Inilah Bahaya Racun Kalajengking yang Tidak Boleh Disepelekan

(0)
05 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Racun kalajengking dapat menyebabkan rasa sakit yang intens.Hati-hati, racun kalajengking berpotensi munculkan reaksi alergi anafilaksis.
Racun kalajengking yang disebarkan lewat sengatannya dapat menyebabkan berbagai macam gejala menyakitkan. Anak-anak dan lansia paling berisiko mengalami komplikasi akibat gigitan kalajengking. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengenali gejala dan pertolongan pertama disengat kalajengking ini.

Bahaya racun kalajengking

Racun kalajengking bisa menyebabkan gejala yang mengancam nyawa
Jangan remehkan racun kalajengking yang berbahaya!
Kalajengking adalah serangga yang datang dari keluarga Arachnida. Serangga ini memiliki delapan kaki, tangan yang menyerupai penjepit tajam, dan ekor yang bisa menyengat.Sengatan kalajengking dapat menyebarkan racun yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Rasa nyeri ini biasanya disertai pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Dalam beberapa kasus yang langka, gejala yang lebih parah dapat muncul dalam waktu kurang dari satu jam.Meski demikian, tidak semua racun kalajengking dapat menyebabkan kematian. Di antara 1.500 spesies kalajengking di dunia, hanya 30 di antaranya yang bisa memproduksi racun mematikan. Salah satunya adalah kalajengking kulit kayu (scorpion bark).

Gejala tersengat racun kalajengking

Racun kalajengking yang disebarkan lewat sengatannya dapat menyebabkan berbagai gejala di bagian kulit yang terdampak, yakni:
  • Rasa sakit yang intens
  • Sensasi kesemutan dan mati rasa di bagian kulit yang tersengat
  • Pembengkakan di bagian kulit yang tersengat.
Ketika racun kalajengking sudah menyebar luas ke bagian tubuh lainnya, berbagai gejala yang lebih parah bisa muncul, seperti:
  • Sulit bernapas
  • Otot berkedut
  • Gerakan kepala, leher, dan mata yang tidak lazim
  • Produksi air liur menjadi berlebihan
  • Berkeringat
  • Mual
  • Muntah
  • Tekanan darah tinggi
  • Detak jantung cepat (takikardia)
  • Gelisah (umumnya pada anak-anak).
Sama seperti sengatan serangga lainnya, orang yang pernah disengat kalajengking dapat mengalami reaksi alergi jika tersengat lagi olehnya. Reaksi alergi ini juga dapat menyebabkan anafilaksis.Anafilaksis adalah reaksi alergi berbahaya yang dapat menyebabkan sesak napas, detak jantung cepat, pembengkakan bibir, lidah, hingga tenggorokan. Jika gejala-gejala anafilaksis ini terjadi pada Anda setelah disengat kalajengking, segera bawa diri Anda ke rumah sakit terdekat.Selain anafilaksis, komplikasi lainnya yang dapat terjadi akibat racun kalajengking adalah kematian. Anak-anak dan orang dewasa paling berisiko mengalaminya akibat gagal jantung dan pernapasan yang dapat terjadi dalam beberapa jam setelah disengat kalajengking. Kematian biasanya terjadi di saat sengatan kalajengking tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Pertolongan pertama setelah disengat kalajengking

Jika tersengat racun kalajengking, Anda harus segera datang ke dokter
Segera datang ke dokter jika tersengat racun kalajengking
Di saat Anda tersengat kalajengking, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan beberapa pertolongan pertama ini:
  • Cuci sengatan kalajengking dengan air bersih dan sabun
  • Taruhlah es batu ke bagian kulit yang tersengat untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakannya
  • Tetap tenang dan rileks
  • Hindari mengonsumsi obat penenang
  • Segera minta anggota keluarga atau orang di sekitar membawa Anda ke rumah sakit.
Jika anak-anak atau lansia disengat kalajengking, segera bawa mereka ke rumah sakit karena kedua golongan ini paling berisiko mengalami komplikasi.

Cara mencegah sengatan kalajengking

Kalajengking adalah jenis serangga yang cenderung menghindari adanya kontak dengan manusia. Jika Anda hidup di area yang banyak dihuni kalajengking, lakukan beberapa cara pencegahan di bawah ini.
  • Singkirkan tumpukan batu dan kayu

Kalajengking sangat suka berada di bawah tumpukan batu dan kayu. Untuk mencegah keberadaannya di sekitar rumah Anda, bersihkan tumpukan batu dan kayu yang ada.
  • Potong rumput

Saat rumput di sekitar rumah Anda terlalu tinggi, Anda akan kesulitan untuk melihat kalajengking yang mungkin mengumpat di dalam rerumputan itu. Maka dari itu, pangkas rumput secara rutin di sekitar rumah Anda.
  • Periksa alat berkebun

Jika ada alat dan pakaian berkebun, seperti sarung tangan, sepatu, hingga pakaian, yang sudah lama tidak dipakai, periksalah dulu sebelum menggunakannya. Kalau bisa, kibaskan pakaian berkebun itu terlebih dahulu karena bisa saja ada kalajengking yang bersembunyi di sana.
  • Hati-hati saat bepergian

Jika Anda dan keluarga sedang bepergian ke tempat yang banyak dihuni kalajengking, gunakan sepatu dan celana untuk menghindari sengatan kalajengking. Selain itu, kibaskan alat-alat pribadi Anda secara berkala untuk menghindari kalajengking yang mungkin bersembunyi di dalamnya.

Catatan dari SehatQ

Meskipun jarang menimbulkan efek fatal, racun kalajengking tidak boleh disepelekan karena berbagai macam komplikasinya dapat mengancam nyawa. Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk segera datang ke rumah sakit jika tersengat kalajengking.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitkeracunangigitan serangga
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scorpion-stings/symptoms-causes/syc-20353859
Diakses pada 22 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/scorpion-sting
Diakses pada 22 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/allergies/anaphylaxis
Diakses pada 22 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/scorpion-sting#what-to-do
Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait