Inilah Jenis-jenis Manicure dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kuku

Manicure adalah perawatan kuku tangan yang dapat menyehatkan kuku dan kulit di sekitarnya
Proses manicure yang dilakukan oleh terapis salon

Perawatan kecantikan tidak hanya terbatas pada perawatan kulit saja, namun juga termasuk perawatan kuku seperti manicure. Dengan tingginya kesadaran wanita untuk menjaga kesehatan kukunya, kini banyak dijumpai salon khusus yang menawarkan perawatan yang satu ini.

Manicure (manikur) adalah serangkaian perawatan kuku tangan yang bertujuan membersihkan kuku dan kulit di sekitarnya. Bukan hanya debu dan noda yang akan dibersihkan, melainkan juga sel kulit mati sehingga kuku dan kulit jari tangan Anda akan menjadi lebih halus dan bebas kerutan.

Manicure kerap tidak terpisahkan dengan pedicure. Anda pun tidak asing dengan istilah mani-pedi, bukan?

Nah, perbeda keduanya terletak pada letak dan jenis perawatan kuku yang dilakukan oleh terapis. Manicure adalah perawatan kuku tangan, sedangkan pedicure adalah perawatan kuku-kuku jari kaki.

Jenis-jenis manicure

Bagi Anda yang belum pernah manicure, memilih jenis manicure dasar bisa dipertimbangkan. Dalam perawatan ini, kuku tangan Anda akan diolesi krim, kemudian direndam di mangkuk berisi air hangat selama 5 menit.

Setelah dikeringkan, kulit mati di sekitar kuku akan dibersihkan dan kuku akan dipotong sesuai keinginan Anda. Langkah terakhir adalah memulas kuku dengan kuteks dasar, kemudian kuteks berwarna bening untuk memberikan efek berkilau pada kuku Anda.

Selain manicure dasar, Anda juga dapat memilih untuk melanjutkan perawatan kuku dengan jenis manicure lainnya, seperti:

  • French manicure

Setelah melakukan manicure dasar, terapis Anda akan mengoleskan kuteks berwarna bening, beige, atau pink pucat ke seluruh permukaan kuku. Setelah mengering, ujung kuku yang berbentuk agak persegi akan ditimpali kuteks berwarna putih.

Sebagai variasi, Anda juga dapat mewarnai ujung kuku dengan warna lain atau menambahkan taburan glitter hingga berlian.

  • Manicure parafin

Manicure ini dilakukan sebelum Anda melakukan manicure dasar. Pertama-tama, terapis akan melelehkan bongkahan lilin di wadah khusus dan membiarkannya meleleh. Sambil menunggu lilin meleleh dan tidak terlalu panas, terapis akan memijat tangan Anda.

Setelah cairan lilin hangat, tangan Anda akan dicelupkan ke mangkuk hingga setinggi pergelangan tangan. Angkat telapak tangan dan biarkan lilin mengeras. Proses ini akan diulang sebanyak tujuh kali. Diamkan lilin selama 30 menit, kemudian bersihkan dan lanjutkan dengan manicure dasar.

  • Manicure gel

Manicure ini sangat cocok untuk Anda yang tidak sempat sering-sering ke salon, tapi tetap ingin kuku yang cantik. Manicure gel adalah perawatan dasar yang diakhiri dengan kuteks khusus yang dikeringkan di bawah sinar UV sehingga menghasilkan efek yang berkilau dan tahan lama.

Manfaat manicure

Selain mempercantik tampilan kuku Anda, manicure juga dapat dilakukan untuk alasan kesehatan. Setidaknya, terdapat tiga manfaat merawat kuku jari tangan dengan benar bagi kesehatan Anda, yaitu:

  • Mencegah kerusakan kuku

Pengolesan pelembap saat manicure dapat mencegah kuku mengalami kering dan retak. Selain itu, merapikan kuku saat manicure juga bisa mencegah kerusakan kuku lainnya yang diakibatkan oleh kutikula yang robek atau kuku yang menusuk ke dalam kulit (ingrown nail) akibat pemotongan yang tidak tepat sehingga berujung pada infeksi.

  • Melancarkan peredaran darah

Salah satu perawatan manicure adalah memijat telapak tangan yang memberikan efek rileks dan menghilangkan pegal-pegal. Aliran darah juga akan lebih lancar sehingga nyeri yang mungkin Anda rasakan setelah seharian beraktivitas akan berkurang.

  • Mencegah tumbuhnya jamur kuku

Jamur kuku terkadang muncul tanpa Anda sadari, namun terapis kuku yang profesional bisa mengenali gejalanya saat Anda melakukan manicure rutin. Jamur kuku biasanya ditandai dengan lapisan kuku yang menebal, berwarna kecokelatan, dan menyebabkan kuku menjadi retak atau bahkan pecah.

Memang, manicure bisa dilakukan sendiri di rumah, apalagi saat ini banyak juga toko kecantikan yang menjual personal set manicure. Namun, tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri dengan pergi ke salon mani-pedi, bukan?

AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/nail-care-secrets/basics/how-to-trim-nails
Diakses pada 13 April 2020

CDC. https://www.cdc.gov/fungal/nail-infections.html
Diakses pada 13 April 2020

Health and Style Education. http://healthandstyle.edu/nail-care/manicure-and-pedicure-health-benefits/#
Diakses pada 13 April 2020

Leaf. https://www.leaf.tv/articles/what-is-the-difference-between-a-mani-a-pedi/
Diakses pada 13 April 2020

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/different-types-of-manicures/
Diakses pada 13 April 2020

Artikel Terkait