Inilah Alasan Mengapa Anda Gampang Mengantuk saat Sakit

(0)
14 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gampang mengantuk saat sakit dapat dipicu oleh senyawa tubuh tertentuSeseorang cenderung mudah mengantuk saat sakit
Pernahkah Anda merasa gampang mengantuk saat sakit? Kondisi ini dapat membuat Anda menjadi lebih sering tidur di sepanjang hari. Apalagi jika disertai dengan perasaan lesu dan tidak enak badan yang kerap melanda saat sedang sakit. Lantas, mengapa tubuh gampang ngantuk saat sakit?

Penyebab gampang mengantuk saat sakit

Berikut adalah sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan Anda menjadi gampang mengantuk saat sakit.
  • Tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan penyakit

Saat sakit, tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan penyakit sehingga menyebabkan rasa lelah dan kurang energi. Sehingga, Anda menjadi lebih mudah mengantuk saat sakit agar mendapatkan energi kembali. 
  • Memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri

tidur memulihkan energi
Tidur meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit
Mengantuk merupakan sinyal bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri. Ketika tidur, terdapat proses tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit. Jadi, apabila Anda gampang ngantuk saat sakit, bisa jadi itu merupakan cara tubuh untuk memulihkan diri. Sebagian besar proses penyembuhan dan pemulihan pun terjadi pada fase tidur nyenyak atau disebut slow-wave sleep
  • Pelepasan senyawa tertentu dari tubuh

Menurut sebuah studi dari eLife, gampang mengantuk saat sakit dapat dipicu senyawa kimia FLP-13 yang dilepaskan tubuh. Senyawa tersebut menurunkan aktivitas sel sistem saraf yang berfungsi untuk membuat Anda terjaga.Ketika Anda sakit, tubuh pun melepaskan senyawa FLP-13. Senyawa kimia ini bekerja dengan reseptor protein yang disebut DMSR-1 untuk mendorong Anda tertidur. Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih gampang ngantuk saat sakit. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjutan mengenai pengaruh pelepasan senyawa FLP-13 terhadap tubuh..
  • Pengaruh obat yang dikonsumsi

obat tertentu dapat menimbulkan efek samping
Mengantuk dapat terjadi akibat efek samping obat tertentu
Obat-obatan yang kita konsumsi saat sedang sakit kadang dapat menyebabkan rasa kantuk yang tak tertahankan sebagai efek sampingnya. Salah satu contohnya adalah antihistaminAlhasil, Anda pun dapat merasa gampang mengantuk saat sakit setelah mengonsumsi obat tersebut.Anda tidak perlu khawatir jika merasa mudah mengantuk saat sakit. Beristirahatlah sebanyak yang dibutuhkan tubuh guna mempercepat pemulihan. Namun, pastikan untuk tetap makan dan minum secara teratur. Sementara itu, jika kondisi Anda tidak juga membaik atau semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter.

Manfaat tidur saat sakit

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat memberikan efek positif bagi tubuh yang sedang sakit. Apalagi gampang mengantuk saat sakit merupakan tanda bahwa tubuh butuh istirahat agar segera pulih. Beberapa manfaat tidur saat sakit meliputi:
  • Menambah energi untuk melawan mikroba yang menyebabkan sakit karena hanya sedikit energi yang dikeluarkan untuk beraktivitas.
  • Membantu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.
  • Meningkatkan kadar antioksidan asam alfa lipoat (ALA) yang dapat mempercepat pemulihan tubuh.
  • Meningkatkan respons kekebalan terhadap penyakit karena protein sitokin berperan penting dalam sistem kekebalan diproduksi dan dilepaskan selama tidur.
Atas dasar inilah, Anda disarankan untuk mendapatkan tidur yang cukup saat sakit. Sebaliknya, kurang tidur malah bisa membuat Anda lebih rentan sakit atau bahkan memperparahnya.Untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak saat sakit, cobalah mandi air hangat sebelum tidur supaya tubuh menjadi lebih rileks dan pastikan tempat tidur nyaman dan bersih.Selain itu, atur suhu kamar tetap sejuk dengan pencahayaan yang remang agar Anda bisa lebih mudah tidur nyenyak. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas supaya bisa segera pulih dari sakit.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
tidurmanfaat tidurmengantuk
Healthline. https://www.healthline.com/health/sleeping-when-sick#bottom-line
Diakses pada 30 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/drowsiness#causes
Diakses pada 30 April 2021
Sleep Advisor. https://www.sleepadvisor.org/tired-when-sick/
Diakses pada 30 April 2021
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/scientific-reason-you-feel-sleepy-when-youre-sick-408964
Diakses pada 30 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait