Inilah Alasan Mengapa Ikan Hias Dapat Menghilangkan Stres


Alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres berkaitan dengan efek terapeutik yang dirasakan. Manfaat ikan hias dalam menghilangkan stres adalah menurunkan detak jantung, membantu tidur, hingga meredakan kecemasan.

(0)
17 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres adalah efek terapeutik yang dihasilkannyaIkan hias terbukti secara ilmiah dapat meredakan stres
Stres merupakan respons tubuh terhadap tantangan dan keinginan. Semua orang pasti pernah merasakan stres ketika segala sesuatu terjadi di luar harapannya atau karena tekanan yang tengah dihadapi.Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu meringankan atau bahkan mengatasi stres. Walaupun hewan peliharaan identik dengan kucing atau anjing, rupanya memelihara ikan hias juga memiliki efek terapeutik yang sama. Berikut ini alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

Mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres?

Tahukah Anda kalau emelihara ikan hias ternyata membawa manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan mental? Berikut aadalah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

1. Menenangkan perasaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Efek yang sama juga terjadi saat seseorang berada di taman atau kebun yang dihuni burung atau kupu-kupu.Dilansir dari BBC, dalam sebuah penelitian, hanya melihat akuarium yang berisi air dan batu karang saja sudah bisa menenangkan perasaan para peserta penelitian. Manfaat tersebut bertambah ketika akuarium diisi dengan ikan hias.Selain itu, semakin banyak jenis ikan hias yang berada di dalam akuarium atau kolam, maka semakin besar manfaatnya dalam menenangkan orang-orang yang melihatnya. Itulah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres.

2. Mengalihkan perhatian dari sumber stres

Sebuah penelitian tentang interaksi manusia dengan hewan menunjukkan bahwa keberadaan hewan peliharaan dapat bermanfaat untuk mengatasi stres. Salah satu alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres adalah ikan dapat menjadi pengalih perhatian Anda dari penyebab stres.Maka ketika Anda fokus menikmati keindahan ikan hias, pikiran Anda akan teralihkan dari sumber stres dan merasa lebih rileks.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Stres dapat membuat seseorang tidak bisa tidur. Kondisi tubuh yang kurang istirahat juga dapat memicu gangguan kesehatan fisik dan mental, termasuk stres.Memiliki akuarium yang berisi ikan hias di rumah dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran hingga ke tahap yang memungkinkan seseorang untuk tidur.Inilah alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres. Ikan hias juga dapat membantu membuat Anda tidur lebih mudah sehingga dengan cukup istirahat, stres dapat berkurang.

4. Menurunkan tekanan darah

Saat mengalami stres, tubuh akan menghasilkan hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah, mempercepat detak jantung, dan mempersempit pembuluh darah. Hal ini menyebabkan seseorang yang mengalami stres kerap merasakan tubuh dan pikirannya selalu dalam kondisi tegang.Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa melihat ikan hias di kolam, akuarium pribadi, ataupun akuarium taman hiburan, dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah serta detak jantung.Hanya dengan melihat akuariumnya saja bisa menurunkan detak jantung sebanyak 3 persen, sementara saat ikan dimasukkan ke dalam akuarium, detak jantung dapat diturunkan sebanyak 7 persen.

4. Simulasi visual dengan efek terapeutik

Simulasi visual dari ikan hias juga dapat memberikan efek terapeutik sehingga otak dapat teralihkan dari stres. Selain mengalihkan perhatian Anda dari penyebab stres, melihat ikan hias juga bisa meningkatkan fokus dan kreativitas.Itulah mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres. Ikan hias mampu menenangkan tubuh dan pikiran sehingga membebaskan Anda dari kecemasan yang menurunkan kemampuan otak.

Cara lain mengatasi stres

Selain dengan memandangi dan berinteraksi dengan ikan hias, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres.
  • Menjaga asupan makanan dan minuman sehat bernutrisi tinggi
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok dan kebiasaan buruk lainnya
  • Melakukan latihan pernapasan
  • Melakukan meditasi atau teknik relaksasi lainnya
  • Membuat target yang realistis
  • Mengurangi pemicu stres
  • Hidup dengan nilai-nilai yang Anda pegang.
Jika usaha Anda dalam mengatasi stres tidak membuahkan hasil, atau Anda merasa semakin resah dengan kondisi yang Anda alami, sebaiknya hubungi psikolog untuk berkonsultasi. Mereka akan membantu mengenali penyebab sekaligus membantu mengatasi stres yang Anda rasakan.Apabila Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar cara menghilangkan stres, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
streshewan peliharaan
BBC. https://www.bbc.com/news/science-environment-33716589
Diakses 4 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6663029/
Diakses 4 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/stress-and-high-blood-pressure/art-20044190#
Diakses 4 November 2020
Rate my Fish Tank. https://www.ratemyfishtank.com/blog/the-surprising-health-benefits-of-a-home-aquarium
Diakses 4 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait