Inilah 6 Manfaat Daun Cengkeh yang Tak Kalah dari Bunganya

Ada banyak manfaat daun cengkeh bagi kesehatan
Daun cengkeh dapat diolah menjadi minyak esensial

Sejak dahulu, cengkeh sering digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu sebagai bahan obat-obatan, penambah rasa dalam kanan dan minuman, hingga bahan baku rokok kretek dan kosmetik. Manfaat cengkeh tidak terbatas pada bunganya saja, daun cengkeh pun dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal.

Daun cengkeh adalah daun berwarna hijau dan berbentuk bulat dengan bagian ujung dan pangkalnya yang berbentuk runcing. Daun ini dapat Anda temukan dengan mudah pada beberapa daerah di Indonesia.

Manfaat daun cengkeh

Tidak kalah dengan bunganya, berikut adalah beberapa manfaat daun cengkeh bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mulut

Salah satu manfaat daun cengkeh yang paling populer adalah sebagai obat untuk meredakan sakit gigi dan berbagai masalah lain yang berhubungan dengan mulut.

Daun cengkeh mengandung eugenol, yakni unsur utama dalam daun ini yang memiliki antioksidan dan antiperadangan yang signifikan, serta bersifat analgesik sehingga dapat membantu meredakan rasa sakit akibat masalah gigi dan mulut.

Tidak hanya itu, aroma dan wangi dan cengkeh yang segar dapat membantu menangkal bau mulut dan membunuh bakteri penyebabnya.

2. Mencegah munculnya jerawat

Daun cengkeh dianggap bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Daun ini memiliki kandungan bakterisida dan antiperadangan yang bisa membantu memberantas bakteri penyebab jerawat.

Dengan demikian, daun cengkeh dapat membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran jerawat ke bagian wajah lainnya.

Selain jerawat, daun cengkeh juga mengandung sifat antijamur yang berguna dalam mengobati berbagai infeksi jamur kulit, seperti tinea pedis dan kurap.

3. Membantu mengobati sistem pencernaan

Daun cengkeh juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti gangguan pencernaan, perut kembung, asam lambung naik, kelebihan gas, dan kembung.

Kandungan dalam daun ini bermanfaat dalam sekresi asam klorida yang tepat waktu dan teratur dalam perut, serta menginduksi gerakan peristaltik lambung dan usus secara teratur.

Sehingga, makanan dapat dipecah dengan baik dalam tubuh sebelum diserap ke dalam aliran darah.

4. Menjaga kesehatan pernapasan

Daun cengkeh mengandung zat ekspektoran dan antiperadangan yang menghasilkan efek melegakan.

Dengan demikian, daun ini cocok digunakan bagi mereka yang mengalami masalah hidung atau saluran pernapasan yang tersumbat akibat batuk, pilek, flu, asma, sinusitis, dan masalah terkait pernapasan lainnya.

Daun cengkeh membantu menenangkan daerah yang terdampak sekaligus membasmi infeksi dan bakteri yang menyebabkan penyakit pernapasan. Daun ini juga dapat memberikan kelegaan dan kenyamanan dalam bernapas.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak yang dihasilkan dari daun cengkeh dipenuhi dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Arabian Journal of Chemistry menjelaskan bahwa kandungan dalam minyak daun cengkeh dapat membantu mencegah kerusakan sel dan sel yang berpotensi tumbuh menjadi kanker.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun ini juga mampu memperlambat penuaan, degenerasi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Sebagai penghilang rasa sakit

Daun cengkeh juga dianggap sebagai agen penghilang rasa sakit yang baik karena kandungan zat analgesik di dalamnya. Sehingga, daun ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi kaku yang diakibatkan rematik dan arthritis (radang sendi).

Selain itu, minyak daun cengkeh juga bermanfaat dalam meredakan sakit kepala yang terasa berdenyut-denyut dan menghilangkan ketidaknyamanan yang dihasilkan.

Hal itu dikarenakan minyak daun cengkeh tidak hanya mampu meredakan rasa sakitnya, tetapi juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan berusaha mengurangi tekanan pada kepala.

Itulah beberapa manfaat daun cengkeh yang tak kalah dari bunganya. Anda dapat menikmati manfaat ini melalui ekstrak atau minyak daun cengkeh yang bisa ditemui di berbagai toko daring di internet.

Ayurvedicoils. https://ayurvedicoils.com/tag/6-health-benefits-of-clove-leaf-oil
Diakses pada 1 Juli 2020

Biofinest. https://biofinest.com/en/blog/82_clove-leaf-essential-oil.html
Diakses pada 1 Juli 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3819475/
Diakses pada 1 Juli 2020

Artikel Terkait