Inilah Kandungan Rokok yang Akan Merusak Tubuh Anda

(0)
02 Jul 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Beberapa kandungan rokok memiliki dampak buruk bagi tubuh AndaIlustrasi rokok sebagai bom waktu
Mengetahui bahwa rokok berbahaya saja terkadang tidak cukup untuk membuat Anda berhenti merokok. Anda juga perlu memahami berbagai kandungan rokok dan efek negatifnya bagi kesehatan tubuh. Di dalam rokok, ada sekitar 7.000 zat kimia yang terkandung di dalamnya. Banyak dari zat tersebut digolongkan sebagai zat beracun, dan sekitar 60 di antaranya bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Kandungan rokok dan bahayanya

Berikut adalah daftar kandungan rokok yang berbahaya sekaligus dampak negatifnya pada tubuh Anda.

1. Benzene

Benzene merupakan salah satu zat yang terkandung dalam rokok dan bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.Benzene adalah cairan tidak berwarna yang mudah terbakar dan menghasilkan aroma yang agak manis. Zat ini cepat menguap saat terkena udara. Kandungan benzene yang cukup tinggi ditemukan dalam asap rokok.Studi menunjukkan bahwa benzene memiliki kaitan yang cukup erat dengan munculnya ragam jenis kanker darah, termasuk leukemia. Menghirup asap benzene dalam jumlah banyak dapat mengganggu sistem saraf sehingga dapat menimbulkan pusing, tremor, kebingungan, dan sakit kepala.

2. Nikotin

Nikotin merupakan alkaloid beracun yang tidak berwarna yang berasal dari tanaman tembakau. Kandungan rokok yang satu ini dapat memengaruhi otak dan menyebabkan kecanduan.Tak hanya itu, nikotin juga dapat menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan risiko gangguan kardiovaskuler, pencernaan, dan pernapasan.Selain itu, Anda juga mungkin akan mengalami dampak buruk pada kesehatan reproduksi dan penurunan respons sistem imun tubuh.

3. Tar

Tar adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan zat kimia beracun yang terkandung di dalam rokok. Tar merupakan zat cokelat lengket yang terbentuk ketika tembakau mengembun dan mendingin.Zat ini dapat menumpuk di dalam paru-paru dan berpotensi menyebabkan kanker. Paru-paru Anda yang awalnya berwarna merah muda, bisa berubah warna menjadi keabuan seiring konsumsi rokok yang Anda lakukan. Pada kondisi yang parah, paru-paru perokok dapat berubah menjadi hitam akibat tar.

4. Amonia

Di dalam rokok, ammonia dapat meningkatkan dampak nikotin pada rokok. Zat ini sendiri merupakan gas beracun dan tidak berwarna, tapi memiliki bau yang cukup tajam. Umumnya amonia terkandung di dalam produk pembersih dan pupuk.  

5. Arsenik

Kandungan rokok yang satu ini umumnya digunakan dalam racun tikus. Munculnya arsenik di dalam asap rokok diakibatkan oleh pestisida yang digunakan petani tembakau saat proses penanaman.Seperti benzene, arsenik juga termasuk zat yang bersifat karsinogenik. Arsenik dikabarkan dapat meningkatkan risiko kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, ginjal, dan kanker hati.

6. Karbon monoksida

Karbon monoksida adalah gas tidak berwarna dan berbau yang dilepaskan oleh rokok pada saat proses pembakaran. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata 15 persen dari darah seorang perokok dapat mengandung karbon monoksida dan bukan oksigen.Ketika karbon monoksida terikat dengan hemoglobin, oksigen akan kesulitan mengikat dengan reseptor pada sel yang sama. Karena karbon monoksida lebih cepat diikat dengan hemoglobin dibandingkan oksigen, zat ini akan mendapatkan tempat pada sel darah merah begitu masuk ke dalam paru-paru.Hal ini terjadi karena pada saat dihirup, zat ini akan masuk ke dalam aliran darah hingga mengganggu kerja pembuluh darah dan jantung. Itulah kenapa rokok dapat sangat berbahaya bagi Anda.

Hentikan kebiasaan merokok dengan cara ini

Setelah mengetahui bahaya kandungan rokok, mulailah sayangi diri Anda dan berhenti merokok. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Tentukan tanggal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tanggal kapan Anda ingin memulai usaha untuk menghentikan kebiasaan merokok. Beri jeda waktu sekitar satu atau dua minggu agar Anda dapat memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan usaha ini.

2. Buang seluruh rokok Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah membuang rokok, korek, dan semua hal yang berhubungan dengan kebiasaan merokok Anda. Cuci juga pakaian dan semua hal yang berbau asap rokok.

3. Sampaikan rencana Anda kepada orang terdekat

Setelah melakukan dua hal lain di atas, cobalah untuk menyampaikan rencana Anda kepada orang terdekat. Dengan begini, akan lebih mudah bagi Anda untuk berhenti merokok karena mendapatkan dukungan dari orang terdekat.Itulah beberapa informasi mengenai kandungan rokok dan bahayanya untuk Anda. Setelah mengetahui dampaknya, mulailah praktikkan beberapa cara berhenti merokok di atas demi menjaga kesehatan tubuh Anda.
berhenti merokokbahaya asap rokok
Cancer
https://www.cancer.ie/cancer-information-and-support/cancer-prevention/smoking/whats-in-a-cigarette
https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/benzene.html
Diakses 16 JuniVerywell mind
https://www.verywellmind.com/harmful-chemicals-in-cigarettes-and-cigarette-smoke-2824715#:~:text=Cigarette%20smoke%20can%20contain%20high,the%20addictive%20element%20in%20cigarettes.
https://www.verywellmind.com/tar-in-cigarettes-2824718
https://www.verywellmind.com/how-arsenic-in-cigarette-smoke-can-hurt-you-2824727
https://www.verywellmind.com/carbon-monoxide-in-cigarette-smoke-2824730
Diakses 16 Juni
Pubmed
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4363846/#:~:text=Nicotine%20poses%20several%20health%20hazards,impacts%20on%20the%20reproductive%20health.
Diakses 16 Juni
Helpguide
https://www.helpguide.org/articles/addictions/how-to-quit-smoking.htm
Diakses. 17 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait