Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan Lengkap


Cara merawat gigi bisa dilakukan memakai BPJS Kesehatan. Perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan antara lain pelayanan perawatan gigi gratis, subsidi pemasangan gigi palsu, dan tambal gigi.

0,0
08 May 2019|Nina Hertiwi Putri
BPJS Kesehatan akan menanggung biaya perawatan gigi dasar bagi pesertanyaBeberapa jenis perawatan gigi dasar bisa Anda dapatkan secara gratis menggunakan BPJS Kesehatan
Bagi Anda yang memiliki masalah gigi atau ingin melakukan perawatan gigi, diperkenankan menggunakan BPJS Kesehatan. Perawatan atau pelayanan kesehatan gigi ini memiliki syarat bukan untuk keperluan estetika, tetapi memang sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana ketentuan untuk mendapat layanan perawatan gigi secara gratis dengan BPJS Kesehatan? Simak penjelasan berikut!

Perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan

Fasilitas pelayanan gigi yang disediakan berbeda dengan pelayanan yang diterima oleh pasien umum. Berikut perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan:
  1. Administrasi yaitu meliputi biaya administrasi pendaftaran saat ingin berobat. Termasuk  biaya untuk pengajuan surat rujukan jika pasien yang bersangkutan harus melakukan perawatan lanjutan di rumah sakit.
  2. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis yang tersedia.
  3. Premedikasi.
  4. Peserta bisa memperoleh kegawatdaruratan oro-dental.
  5. Pencabutan gigi sulung (termasuk bius topikal dan infiltrasi).
  6. Layanan kesehatan gigi termasuk pencabutan gigi permanen tanpa penyuntikan.
  7. Obat pasca pencabutan.
  8. Perawatan scaling gigi (pembersihan karang gigi). Scalling gigi BPJS maksimal dilakukan satu kali dalam setahun.
  9. Tumpatan komposit atau GIC

Prosedur Pendaftaran Pelayanan Perawatan Gigi

Sebelum menikmati pelayanan yang sudah disebutkan di atas, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pendaftaran pelayanan gigi dari BPJS Kesehatan. Setelah Anda mendaftar menjadi peserta BPJS, Anda dapat melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan tingkat I (Faskes 1), yaitu di klinik atau puskesmas. Faskes 1 tersebut harus menyediakan jejaring termasuk lab, bidan, dokter gigi, serta sarana penunjang yang lain. Selain itu, bila sudah mendaftar, Anda tak boleh melakukan pendaftaran atau perawatan gigi menggunakan BPJS Kesehatan di dokter gigi lainnya. Dokter gigi BPJS akan membantu mengatasi permasalahan pada gigi Anda.Jika fasilitas di Puskesmas tidak lengkap, peserta bisa memilih Faskes 1 berupa dokter praktek perorangan atau dokter umum. Syaratnya, harus bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan peserta harus mengisi DIP atau Daftar Isian Peserta yang sudah disediakan.

Proses Pelayanan dan Tindakan

Untuk proses perawatan atau pelayanan terbilang cukup mudah. Anda tinggal mendatangi faskes pertama yang dipilih kemudian menunjukkan kartu BPJS untuk proses administrasi pelayanan. Setelah itu pihak fasilitas kesehatan akan memberi pelayan yang dibutuhkan oleh pasien.Pengobatan gigi yang ditanggung BPJS ini sangat bermanfaat. Begitu selesai, faskes tingkat I akan memberikan bukti pelayanan yang perlu ditanda tangani. Jika harus melakukan perawatan lanjutan di dokter gigi spesialis (Faskes 2), maka Faskes 1 akan membuatkan surat rujukan.

Subsidi untuk Pemasangan Gigi Palsu

BPJS Kesehatan juga memberikan subsidi untuk pemasangan gigi palsu. Pasang gigi palsu pakai BPJS merupakan pelayanan tambahan dengan pembatasan. Artinya, terdapat pembatasan jumlah penggantian biaya yang akan dilakukan oleh BPJS Kesehatan.Pemasangan gigi palsu dapat dilakukan di Faskes 1 maupun Faskes rujukan tingkat lanjutan. Gigi palsu akan diberikan pada peserta yang kehilangan gigi sesuai dengan indikasi medis dan atas rekomendasi dari dokter gigi.Untuk pemasangan gigi palsu, BPJS Kesehatan akan menanggung tarifnya sebesar maksimal Rp 1.000.000 rupiah dengan ketentuan tarif untuk masing-masing rahang maksimal Rp 500.000 rupiah. Selain itu, rincian penggantian biaya per rahangnya juga tergantung dari jumlah gigi yang akan diganti. Apabila gigi yang hilang per rahangnya berjumlah 1-8 gigi maka akan diganti sebesar 250.000 rupiah per rahang. Sedangkan apabila jumlah gigi yang hilang sebanyak 9-16 gigi per rahang akan diganti sebesar Rp 500.000 rupiah.

Tambal Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Tambal gigi juga menjadi salah satu layanan yang ditangguhkan BPJS Kesehatan.Untuk kriteria tambal gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan mencakup dua hal. Pertama, tumpatan GIC atau dengan menggunakan semen IC. Yang kedua berupa tumpatan komposit. Prosedur ini memakai bahan yang sewarna dengan gigi dan terbuat dari kandungan resin komposit. Perawatan tambal gigi BPJS akan sangat membantu.

Catatan dari SehatQ

Ada beberapa perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan. Fasilitas yang diterima peserta BPJS Kesehatan meliputi pelayanan perawatan gigi gratis, subsidi pemasangan gigi palsu, dan tambal gigi.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatan
Vemale. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3777176/penting-berikut-perawatan-gigi-yang-ditanggung-bpjs-kesehatan
diakses pada 28 November 2018
Cermati. https://www.cermati.com/artikel/punya-bpjs-kesehatan-gunakan-untuk-perawatan-gigi-anda
diakses pada 28 November 2018
Finansialku. https://www.finansialku.com/kartu-bpjs-kesehatan-pelayanan-kesehatan-gigi/
diakses pada 28 November 2018
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/22ae6b463ebf13302666f1d79da799dc.pdf
diakses pada 10 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait