Junk food adalah salah satu makanan penyebab jerawat
Ada berbagai jenis makanan penyebab jerawat yang beredar di pasaran secara luas

Anda mungkin pernah mendengar tentang “Anda adalah apa yang Anda makan”. Dengan menerapkan gaya hidup teratur dan pola makan sehat, kesehatan bisa lebih terjaga, termasuk kesehatan kulit.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat mengganggu kesehatan kulit, dan sebaliknya, ada juga makanan yang membantu kulit tetap cantik dan sehat. Khusus untuk jerawat, para ilmuwan telah menemukan beberapa makanan yang berpotensi memicu timbulnya jerawat.

Berikut adalah makanan penyebab jerawat yang bisa dihindari agar kulit tetap mulus dan terawat.

1. Susu

Jenis susu skim dipercaya merupakan salah satu penyebab jerawat. Hal ini karena kandungan hormon yang sangat tinggi di dalamnya. Orang yang mengalami perubahan hormonal seperti sedang menstruasi atau mengonsumsi pil KB, maka risiko memiliki jerawat akan semakin meningkat.

Anda dapat mengonsumsi susu berbahan dasar tumbuhan, seperti susu kedelai dan susu almond, untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat agar kesehatan kulit Anda senantiasa terjaga.

2. Gula dan Karbohidrat

Kulit Anda juga bisa berjerawat jika sering mengonsumsi gula dan karbohidrat. Misalnya, minuman bersoda, roti, nasi, dan kue.

Gula dan karbohidrat akan meningkatkan kadar gula darah. Jika tubuh membuat lebih banyak insulin untuk menstabilkan kadar gula darah, maka hormon-hormon lain turut bekerja, termasuk hormon produksi minyak di kulit Anda yang menjadi penyebab jerawat.

3. Cokelat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan cokelat 10x lebih mudah berjerawat ketimbang mereka yang tidak makan cokelat. Campuran gula dan susu yang terdapat di dalam cokelat menjadi makanan penyebab jerawat. Jika ingin makan cokelat dan bebas jerawat, sebaiknya konsumsi cokelat hitam yang rendah gula.

4. Makanan Cepat Saji

Jerawat juga dikaitkan dengan pola makan gaya barat yang tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan penyebab jerawat ini bisa dijumpai di restoran cepat saji, misalnya burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake.

5. Makanan Berlemak

Pola makan yang tinggi asam lemak omega 6 turut dituding sebagai pemicu munculnya jerawat. Hal ini terkait dengan gaya makanan barat yang banyak mengandung minyak jagung dan kedelai yang tinggi asam lemak omega 6.

Ketidakseimbangan asam lemak omega 6 dan omega 3 di dalam tubuh bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan dan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

6. Bubuk Whey Protein

Bubuk whey protein dikenal luas sebagai suplemen untuk pola makan sehat. Makanan penyebab jerawat ini kaya asam amino leusin dan glutamin. Sayangnya, asam amino dapat membuat sel-sel kulit berkembang dan membelah lebih cepat, sehingga berkontribusi pada munculnya jerawat.

7. Makanan Alergen

Salah satu makanan penyebab jerawat adalah makanan yang membuat kulit Anda bereaksi atau iritasi. Sensitivitas makanan penyebab jerawat ini muncul saat sistem kekebalan tubuh secara keliru mengenali makanan sebagai “ancaman” bagi tubuh.

Sehingga, tubuh akan melakukan serangan kekebalan terhadapnya. Hal ini akan memicu reaksi proinflamasi yang beredar ke seluruh tubuh, sehingga kondisi jerawat semakin parah dan meradang.

Ada berbagai jenis makanan penyebab jerawat yang beredar di pasaran secara luas. Sebaiknya, Anda lebih berhati-hati dan selektif dalam mengonsumsi makanan yang sehat agar kulit senantiasa bebas dari jerawat.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/ss/slideshow-acne-best-worst-foods

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-acne

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/acne-pictures/acne-diet-dos-and-donts.aspx#milk-and-other-dairy-products-acne-diet-dont

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed