Cara Membuat Scrub Bibir Alami di Rumah dengan Mudah Serta Manfaat yang Didapat


Cara membuat scrub bibir alami bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Anda bisa mencampurkan berbagai bahan alami agar manfaat scrub bibir bisa didapat dengan maksimal. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk scrub bibir adalah minyak kelapa, gula pasir, dan madu.

(0)
02 May 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara membuat scrub bibir tidak sulit dan mudah dilakukan di rumahScrub bibir dari campuran madu dan gula pasir dapat membantu melembapkan bibir
Scrub bibir adalah rangkaian penting dalam perawatan bibir. Namun, pernahkah Anda mempraktikkan cara membuat scrub bibir dari bahan alami sendiri di rumah? Jika belum, Anda bisa mencoba beberapa cara membuat scrub bibir alami ini tanpa mengurangi manfaat scrub bibir yang didapat. 

Cara membuat scrub bibir alami di rumah

Scrubbing atau eksfoliasi adalah proses pengangkatan kulit tubuh. Rutinitas perawatan ini salah satunya dilakukan pula pada permukaan bibir. Produk scrub bibir sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Kabar baiknya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah sesuai kebutuhan menggunakan berbagai bahan alami sederhana yang ada di rumah. Anda pun dapat mengombinasikan beberapa bahan alami menjadi satu ramuan untuk memberikan manfaat scrub bibir yang maksimal. Namun, berbeda dengan penggunaan scrub wajah atau tubuh, bahan alami yang digunakan sebagai cara membuat scrub bibir tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit bibir cenderung lebih sensitif sehingga bahan alami yang digunakan untuk scrub bibir harus bertekstur lembut. Bahan alami yang diperlukan untuk scrub bibir sebaiknya terdiri dari scrub dan emolien (pelembap). Untuk mengeksfoliasi bibir, Anda bisa menggunakan bahan scrub alami, seperti gula pasir, kayu manis bubuk, atau bubuk kopi. Sedangkan, untuk zat emoliennya, Anda dapat menggunakan madu, minyak esensial, shea butter, petroleum jelly, atau bahkan lip balm favorit Anda. Adapun beberapa cara membuat scrub bibir alami sesuai dengan jenisnya bisa Anda simak di bawah ini. 

1. Scrub bibir madu dan minyak kelapa

cara membuat scrub bibir alami bisa dari campuran minyak kelapa dan madu
Kandungan antioksidan pada minyak kelapa mampu menyehatkan bibir
Salah satu cara membuat scrub bibir alami adalah terbuat dari campuran 1 sendok makan madu, 1 sendok minyak kelapa, dan 2 sendok gula merah. Manfaat madu untuk kulit adalah melembapkan kulit. Sedangkan, minyak kelapa mengandung antioksidan yang mampu menyehatkan kulit bibir. Gula merah berfungsi sebagai scrub eksfoliasi yang lembut, tetapi mampu mengangkat sel kulit mati secara efektif. Kemudian, ikuti cara buat scrub bibir alami berikut ini. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan seluruh bahan di atas. Aduk merata sampai menjadi pasta kental yang lembut.
  • Bila terlalu kental, Anda dapat menambahkan beberapa tetes air. 
  • Oleskan scrub pada permukaan bibir sampai kulit bibir yang terasa kasar dan keras, mengelupas. Diamkan selama satu menit. 
  • Bersihkan permukaan bibir dengan handuk yang telah dibasahi air suam-suam kuku (air hangat). 

2. Scrub bibir kayu manis bubuk 

Untuk membuat scrub bibir alami dari kayu manis, Anda perlu menyiapkan ½ sendok teh bubuk kayu manis, ½ sendok makan madu, dan ½ sendok makan minyak zaitun. Kayu manis bertindak sebagai eksfoliator alami yang membantu melembutkan bibir serta membuatnya tampak lebih penuh dan kenyal.Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat scrub bibir alami di bawah ini. 
  • Campurkan seluruh bahan alami yang disebutkan dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata. 
  • Oleskan scrub pada permukaan bibir menggunakan jari tangan Anda yang sudah dibersihkan secara lembut agar sel-sel kulit mati dapat terangkat sempurna. 
  • Bilas permukaan bibir dengan air suam-suam kuku sampai bersih. 
  • Oleskan lip balm favorit Anda. 

3. Scrub bibir stroberi dan kiwi

Cara buat scrub bibir alami bisa pula dari campuran buah-buahan yang sudah dihaluskan, seperti buah stroberi dan kiwi. Tak hanya membuat permukaan bibir tampak lebih segar, penggunaan sari buah-buahan untuk memberikan kesan kulit bibir lembap dan tidak mudah kering.Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah stroberi dan ½ buah kiwi yang sudah dilumatkan (tidak perlu sampai halus), 6 sendok makan gula pasir, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah cara membuat scrub bibir alami berikut ini. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan bahan-bahan alami di atas. 
  • Aduk sampai seluruh bahan tercampur merata. 
  • Oleskan scrub bibir alami seraya memijat permukaan bibir dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 30-40 detik. 
  • Diamkan beberapa menit sampai gula pasir mengelupas sel-sel kulit mati. 
  • Jika sudah, bilas bibir dengan air hangat. 

4. Scrub bibir bubuk kopi 

bubuk kopi bisa digunakan sebagai cara membuat scrub bibir
Kombinasi bubuk kopi dan madu bisa digunakan sebagai scrub bibir
Scrub bibir yang terbuat dari kopi dan madu merupakan kombinasi yang tepat untuk memberikan bibir tampak sehat dan lembap dengan sempurna. Cukup siapkan 1 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok makan madu. Adapun cara membuat scrub bibir dari bubuk kopi dan madu adalah sebagai berikut. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan bubuk kopi dan madu dengan takaran yang dianjurkan. Aduk merata. 
  • Gosokkan pada permukaan bibir seraya memijatnya lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam selama satu menit. 
  • Diamkan selama beberapa menit. 
  • Bilas permukaan bibir dengan air hangat. 

5. Scrub bibir dari air lemon dan gula

Anda juga bisa menerapkan cara membuat scrub bibir alami dari campuran air lemon, petroleum jelly, dan gula pasir. Air lemon merupakan zat pemutih alami yang membantu mengangkat sel kulit mati, mempercepat regenerasi sel kulit, serta menyegarkan permukaan kulit. Siapkan 1 sendok makan air lemon, 1 sendok teh petroleum jelly, dan 2 sendok makan gula pasir. Kemudian, lakukan cara membuat scrub bibir air lemon dengan langkah di bawah ini. 
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan gula pasir dan petroleum jelly terlebih dahulu. Aduk merata.
  • Lalu, tambahkan air lemon ke dalamnya. Aduk merata kembali. 
  • Oleskan scrub bibir alami ini ke permukaan bibir seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam selama satu menit. 
  • Bilas permukaan bibir dengan air hangat. 

6. Scrub bibir cokelat

Bosan dengan scrub bibir dari bahan alami yang itu-itu saja? Anda bisa menggunakan scrub bibir dari bubuk cokelat. Bahan-bahan yang disiapkan adalah 1 sendok makan bubuk kakao, 2 sendok makan gula merah, 1 sendok teh ekstrak vanili, ¾ sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun. Cara membuat scrub bibir cokelat adalah sebagai berikut:
  • Campur semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam sebuah mangkuk kecil.
  • Aduk sampai merata. 
  • Oleskan sedikit scrub alami bibir seraya menggosoknya dengan gerakan memutar. 
  • Diamkan sampai lip scrub menempel di permukaan bibir selama beberapa menit. 
  • Bersihkan permukaan bibir dengan kain atau handuk yang telah dibasahi air hangat. 
Bahan scrub alami untuk bibir ini dapat membantu melembapkan bibir. Selain itu, ekstrak vanila berfungsi sebagai antipenuaan dan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit bibir akibat radikal bebas. 

7. Scrub bibir garam laut 

Anda juga bisa membuat scrub bibir dari campuran garam laut dan minyak kelapa. Garam laut adalah bahan eksfolian alami, sedangkan minyak kelapa merupakan pelembap alami yang baik untuk bibir. Anda bisa menyiapkan 1 sendok teh garam laut, 2 sendok teh minyak kelapa, serta 1-2 tetes minyak lavender (opsional). Selanjutnya, terapkan cara membuat scrub bibir dengan langkah-langkah sebagai berikut. 
  • Campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata. 
  • Oleskan scrub pada bibir dengan lembut seraya memijatnya dengan gerakan memutar. Lakukan langkah ini selama satu menit. 
  • Bilas bibir dengan air hangat. 

8. Scrub bibir minyak kelapa 

Scrub bibir alami dari minyak kelapa dan gula pasir bisa menjadi pilihan untuk mengeksfoliasi bibir. Manfaat minyak kelapa untuk bibir adalah melembutkan bibir kering dan pecah-pecah sekaligus melembapkannya.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • ¼ sendok teh ekstrak vanila

Cara membuat:

  • Campurkan gula pasir, minyak kelapa, dan ekstrak vanila dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Aduk sampai merata.
  • Oleskan sedikit scrub bibir yang sudah tercampur merata ke permukaan bibir Anda. 
  • Diamkan selama 1 menit.
  • Bilas permukaan bibir dengan air hangat. 

Cara menggunakan scrub bibir alami dengan tepat

Cara membuat scrub bibir yang maksimal harus diiringi dengan penggunaan yang tepat
Oleskan scrub pada permukaan bibir secara merata seraya memijatnya
Setelah mengetahui berbagai cara membuat scrub bibir alami di atas, pastikan Anda menggunakannya dengan tepat. Apa pun scrub bibir alami yang Anda pakai, cara menggunakan scrub bibir pada dasarnya sama. Pastikan permukaan bibir Anda dalam kondisi bersih, yakni tidak sedang menggunakan lipstik, lip balm, lip gloss, atau produk perawatan bibir lainnya. Kemudian, oleskan scrub bibir secara merata ke permukaan bibir. Gosokkan dan pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik. Anda juga dapat menggunakan spons atau sikat khusus kosmetik. Namun, pastikan Anda menggosoknya juga dengan lembut. Kemudian, bilas permukaan bibir dengan air suam-suam kuku atau air hangat. Oleskan lip balm sesudahnya agar bibir tetap terasa lembap. 

Waktu yang tepat untuk melakukan scrub bibir

Waktu yang tepat untuk melakukan scrub bibir adalah seminggu sekali. Anda dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur atau saat menggosok gigi. Ingat, jangan terlalu berlebihan melakukan scrub bibir. Pasalnya, melakukan eksfoliasi bibir secara berlebihan, yakni lebih dari 2 kali dalam seminggu, dapat meningkatkan risiko iritasi pada permukaan bibir. Sebaiknya, jangan lakukan scrub pada bibir dengan luka tergores atau terbakar.

Manfaat scrub bibir sebagai perawatan bibir sehari-hari

cara membuat scrub bibir yang tepat sehingga manfaat yang didapat bisa maksimal
Manfaat scrub bibir adalah menjaga kelembapan bibir dengan baik
Pada dasarnya, manfaat scrub bibir sama seperti scrub wajah atau badan. Manfaat scrub bibir adalah mampu mengelupas lapisan permukaan kulit bibir paling luar. Sel-sel kulit mati pada bibir yang terangkat dapat digantikan dengan yang baru sehingga permukaan bibir tampak lembut, halus, dan kenyal. Di samping itu, manfaat scrub bibir juga mampu membuat produk perawatan bibir atau make up, seperti lipstik, lip gloss, lip balm, atau lip liner, yang Anda gunakan menjadi tahan lama. Sebab, lapisan sel baru yang lebih sehat mampu menyerap kandungan dalam produk-produk tersebut dengan baik. Dengan demikian, tampilan bibir Anda akan tampak lebih penuh, bahkan seksi. Penggunaan scrub dalam rutinitas perawatan bibir sehari-hari sebaiknya tidak Anda lewatkan begitu saja. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat lapisan sel kulit mati pada bibir sehingga bibir tampak lembut, halus, dan kenyal.Selain melakukan scrub bibir alami, penting pula untuk menjaga kelembapan bibir dengan minum banyak air putih dan menghindari kebiasaan menjilat atau menggigit permukaan kulit bibir.Penasaran ingin coba cara membuat scrub bibir alami yang aman? Anda bisa konsultasi dengan dokter lebih lanjut melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
bibir keringperawatan kulithiperpigmentasi bibir
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/exfoliate-lips
Diakses pada 17 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-exfoliant
Diakses pada 17 April 2020
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 17 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/diy-lip-scrub
Diakses pada 17 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait