Inilah Kekuatan Berpikir Positif yang Tidak Diduga-Duga


Kekuatan berpikir positif memiliki pengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental bagi Anda, di antaranya kemungkinan hidup lebih lama hingga mengurangi depresi.

(0)
21 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kekuatan berpikir positif dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mentalBerpikir positif membawa pengaruh baik pada kesehatan fisik dan mental
Berpikir positif merupakan praktik mental yang berfokus pada hal-hal baik dalam situasi apa pun. Tidak jarang banyak orang yang salah paham bahwa berpikir positif sama dengan bersikap tidak realistis dan mengabaikan kenyataan yang buruk.Padahal berpikir positif bukan berarti meremehkan masalah atau menutup mata dari kenyataan. Melainkan berusaha melakukan pendekatan terhadap situasi baik atau buruk, dengan harapan segala sesuatunya akan berjalan dengan baik.Kekuatan berpikir positif juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian terkait dampaknya terhadap kesehatan fisik dan mental.

Kekuatan berpikir positif

Kekuatan berpikir positif secara ilmiah memiliki pengaruh signifikan bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental.

1. Manfaat berpikir positif untuk kesehatan fisik

Kekuatan berpikir positif dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik Anda, di antaranya:
  • Kemungkinan hidup lebih lama
  • Menurunkan risiko serangan jantung
  • Meningkatkan kondisi kesehatan fisik
  • Memiliki resistensi lebih tinggi terhadap penyakit seperti flu biasa
  • Menurunkan tekanan darah
  • Toleransi nyeri yang lebih baik.

2. Manfaat berpikir positif untuk kesehatan mental

Manfaat untuk kesehatan mental yang dapat dirasakan sebagai dampak dari kekuatan berpikir positif adalah:
  • Meningkatkan kreativitas
  • Meningkatkan kemampuan menghadapi dan memecahkan masalah
  • Berpikir lebih jernih
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Manajemen stres yang lebih baik
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi depresi.
Kekuatan berpikir positif dapat dirasakan karena orang yang bersikap optimis cenderung akan menjalani gaya hidup sehat sebab mereka memiliki pandangan akan masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan.

Cara belajar berpikir positif

Bagi sebagian orang, berpikir positif mungkin tidak mudah. Khususnya jika Anda memiliki kecenderungan untuk bersikap pesimis. Meski demikian, bukan berarti bersikap optimis tidak dapat dilatih dan dipelajari.

1. Lebih banyak tersenyum

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak tersenyum saat dalam kondisi tertekan dapat merasa lebih positif. Bahkan walau hanya senyum pura-pura sekalipun. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih tenang.Kekuatan berpikir positif dapat lebih terasa saat Anda tersenyum dengan tulus. Sisihkan waktu untuk menonton komedi atau hal-hal yang lucu, serta menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dapat membuat Anda tertawa. Cara ini dapat membantu Anda berlatih bersikap positif.

2. Alihkan fokus pada hal baik dalam situasi buruk

Ada kalanya Anda berada di dalam situasi buruk yang tidak mampu dikendalikan. Alih-alih marah dan merasa kesal, alihkan fokus pikiran Anda pada hal baik dari situasi tersebut.Misalnya, saat Anda gagal dalam wawancara kerja, bersyukurlah karena Anda bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk bisnis yang sedang Anda rintis.Mulailah memikirkan mengenai strategi dan potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh saat bisnis bisa ditekuni dengan serius.

3. Menulis jurnal rasa syukur

Menulis jurnal rasa syukur akan melatih pikiran untuk selalu terfokus pada hal-hal baik yang terjadi pada diri Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengisi jurnal rasa syukur membuat seseorang merasa lebih bersyukur, positif, dan optimis tentang masa depan.Kekuatan berpikir positif dari menulis jurnal rasa syukur juga membuat pelakunya merasa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

4. Bayangkan kemungkinan terbaik dari masa depan Anda

Kekuatan berpikir postif bisa dirasakan dengan cara membayangkan kemungkinan terbaik dari masa depan Anda. Pikirkan secara jelas dan detail visi Anda tentang masa depan, karier, percintaan, kesehatan, serta impian-impian Anda.Tahukah Anda kalau kekuatan berpikir positif dapat memengaruhi perasaan atau suasana hati? Dengan membayangkan hidup akan berjalan dengan baik maka Anda akan merasa lebih bahagia saat ini.

5. Fokus pada kelebihan yang Anda miliki

Selama satu minggu, tulislah salah satu kelebihan yang Anda miliki setiap harinya. Lalu buatlah rencana tentang bagaimana menggunakan kelebihan tersebut dengan cara baru. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan apa yang direncanakan untuk menggunakan kelebihan pribadi, dapat meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan gejala depresi.Dengan belajar menghentikan pikiran negatif dan konsistensi latihan bersikap optimis, maka pikiran positif dapat terus dipraktikkan pada pola pikir Anda. Sehingga, Anda akan dapat merasakan manfaat dari kekuatan berpikir positif.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalberpikir positif
Web MD. https://www.webmd.com/mental-health/positive-thinking-overview#1
Diakses 8 Desember 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-positive-thinking-2794772
Diakses 8 Desember 2020
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-power-of-positive-thinking
Diakses 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait