermentasi dengan melibatkan berbagai jenis bakteri yang dapat menghasilkan probiotik. Kandungan ini terbukti sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat dan membantu menyeimbangkan bakteri baik yang ada di dalam saluran pencernaan

3. Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom adalah menu olahan nasi yang dibungkus daun pisang dan dibakar bersama dengan oncom yang telah diberi bumbu khas dan sedikit tepung tapioka.Kandungan serat yang ada dalam nasi tutug oncom didapatkan dari kacang kedelai yang menjadi bahan utama oncom. Mengonsumsi serat secara rutin, seperti yang ada dalam nasi tutug oncom, dipercaya dapat membantu mengurangi kolesterol dan menjaga sistem pencernaan.Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini juga kaya akan protein yang juga didapatkan dari kacang kedelai sebagai bahan utama oncom. Meski demikian, tidak semua orang bisa menikmatinya karena jenis protein yang ada dalam kacang kedelai bisa menimbulkan alergi.

4. Taoge goreng

Makanan khas Jawa Barat, tepatnya Bogor ini, sebenarnya tidak digoreng. Taoge segar hanya direbus sebelum disajikan bersama mie kuning dan kuah oncom dicampur tauco yang menggugah selera.Taoge segar, yang menjadi bahan dasar taoge goreng, merupakan sumber protein, vitamin C, dan asam folat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Khusus bagi ibu hamil, kandungan asam folat dalam taoge dapat membantu mencegah cacat lahir.

5. Asinan Bogor

Masih dari kota Bogor, asinan Bogor adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang bisa dibilang menyehatkan dan segar. Asinan ini punya tiga jenis yang bisa Anda pilih, yakni asinan buah, asinan sayur, dan asinan buah-sayur.Sayuran yang biasa dipakai dalam asinan Bogor adalah taoge dan kol, yang keduanya merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh Anda. Sedangkan untuk asinan buah, buah-buahan tropis seperti salak, jambu, nanas, hingga bengkuang biasanya hadir dalam sepiring asinan Bogor.Nanas dan bengkuang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh Anda memerangi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan Anda.Itulah beberapa jenis makanan khas Jawa Barat yang enak dan menyehatkan. Apabila Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke daerah asal makanan-makanan tersebut, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmatinya langsung.
makanan sehat
Allindonesiatourism. https://allindonesiatourism.com/tourism/food-beverage/things-to-eat-in-bandung
Diakses pada 22 Juni 2020
Factsofindonesia. https://factsofindonesia.com/sundanese-cuisine
Diakses pada 22 Juni 2020
Sarihusada. https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Nasi-Tutug-Oncom
Diakses pada 22 Juni 2020
Trip101. https://trip101.com/article/best-sundanese-foods
Diakses pada 22 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait