Inilah Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Efektif dan Efisien

Terdapat berbagai macam cara menghilangkan kompedo putih yang bisa Anda coba
Memencet komedo menjadi cara menghilangkan komedo putih yang salah

Komedo merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Masalah ini biasanya muncul di hidung, dagu, atau kening. Namun, komedo juga bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Komedo memiliki dua jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. 

Khusus untuk komedo putih, masalah kulit ini merupakan bentuk ringan dari jerawat sehingga sebaiknya perlu segera ditangani. Komedo putih juga bisa muncul dalam jumlah banyak, yang bisa mengganggu penampilan Anda. Oleh karena itu, cara menghilangkan komedo putih yang benar sebaiknya Anda pelajari.

Penyebab munculnya komedo putih

Secara alami, sel kulit mati muncul karena kulit secara konstan akan menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikannya. Sementara, minyak (sebum) yang dihasilkan dalam pori-pori kulit berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Komedo putih terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran berlebih menyumbat pori-pori kulit Anda. Kulit di atas pori-pori yang tersumbat pun menutup sehingga menghasilkan bintik-bintik komedo putih. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya komedo putih, di antaranya:

  • Masa pubertas
  • Kulit terlalu kering
  • Mengenakan produk kulit atau make up yang berminyak
  • Riwayat keluarga
  • Stres berlebihan
  • Menopause
  • Menstruasi..

Tertutupnya komedo putih dalam pori-pori, membuat masalah kulit ini cukup sulit dihilangkan. Meski Anda sudah memencet atau mengoreknya, kadang komedo akan tetap sulit dikeluarkan. Cara tersebut malah akan mengundang lebih banyak kotoran, minyak, dan bakteri yang menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan iritasi atau bahkan membentuk jaringan parut di kulit.

Cara menghilangkan komedo putih

Meski komedo putih dianggap sulit untuk dihilangkan, namun masih ada beberapa cara menghilangkan komedo putih secara efektif yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

  • Metode uap

Metode uap dapat membantu mengeluarkan kotoran maupun zat lain yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo putih. Anda hanya perlu menyiapkan semangkuk air mendidih, lalu dekatkan wajah pada uap air tersebut agar pori-pori terbuka dan komedo mulai keluar.

  • Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil disebut sebagai antiperadangan dan antimikroba alami. Kandungan ini membuat dipercaya dapat membantu membersihkan komedo putih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah, toner, maupun masker yang mengandung tea tree oil sebagai cara menghilangkan komedo putih. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung pada kulit yang berkomedo.

  • Mengoleskan madu

Madu memiliki sifat antibakteri kuat yang dapat membersihkan kotoran penyumbat pori-pori. Tekstur madu yang kental dapat membuatnya menempel di pori-pori dan meresap jauh ke dalam kulit. Mengoleskan madu hangat pada kulit yang berkomedo dapat membantu menghilangkan komedo yang ada.

  • Masker tanah liat

Meski masker wajah banyak jenisnya, namun masker tanah liat dianggap sebagai masker yang efektif menghilangkan komedo putih. Masker tanah liat dapat melembutkan pori-pori yang tersumbat dan membersihkan berbagai kotoran, minyak, serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

  • Menggunakan asam salisilat

Anda dapat menghilangkan komedo putih dengan menggunakan produk yang mengandung asam salisilat. Asam ini dianggap mampu menurunkan produksi minyak berlebih di kulit, menyingkirkan sel kulit mati, dan mendorong penyumbat pori-pori untuk keluar sehingga membantu menghilangkan komedo putih. Senyawa ini biasanya terdapat dalam toner dan astringen untuk jerawat, serta beberapa krim dan gel pelembap wajah.

  • Menggunakan benzoil peroksida

Menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida juga dapat membantu Anda menghilangkan komedo putih. Benzoil peroksida memiliki sifat antibakteri kuat yang dapat mengurangi peradangan dan membantu mengeringkan minyak berlebih. Senyawa ini umumnya ditemukan dalam pencuci wajah, toner, dan krim. 

  • Mengoleskan krim retinoid

Krim retinoid merupakan krim perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Vitamin ini dianggap bisa membersihkan pori-pori sehingga membantu menghilangkan komedo membandel. 

Vitamin A juga dapat memberi efek antipenuaan, mengurangi peradangan, dan merupakan antioksidan kuat. Namun, krim ini juga dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari langsung saat sedang menggunakannya. Perlu diingat, obat ini harus dengan resep dokter ya.

  • Eksfoliasi atau pengelupasan kulit

Eksfoliasi menjadi salah satu cara menghilangkan komedo yang banyak dilakukan. Bukan hanya menghilangkan komedo, cara menghilangkan komedo ini juga dapat membuat kulit lebih halus karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati. 

Pilih produk eksfoliasi yang lembut untuk kulit Anda, lalu aplikasikan dengan benar ke daerah yang berkomedo. Jangan menggosoknya terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Jika komedo putih tak juga menghilang atau semakin banyak sehingga sangat mengganggu penampilan, sebaiknya konsultasikan masalah ini pada dokter kulit Anda. Dokter akan memberi rekomendasi mengenai perawatan komedo yang sebaiknya Anda lakukan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-whiteheads#general-tips
Diakses pada 17 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/whiteheads-on-nose#otc-remedies
Diakses pada 17 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319437.php#other-self-care-tips
Diakses pada 17 Januari 2020

Artikel Terkait