Dapatkan manfaat pole dance bagi kesehatan tubuh
Pole dance memberikan banyak manfaat bagi kebugaran tubuh, misalnya menguatkan otot

Dahulu pole dance memang diasosiasikan dengan tarian erotis di klub malam. Namun kini pole dance juga populer sebagai salah satu jenis olahraga, sehingga tak lagi dianggap tabu. 

Olahraga pole dance mengombinasikan latihan kardio dan latihan isometrik untuk kekuatan otot. Dengan demikian, melakukan pole dance sebagai bentuk olahraga akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu ketahanan kardiovaskular dan menguatkan otot. 

Manfaat pole dance yang bisa Anda dapatkan

Beberapa manfaat pole dance berikut ini mungkin membuat Anda tertarik untuk mencobanya:

   1. Menurunkan berat badan

Jika dikombinasikan dengan jenis olahraga kardio lainnya, latihan pole dance bisa membantu pembakaran lemak tubuh. Misalnya, zumba, renang, lari, sepeda, atau poundfit.

Dalam satu sesi latihan pole dance, Anda bisa membakar setidaknya 250 kalori.  Lakukan beberapa sesi latihan pole dance dalam seminggu atau kombinasikan dengan olahraga lain agar berat badan Anda cepat turun

   2. Menguatkan dan membentuk otot

Latihan pole dance berupa memanjat pole (tiang untuk menari), akan membuat Anda menahan berat seluruh tubuh dengan kekuatan otot tangan, tubuh bagian atas, dan perut. Otot paha pun dilatih untuk mencengkeram tiang guna menahan posisi tubuh. 

Jika Anda ingin membentuk otot lengan, dada, bahu, punggung atas, dan perut, pole dance bisa menjadi pilihan sebagai variasi latihan fisik selain angkat beban. 

   3. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Mampukah Anda membungkukkan tubuh hingga tangan menyentuh jari-jari kaki tanpa menekuk lutut? Jika tidak, ikut latihan pole dance mungkin bisa melatih kelenturan tubuh Anda. 

Pemanasan untuk latihan pole dance terdiri dari banyak gerakan peregangan guna mengurangi kekakuan otot dan sendi. Gerakan tariannya, seperti split dan backbend, akan meningkatkan fleksibilitas tubuh jika dilakukan secara konsisten. 

Memiliki tubuh, otot, serta sendi yang lentur akan bermanfaat dalam mengurangi risiko cedera sekaligus meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. 

   4. Menambah rasa percaya diri

Seperti halnya jenis olahraga lain, pole dance bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati serta menambah rasa percaya diri. Segala jenis olahraga membawa efek demikian karena aktivitas fisik ini membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon ini akan membuat kita merasa senang, nyaman, dan memiliki suasana hati (mood) yang positif. 

Mood positif dan kepercayaan diri yang meningkat akan membuat seseorang lebih sehat, tampak awet muda, dan lebih menarik. Terutama bagi perempuan, pole dance juga membuat mereka merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri serta lebih seksi. 

   5. Memperkuat batang tubuh

Melakukan gerakan dan pose pole dance membutuhkan batang tubuh yang kuat dan stabil. Jika Anda rutin berlatih, efeknya akan serupa dengan latihan sit up dan cruches, yang juga bertujuan memperkuat otot perut serta batang tubuh. 

   6. Sebagai alternatif olahraga kardio

Aktivitas kardiovaskular adalah elemen penting dari pole dance. Denyut jantung akan meningkat dan keringat akan banyak keluar saat Anda menari di sekitar tiang.

Semakin sering berlatih, ketahanan jantung Anda akan semakin meningkat. Tanpa terasa, Anda menjadi makin kuat untuk berlatih lebih lama dengan intensitas lebih tinggi.

Menari termasuk latihan kardio yang menyenangkan, sehingga mengurangi kecenderungan Anda untuk merasa bosan. Latihan satu jam tidak terasa lama bila jenis olahraganya seru dan menyenangkan, bukan?

   7. Menguatkan punggung

Gerakan pole dance akan membangun dan memperkuat otot punggung. Bila dikombinasikan dengan otot perut yang kuat, risiko cedera akibat aktivitas fisik sehari-hari akan berkurang.

Mengangkat belanjaan berat atau galon air minum pun menjadi kegiatan yang lebih mudah untuk dilakukan.

   8. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh

Melakukan pole dance membutuhkan kemampuan keseimbangan dan koordinasi anggota gerak yang amat baik. Anda harus bisa bergantung, mengendalikan putaran tubuh, jungkir balik, dan menahan tubuh pada pose tertentu.

Latihan pole dance yang rutin bisa membuat kemampuan Anda dalam menyeimbangkan gerak dan koordinasi gerak tubuh menjadi lebih baik. 

   9. Tidak terasa seperti latihan olahraga

Manfaat pole dance bagi mereka yang kurang suka berolahraga adalah aktivitas ini tidak terasa seperti sedang latihan olahraga. Dengan ini, berlatih latihan fisik pun menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan lebih mudah untuk diteruskan. 

Sesi latihan pole dance yang biasanya penuh keceriaan dan musik juga memberikan manfaat positif dari sisi psikologis, terutama sebagai pelepas stres

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba pole dance setelah mengetahui manfaat pole dance di atas?

Jika iya, pastikan Anda berlatih di bawah bimbingan instruktur profesional yang bersertifikat. Langkah ini akan membuat latihan Anda menjadi lebih aman sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal.

Medical Daily: https://www.medicaldaily.com/pole-dancing-fitness-weight-loss-and-other-health-benefits-pole-exercises-video-249163
Diakses pada 14 Oktober 2019

Health 24. https://www.health24.com/Fitness/FitnessGettingStarted/10-things-pole-dancing-can-do-for-you-20151019
Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed