Inilah Jarak Pandang yang Sesuai antara Mata dengan Komputer

(0)
05 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah 50-100 cmJarak pandang perlu disesuaikan antara mata dengan layar monitor
Mengingat komputer atau laptop telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, mengetahui jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah hal yang penting. Sebab, peningkatan penggunaan komputer tanpa penempatan monitor yang tepat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.Jarang pandang yang tepat antara mata dengan komputer dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan, misalnya kelelahan berlebihan, ketegangan mata, hingga nyeri leher dan punggung.

Jarak pandang yang sesuai antara mata dengan layar komputer

Jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah 50- 100 cm. Ini adalah jarak yang direkomendasikan untuk penggunaan komputer. Duduklah dengan nyaman pada jarak tersebut, yakni posisi tubuh tegak, kaki dapat berpijak, dan punggung bersandar pada kursi.Pastikan bahwa semua teks dapat terbaca dengan jelas pada jarak pandang tersebut. Hal yang harus diperhatikan selain jarak pandang yang sesuai adalah postur tubuh. Pastikan kepala dan dada dalam posisi tegak, serta punggung dapat ditopang oleh sandaran kursi.

Akibat jarak pandang yang tidak sesuai dengan layar komputer

Risiko yang umumnya terjadi jika jarak pandang terlalu dekat atau jauh dengan komputer atau laptop adalah gangguan kesehatan mata dan ketegangan otot. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua risiko tersebut.

1. Risiko jarang pandang terlalu dekat

Jaraki mata yang terlalu dekat dengan dengan komputer dapat menyebabkan ketegangan mata digital (digital eye strain). Gangguan yang juga dikenal dengan sindrom penglihatan komputer ini bisa terjadi jika Anda terlalu lama menatap layar monitor, khususnya dalam jarak yang terlalu dekat. Bahkan, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat memicu terjadinya rabun jauh.Sejumlah gejala sindrom penglihatan komputer yang bisa muncul, di antaranya:
  • Mata terasa panas dan perih
  • Mata kering
  • Penglihatan buram
  • Otot mata terasa tegang
  • Gejala lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan pada mata.
Saat menatap layar komputer terlalu lama, mata harus terus-menerus fokus dan mengulang fokus pada jarak yang sama. Hal ini juga bisa terjadi saat membaca buku. Hanya saja, layar monitor dapat membuat gejalanya lebih buruk karena pada monitor terdapat kontras, kedipan, dan kesilauan dari cahaya.Menatap layar monitor terlalu dekat akan memaksa otot siliaris mata yang mengontrol bentuk lensa untuk tetap berkontraksi tanpa istirahat. Kondisi ini dapat membuat otot siliaris kelelahan. Apalagi Anda lebih jarang berkedip saat menggunakan komputer sehingga mata lebih cepat kering.

2. Risiko jarak pandang terlalu jauh

Sama halnya dengan jarak monitor terlalu dekat, jarak monitor terlalu jauh juga dapat menyebabkan gangguan mata dan otot. Otot tubuh dan mata akan menjadi tegang saat melihat teks kecil. Terlebih lagi jika Anda juga harus menyipitkan mata dalam waktu lama.Melihat jarak yang terlalu jauh menyebabkan posisi tubuh condong ke depan. Posisi tubuh yang canggung dapat menyebabkan sindrom kelelahan pada mata. Batang tubuh juga bisa mengalami stres karena tidak ada sandaran yang menopang bagian punggung.

Tips menjaga kesehatan mata saat menggunakan komputer

Supaya aktivitas menggunakan komputer tidak menimbulkan risiko kesehatan yang tidak diinginkan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:
  • Letakkan monitor tepat di hadapan Anda dan jaga jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer, yaitu 50-100 cm.
  • Jika teks dirasa terlalu kecil untuk jarak pandang tersebut, maka yang harus Anda lakukan adalah memperbesar ukuran teks. Jadi, jangan mengurangi jarak dengan menarik monitor atau mendekatkan mata Anda ke arah layar.
  • Atur pencahayaan di dalam ruangan.
  • Jaga kebersihan layar. Layar kotor dengan banyak sidik jari dapat membuat mata menjadi lelah.
  • Pastikan posisi bagian atas monitor berada sejajar atau di bawah mata Anda, dengan bagian tengah monitor berjarak sekitar 15-20 derajat dari mata Anda.
  • Jika posisi monitor terlalu tinggi, naikkan kursi atau dudukan Anda. Pastikan postur tubuh tetap terjaga. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan ganjalan untuk menopang kaki agar dapat berpijak.
  • Letakkan monitor pada posisi tegak lurus dengan jendela.
  • Posisi monitor jangan mengarah lebih dari 35 derajat ke kiri atau kanan agar leher tetap merasa nyaman.
  • Menerapkan metode 20-20-20, yaitu setiap 20 menit menggunakan komputer, istirahatkan mata dengan melihat suatu objek yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • Usahakan untuk berpaling dari monitor dan berkedip secara berkala.
Sebaiknya selingi pekerjaan mengunakan komputer dengan aktivitas lain yang tidak menggunakan komputer. Hal ini dapat memberikan waktu istirahat bagi mata Anda.Anda juga dapat berdiri dan bergerak sehingga tubuh dapat tetap aktif. Jika keluhan gangguan mata Anda tidak teratasi dengan mengistirahatkannya, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan mata, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan matarabun jauh
Occupational Safety and Health Administration – United States Department of Labor. https://www.osha.gov/SLTC/etools/computerworkstations/components_monitors.html
Diakses 22 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/computer-vision-syndrome#1
Diakses 22 Desember 2020
Scientific American. https://www.scientificamerican.com/article/is-sitting-too-close-to-screen-making-you-blind/
Diakses 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait