Bayi 4 Bulan: Apa Saja yang Sudah Bisa Dilakukan Si Kecil?

(0)
22 Oct 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bayi 4 bulan mengalami perkembangan motorik yang pesatBayi 4 bulan sudah mampu menggenggam dengan baik
Bayi 4 bulan telah mencapai milestone (tahapan perkembangan) yang paling penting dalam hidupnya sejak dilahirkan. Selain makin tumbuh besar pada 4 bulan pertamanya, bayi akan menunjukkan berbagai keterampilan baru yang bisa mengejutkan orang tua sekaligus membuat bahagia. Apa saja bentuk tumbuh kembangnya?

Perkembangan berat dan panjang badan, serta lingkar kepala bayi 4 bulan

Bayi 4 bulan memiliki berat sekitar 5 kilogram
Pada usia 4 bulan, berat badan bayi kemungkinan akan bertambah dua kali lipat dari bobotnya ketika dilahirkan.Mengacu pada Standar Antropometri Anak dari Kemenkes RI, bobot badan ideal bayi berjenis kelamin laki-laki di umur 4 bulan berada di kisaran 5,6-7,8 kilogram, sementara perempuan sekitar 5,0-7,3 kilogram. Tinggi alias panjang badan untuk bayi perempuan berkisar antara 57,8-66,4 sentimeter (cm), dan bayi laki-laki 59,7-68 sentimeter.Bagaimana dengan ukuran lingkar kepala bayi? Rata-rata ukuran lingkar kepala normal bayi di umur 4 bulan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) idealnya sekitar 39,2-44,0 cm untuk laki-laki dan 38,1-43,1 cm untuk perempuan.Akan tetapi, ini bukanlah patokan pasti. Tahap perkembangan bayi bisa berbeda-beda di usia ini antara satu anak dengan yang lain. Sebagai contoh, bayi prematur dengan berat lahir rendah mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menaikkan berat badannya.

Perkembangan motorik dan keterampilan pada bayi 4 bulan

Di samping berat dan tinggi badan yang terus bertambah, ada berbagai keterampilan baru yang dimiliki bayi. Adapun beberapa hal yang dapat terjadi pada perkembangan bayi 4 bulan, di antaranya:

1. Ketangkasan tangan

Bayi 4 bulan sudah mulai menggenggam mainan
Di usia ini, bayi menjadi lebih tangkas dan melakukan banyak hal dengan tangannya, seperti menggerakkan atau menggoyang-goyangkan mainan.Umumnya, bayi mulai dapat menggenggam suatu benda dengan menggunakan 3 jari pada usia 3-4 bulan, namun gerakannya masih belum baik dan terarah, bahkan terkadang membawa benda ke dalam mulutnya.Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengikuti dan memperhatikan bayi agar tidak tersedak. 

2. Kekuatan kepala dan tubuh

Bayi 4 bulan mampu mengontrol kepala saat tengkurap
Bayi juga telah memiliki kontrol yang cukup baik atas kepalanya. Oleh karena itu, ketika Anda memposisikannya untuk duduk disertai penyangga, bayi dapat menegakkan kepalanya.Selain itu, saat tengkurap di tempat tidur, bayi juga dapat menahan kepala dan dadanya tetap terangkat, dengan menopang menggunakan lengannya. Bahkan bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap maupun sebaliknya. Kaki bayi pun dapat menendang dan mendorong sesuai dengan keinginannya. Selain itu, ketika diposisikan berdiri, bayi mampu menopang berat badannya menggunakan kaki, yang menapak pada lantai, meski ia belum dapat berjalan.

3. Penglihatan tajam

Bayi 4 bulan mampu melihat ragam warna cerah
Seiring berjalannya waktu, kemampuan penglihatan bayi semakin meningkat.Bayi berusia 4 bulan telah memiliki penglihatan yang lebih tajam sehingga dapat memilih warna kontras yang lebih halus, dan dapat membedakan warna yang terlihat sama, seperti merah dan oranye. Bayi pun akan menunjuk warna-warna cerah yang menarik perhatiannya.Selain itu, bayi dapat melihat sesuatu yang ada di seberang ruangan, meski masih menyukai melihat dari dekat. Mata bayi dapat bergerak mengikuti benda-benda atau orang-orang di sekitar ruangan. Jarak pandang  bayi usia 4 bulan sekitar 20 – 25 cm.

4. Pengekspresian diri

Bayi 4 bulan lebih sering menunjukkan ekspresi positif
Bayi mulai memperhatikan bahwa orang merespon tindakan yang dilakukannya. Contohnya ketika bayi menangis, Anda mendatanginya. Ketika bayi menjatuhkan sesuatu ke lantai dan Anda mengambilnya, ini membuat bayi senang menjatuhkan benda berulang-ulang untuk melihat respons Anda.Penelitian yang terbit pada jurnal Infancy menemukan, bayi 4 bulan rupanya lebih sering menunjukkan ekspresi positif, seperti rasa senang dan terkejut.Namun, tidak menutup kemungkinan, mereka juga mampu memperlihatkan ekspresi negatif, seperti rasa marah, jijik, takut, dan sedih.Bayi juga senang bermain dan mulai mengoceh. Ia dapat mengekspresikan diri dengan celotehan-celotehan yang lebih banyak, seperti menyebut “ba”, “ma”, “pa”, menjerit atau tertawa.Bayi juga menggunakan wajahnya untuk menunjukkan berbagai emosi, mulai dari senyum berseri-seri hingga ekspresi marah yang teramat sangat. Bayi juga belajar cara membaca emosi dari suara dan ekspresi wajah Anda.

5. Kebiasaan tidur

Bayi 4 bulan tidur selama 10-12 jam pada malam hari
Pada bayi umur 4 bulan, sebagian besar bayi tidur selama 10-12 jam pada malam hari jika perutnya kenyang. Ini tentu akan sangat baik bagi Anda dan pasangan karena dapat tidur nyenyak di malam hari. Oleh sebab itu, pastikan bayi menyusu dengan cukup sebelum tidur malam. Bayi juga akan membutuhkan waktu untuk tidur siang selama 3-5 jam dalam sehari, yang terbagi ke dalam 2-3 waktu tidur siang. Tidur siang merupakan salah satu hal yang baik untuk pertumbuhan bayi, dan dapat meningkatkan energinya.Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, bayi mampu membawa jarinya ke mulutnya pada usia 3-4 bulan. Kemampuan penglihatan bayi akan semakin jelas pada usia 4-8 bulan. Pada usia ini bayi mulai dapat meraih benda-benda yang dianggap menarik baginya dan dapat memindahkan benda tersebut dari tangan yang satu ke tangan lainnya.

Cara meningkatkan tumbuh kembang bayi di umur 4 bulan

Bayi 4 bulan mampu belajar sederhana dari buku yang diucap
Tentu, bayi umur 4 bulan sudah menunjukkan kemajuan yang pesat daripada bayi baru lahir. Dalam hal ini, kemampuan yang muncul pada proses tumbuh kembang bayi 4 bulan harus diasah. Tujuannya, agar kemampuan ini terasah dan berguna di masa depan.Inilah yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan yang muncul pada perkembangan bayi 4 bulan:

1. Bacakan buku

Sebutkan kata-kata yang ada di dalam buku dengan lantang dan saksama. Ketika Anda memilih cerita dengan karakter binatang, tiru suara binatang tersebut.Selain itu, saat menyebut benda-benda saat membacakan buku, tunjuklah barang di sekitarnya yang ada pada buku tersebut. Kenalkan mereka dengan buku yang terbuat dari kain agar tidak mudah robek.

2. Tanggapi celotehannya

Bayi 4 bulan diajak bicara untuk tingkatkan kemampuan bahasa
Berikan respon setiap kali bayi umur 4 bulan melontarkan kata-kata celotehannya. Jangan lupa untuk selalu mengajaknya bicara. Hal ini membantu mereka mengasah kemampuan bersosialisasi dan berbahasa.

3. Ajak bermain dengan menyembunyikan barang

Tumbuh kembang bayi umur 4 bulan juga ditunjukkan dengan pahamnya konsep sebab dan akibat. Kemampuan ini menolong mereka untuk menemukan beragam strategi untuk menemukan barang yang disembunyikan.Jadi, bagi para orang tua, tidak ada salahnya mencoba bermain sembunyi dan temukan barang-barang.

Apakah bayi 4 bulan sudah bisa duduk?

Bayi 4 bulan sudah mampu duduk sendiri
Setelah berhasil menunjukkan kemajuan kemampuan motorik dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki secara bersamaan, serta mengangkat kepalanya sendiri dengan lancar, bayi umur 4 bulan atau 16 minggu ini juga umumnya telah mampu untuk duduk sendiri dan menahan bobot tubuhnya dengan kaki.Menariknya, kini bayi juga sudah mampu menelungkupkan tubuhnya dan menahan berat tubuh dengan dada. Bahkan, pada perkembangan motorik bayi lainnya, bayi sudah dapat mengangkat kepalanya sembari menggerak-gerakkan tangan dan kaki selama menelungkupkan tubuhnya.

Apakah normal bayi 4 bulan belum bisa tengkurap?

Kelainan genetik sebabkan gerak bayi 4 bulan terganggu
Bayi umumnya butuh waktu sekitar 5 bulan untuk dapat berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bayi lambat tengkurap, salah satunya adalah lahir prematur.Bayi yang lahir secara prematur biasanya membutuhkan waktu lebih lama mengembangkan keterampilan bergeraknya. Selain itu juga terdapat beberapa kelainan yang dapat menyebabkan kemampuan bergerak bayi menjadi terganggu, antara lain:

Apa saja yang perlu diperhatikan pada bayi usia 4 bulan?

Amati jika Anda menemukan mata juling pada bayi 4 bulan
Meski setiap bayi mungkin memiliki perkembangan yang berbeda, namun jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda yang tak biasa pada usia 4 bulan, sebaiknya periksakan ke dokter. Adapun tanda-tanda tak biasa tersebut, berupa kondisi berikut ini.
  • Mata juling
  • Berat badan hanya bertambah sedikit dari berat lahir
  • Tidak dapat mengangkat kepala
  • Tidak bisa duduk sama sekali, meski dengan penyangga
  • Tidak menanggapi atau tidak tertarik pada wajah Anda
  • Tidak melihat benda atau orang yang bergerak
  • Tidak tersenyum

Catatan dari SehatQ

Bayi 4 bulan telah menunjukkan kemajuan yang pesat. Dalam hal ini, tumbuh kembang bayi di umur 4 bulan sudah bisa dilihat dari perubahan fisik serta keterampilan di berbagai aspek, mulai dari kemampuan fisik hingga kemampuan komunikasi.Jika Anda menemukan tanda tanda yang tidak lazim pada perkembangan bayi Anda, segera konsultasi lebih lanjut ke dokter anak melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayi & menyusuitumbuh kembang bayibayimerawat bayi
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-4-month-old. Diakses pada 21 Oktober 2019.Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/your-4-month-old-baby-development-and-milestones-4172533. Diakses pada 21 Oktober 2019.Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a719/your-four-month-olds-development. Diakses pada 21 Oktober 2019.What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-4.aspx Diakses pada 21 Oktober 2019.Pregnancy Birth & Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-4-months-old Diakses pada 4 Agustus 2020Infancy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1523383/ Diakses pada 15 Oktober 2020Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/learn47m.html Diakses pada 15 Oktober 2020

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf diakses pada 15 Oktober 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait