Cara membuat scrub bibir tidak sulit dan mudah dilakukan
Scrub bibir dapat membantu melembapkan bibir

Pernahkah Anda mempraktikkan cara membuat scrub bibir sendiri di rumah? Jika belum, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini dengan membuat scrub menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapat dengan mudah tanpa mengurangi manfaat dari scrub bibir itu.

Scrub bibir berfungsi untuk mengelupas kulit mati yang memunculkan kesan bibir kering dan tidak sehat. Kulit mati ini bisa muncul ketika Anda jarang merawat bibir, misalnya tidak menggunakan pelembap bibir, sering terpapar sinar matahari, atau merokok.

Saat ini, banyak produk scrub bibir yang dijual di pasaran. Beberapa dari mereka biasanya mengandung zat eksfoliasi kimiawi, seperti asam alfa dan beta hidroksi yang berfungsi menghancurkan sel kulit mati sehingga lebih mudah diangkat dan dibersihkan.

Cara membuat scrub bibir sendiri

Prinsip eksfoliasi alias pengangkatan kulit mati di bagian tubuh manapun dapat dilakukan dengan cara mekanis, yakni menggunakan alat seperti sikat atau spons. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) juga mengategorikan penggunaan scrub sebagai eksfoliasi mekanis ini.

Namun, berbeda dengan penggunaan scrub di bagian tubuh atau wajah lain, bahan alami yang dapat digunakan sebagai scrub pada bibir tidak boleh sembarangan. Scrub yang digunakan sebaiknya yang lembut karena kulit bibir cenderung lebih sensitif dan rumit.

Prinsip cara membuat scrub bibir sendiri sangat mudah. Anda dapat mengombinasikan sendiri bahan-bahan alami. Bahan yang harus Anda siapkan terdiri dari scrub dan emolien (pelembap) dari bahan-bahan alami.

Untuk mengeksfoliasi bibir, Anda dapat menggunakan bahan scrub, seperti gula halus, kayu manis bubuk, dan bubuk kopi. Sedangkan untuk emoliennya, Anda dapat menggunakan madu, minyak-minyakan, shea butter, bahkan lip balm favorit Anda.

Berikut beberapa inspirasi bahan alami dan cara membuat scrub bibir sendiri yang dapat Anda praktekkan di rumah.

1. Scrub madu

Bahan yang disiapkan adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan gula merah. Cara membuat scrub bibir ini adalah dengan mencampur semua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air bila terlalu kental (tergantung madu yang Anda gunakan).

Madu dapat melembapkan kulit, sedangkan minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat menyehatkan kulit bibir. Gula merah berfungsi sebagai scrub eksfoliasi yang lembut, namun efektif mengangkat kulit mati di bibir.

2. Scrub stroberi-kiwi

Menggunakan scrub ini akan menghadirkan sensasi seperti minum jus buah. Pasalnya, bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah buah stroberi dan kiwi yang sudah dilumatkan, gula pasir yang tidak terlalu kasar, serta minyak zaitun (opsional).

Cara membuat scrub bibir ini pun cukup mencampur semua bahan tersebut sampai konsistensi yang Anda inginkan. Selain membuat bibir tampak lebih segar, sari buah-buahan ini akan membuat kulit bibir lembap dan tidak mudah kering.

3. Scrub kopi-cokelat

Scrub yang ini cocok digunakan oleh pecinta kopi sekaligus Anda yang menyukai kepraktisan. Anda cukup menyediakan bubuk kopi tanpa gula, kemudian campur dengan madu dan sedikit air, kemudian aduk hingga konsistensi yang Anda inginkan.

Kombinasi kopi dan madu dapat mengeksfoliasi kulit bibir dengan sempurna. Bibir Anda juga akan terasa lembap, terlihat segar, dan sehat, serta tidak lagi pucat atau berwarna kehitaman.

Bagaimana cara menggunakan scrub bibir?

Apapun bahan scrub bibir yang Anda pakai, cara penggunaan scrub bibir pada dasarnya sama. Setelah mengoleskan scub ke bibir, gosokkan secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat (bukan air panas).

Anda juga dapat menggunakan spons atau sikat khusus kosmetik, namun pastikan Anda menggosoknya juga dengan gerakan lembut. Jangan gunakan scrub pada bibir dengan luka tergores atau terbakar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/exfoliate-lips
Diakses pada 17 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-exfoliant
Diakses pada 17 April 2020

AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 17 April 2020

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/diy-lip-scrub
Diakses pada 17 April 2020

Artikel Terkait