Inilah Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam yang Dianggap Efektif

(0)
29 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara membersihkan karang gigi dengan garam dapat dilakukan dengan tambahan air dan baking sodaCampuran garam, air, dan baking soda dianggap efektif atasi karang gigi
Karang gigi adalah tumpukan keras berwarna kuning kecokelatan yang melekat pada gigi. Membersihkan karang gigi tidak semudah membersihkan plak. Bahkan, tidak jarang Anda harus ke dokter gigi untuk mengatasinya. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan rumahan lainnya.Karang gigi berawal dari plak, yakni tumpukan sisa partikel makanan yang bercampur dengan air liur dan bakteri. Plak umumnya berada di lapisan luar gigi dan di tepi gusi. Jika tidak dibersihkan, plak ini akan mengeras menjadi karang gigi.Selain mengganggu estetika, karang gigi juga dapat menyebabkan berbagai gangguan mulut, seperti bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi.

Cara membersihkan karang gigi dengan garam

Cara membersikan karang gigi dengan garam bisa dilakukan dengan mencampurnya bersama baking soda atau cuka putih. Selain digunakan saat karang gigi telah terbentuk, garam bisa digunakan untuk mencegah karang gigi muncul kembali.Berikut ini adalah cara membersihkan karang gigi dengan garam dan baking soda:
  1. Siapkan 1 sendok makan baking soda
  2. Campurkan sejumput garam dengan baking soda hingga merata
  3. Ambil sikat gigi dan tempelkan permukaan sikat pada campuran garam dan baking soda
  4. Sikatkan pada gigi seperti biasa. Pastikan semua permukaan gigi bisa dijangkau, khususnya yang banyak karang gigi
  5. Kumur-kumur hingga bersih kembali.
Selain baking soda, campuran garam dan cuka putih juga dianggap bisa membersihkan karang gigi. Berikut cara membersihkan karang gigi dengan garam dan cuka putih:
  1. Larutkan garam dalam segelas air hangat
  2. Tambahkan dua sendok makan cuka putih ke dalam larutan air garam
  3. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur secara menyeluruh hingga ke semua sela-sela gigi.

Alternatif lain cara membersihkan karang gigi secara alami

Selain cara membersihkan karang gigi dengan garam di atas, ada beberapa alternatif lain yang bisa dicoba di rumah.

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk dianggap efektif untuk membersihkan karang gigi. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada permukaan gigi dan gusi. Mungkin cara ini agak sedikit sulit bagi sebagian orang untuk menjangkau area-area sempit pada mulut.Cara kedua adalah dengan membuat kulit jeruk menjadi pasta. Lumat bagian dalam kulit jeruk hingga berbentuk pasta dan campurkan dengan sedikit air. Oleskan pasta pada sikat gigi dan gunakan layaknya menyikat gigi biasa.

2. Lidah buaya

Ternyata, lidah buaya juga efektif untuk membersihkan karang gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin, minyak lemon, serta air secukupnya.Gunakan campuran tersebut sebagai scrub gigi malam hari sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap hari sampai plak dan karang gigi meluruh semuanya.

3. Pasta vitamin C alami

Vitamin C bermanfaat untuk meluruhkan karang gigi sekaligus membunuh bakteri. Anda bisa membuat campuran pasta vitamin C alami untuk membersihkan karang gigi dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.Berikut cara membuat pasta vitamin C:
  • Lumatkan tomat, stroberi, jeruk, serta buah-buahan kaya vitamin C lainnya yang Anda inginkan
  • Campurkan semua buah-buahan hingga merata dan membentuk pasta kental
  • Oleskan pasta pada plak dan karang gigi yang ada di mulut
  • Biarkan pasta selama 5 menit
  • Lanjutkan dengan kumur-kumur hingga bersih tuntas.
Itulah cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan rumahan lainnya. Jika cara di atas tidak efektif, sebaiknya Anda ke dokter gigi untuk melakukan scaling atau pembersihan karang gigi. Untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, sikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi ber-fluoride, berkumur dengan mouthwash, serta membersihkan gigi dengan benang gigi secara rutin. Jangan lupa kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali walaupun tidak ada keluhan apa pun.
kesehatan gigikesehatan mulutkarang gigi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324341
Diakses 15 September 2020
Bloor west Smiles Dental. https://www.bloorwestsmiles.com/blog/natural-ways-remove-tartar/
Diakses 15 September 2020
Sabka Dentist. https://sabkadentist.com/how-to-remove-plaque-and-tartar-from-teeth-at-home
Diakses 15 September 2020
Carefree Dental. https://www.carefreedental.com/resources/24-your-teeth/116-19-amazing-home-remedies-for-removing-plaque-naturally
Diakses 15 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait