Inilah Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga agar Hidup Lebih Sehat


Ingin rutin olahraga tapi masih malas-malasan? Jangan khawatir, ada banyak cara meningkatkan motivasi olahraga yang bisa dicoba, seperti dukungan keluarga hingga hadiahi diri sendiri.

(0)
31 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Motivasi olahraga dapat diraih dengan banyak cara, salah satunya dukungan keluarga.Terdapat banyak cara meningkatkan motivasi olahraga, salah satunya mendapatkan dukungan dari pasangan.
Semua orang tahu kalau olahraga wajib dilakukan untuk meraih berat badan ideal dan tubuh yang sehat. Masalahnya, rasa malas kerap menghalangi keinginan kita untuk berolahraga. Untuk mengusir rasa ini, terdapat banyak cara meningkatkan motivasi olahraga yang dapat Anda coba.

Tips meningkatkan motivasi olahraga

‘Musuh’ terbesar yang sering kali menghadang kita untuk berolahraga adalah diri sendiri. Di saat niat sudah bulat, ada saja alasan untuk bermalas-malasan. Agar olahraga tidak menjadi wacana semata, ikuti berbagai cara meningkatkan motivasi olahraga ini.

1. Jangan berlebihan dalam menetapkan tujuan

Jika Anda memutuskan untuk rutin olahraga, tetapkan tujuan dengan realistis. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari. Lebih baik, mulailah dari sesi olahraga yang singkat tapi konsisten, seperti 20-30 menit per hari sebanyak tiga kali dalam seminggu.

2. Memantau progress atau kemajuan

Rasa malas bisa datang jika Anda tidak mampu melihat peningkatan atau kemajuan di dalam sesi olahraga. Maka dari itu, cobalah untuk melacak peningkatan Anda dalam berolahraga.Misalnya, jika kemarin Anda bisa melakukan push up selama 20 kali, tulislah pencapaian ini di jurnal. Dengan begitu, Anda bisa berusaha lebih keras untuk melakukan push up lebih banyak lagi di keesokan harinya.

3. Jangan terlena dalam kesalahan

Saat belum konsisten, mungkin Anda akan melewatkan sesi olahraga sebanyak 1-2 kali. Namun ingat, jangan biarkan diri Anda terlena dalam kesalahan ini.Sebaliknya, jadikanlah kesalahan ini menjadi langkah Anda untuk tidak menyerah. Menurut para ahli, hal ini bisa memperkuat mental Anda dalam berolahraga lebih rutin lagi.

4. Fokus terhadap diri sendiri, bukan orang lain

Saat masuk ke gym, Anda mungkin merasa kurang percaya diri ketika melihat orang lain yang sudah memiliki badan lebih bugar. Masalah ini dinilai bisa membuat Anda menjadi malas berolahraga.Untuk meningkatkan motivasi olahraga Anda, cobalah untuk fokus terhadap diri sendiri. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain yang mungkin sudah rutin olahraga selama bertahun-tahun lamanya.Dengan kesabaran dan konsistensi, Anda akan mampu meraih target yang diinginkan dalam berolahraga.

5. Mintalah dukungan orang terdekat

Motivasi olahraga dapat didapatkan dari dukungan keluarga dan pasangan
Jangan malu untuk meminta motivasi olahraga dari orang terdekat
Jangan malu untuk meminta dukungan orang terdekat, seperti pasangan atau keluarga. Dengan adanya para pendukung setia dalam berolahraga, Anda akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Mintalah kritik dari mereka mengenai kekurangan dalam diri Anda saat sedang berolahraga. Jadikan kritik mereka sebagai motivasi untuk berusaha lebih keras lagi.

6. Temukan kebahagiaan di dalam berolahraga

Jika motivasi olahraga sudah hilang dari dalam diri, bisa jadi Anda sedang melakukan jenis olahraga yang tidak Anda suka. Itulah mengapa Anda disarankan untuk tidak ‘ikut-ikutan’.Cobalah cari kebahagiaan dengan melakukan jenis olahraga yang Anda gemari. Ingat, olahraga tidak melulu harus di gym.

7. Jangan terlalu memaksakan diri

Janganlah memaksakan diri Anda dalam berolahraga. Pahami batasan tubuh saat sedang beraktivitas fisik.Di saat tubuh sudah mulai merasa letih, bisa jadi sesi olahraa Anda terlalu lama. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengurangi durasi sesi olahraga supaya tubuh tidak kehabisan tenaga untuk berolahraga lagi di keesokan harinya.

8. Buatlah olahraga senyaman mungkin

Cara meningkatkan motivasi olahraga selanjutnya adalah mencari kenyamanan dalam berolahraga itu sendiri. Jika Anda sedang sibuk bekerja, jangan paksakan diri untuk berolahraga terlalu lama, apalagi sampai memaksakan diri untuk datang ke pusat olahraga.Lebih baik nyalakan laptop Anda dan masuklah ke situs yang bisa menampilkan video olahraga. Dengan begitu, Anda bisa berolahraga di depan laptop dengan durasi yang lebih singkat.

9. Lupakan masa lalu

Motivasi olahraga dapat diraih saat Anda sudah bisa melupakan masa lalu
Lupakan masa lalu, dan fokus menyehatkan tubuh sekarang!
Di masa lalu, mungkin Anda bukanlah pilihan utama dalam tim sepak bola atau basket di sekolah karena tidak memiliki tubuh yang atletis. Terkadang, masa lalu ini dapat menurunkan motivasi olahraga.Lupakanlah masa lalu Anda itu. Tujuan Anda sekarang adalah untuk rutin berolahraga demi badan bugar dan hidup yang lebih sehat.

10. Hadiahi diri sendiri

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan motivasi olahraga adalah memberikan hadiah pada diri sendiri.Jika Anda sudah rutin berolahraga selama 1 bulan penuh, hadiahi diri Anda dengan makanan lezat di restoran, membeli baju baru, atau menonton film favorit di bioskop. Dengan begitu, motivasi olahraga Anda akan meningkat.

11. Tetapkan jadwal olahraga

Jadwal olahraga yang tidak teratur dapat membuat Anda jadi malas berolahraga. Menurut sebuah studi, menetapkan jadwal untuk berolahraga dapat membuat Anda konsisten untuk beraktivitas fisik.Jangan jadwal saja yang ditetapkan, tapi juga durasi, tempat, dan jenis olahraga yang akan Anda lakukan.

Catatan dari SehatQ

Motivasi olahraga tidak akan datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha ekstra keras untuk mendapatkan motivasi ini agar Anda tidak malas-malasan.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-motivate-yourself-to-workout
Diakses pada 17 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/exercise-motivation#1
Diakses pada 17 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait