Dapatkan manfaat tidur untuk kulit dengan tidur cukup selema 7-8 jam sehari.
Salah satu manfaat tidur untuk kecantikan Anda adalah tidur dapat membuat Anda terlihat lebih awet muda

Hingga saat ini, masih bayak orang yang tidak mengenali manfaat tidur untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Padahal, tidur yang cukup dipercaya dapat membantu Anda terlihat lebih awet muda hingga dapat membantu menghilangkan garis-garis halus di wajah.

Tidur yang cukup idelanya adalah 7-8 jam sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit Anda mulai dari mempercepat proses penuaan hingga membuat kulit kehilangan kilau naturalnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya agar berbagai manfaat tidur untuk kulit di bawah ini bisa Anda dapatkan.

1. Terlihat Awet Muda

Tidak banyak orang yang tahu dan menyadari bahwa manfaat tidur bagi kulit sangat luar biasa. Ketika Anda tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan sel atau jaringan.

Alhasil, tubuh akan membuat kolagen yang baru dan segar. Kolagen merupakan protein yang akan menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan awet muda. Sebaliknya saat Anda kurang tidur, kolagen dan asam hialuronat yang ada di kulit akan terpecah. Padahal, kedua komponen tersebutlah yang berperan penting agar kulit dapat berkilau, kenyal dan cerah.

2. Meningkatkan Efektivitas Produk Perawatan Kulit

Kabar baik bagi kaum hawa! Pasalnya, dengan menerapkan berbagai produk perawatan wajah sebelum tidur Anda akan meningkatkan efektivitas produk perawatan tersebut menjadi 2x lipat. Menurut para ahli kecantikan dan kulit, pada saat malam hari, produk krim atau lotion yang Anda gunakan akan diserap kulit lebih cepat.

3. Mengurangi Garis Halus dan Mata Panda (Lingkaran Hitam)

Selanjutnya, manfaat tidur bagi kulit yang sangat penting adalah dapat mengurangi kerutan, garis-garis halus, hingga lingkaran hitam di area mata.

Hal ini dipengaruhi oleh manfaat rehidrasi tubuh saat Anda tidur. Rehidrasi diakui peneliti sebagai proses senyawaan kembali untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit. Sehingga jika Anda tidur dengan waktu yang dianjurkan, maka bisa mengurangi efek penuaan dini pada kulit.

4. Mencegah Masalah Kulit

Memejamkan mata sepanjang malam dalam waktu yang cukup juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit yang umum. Sebut saja, eksim, kulit bersisik dan mengelupas, jerawat, hingga rosacea (kulit ruam/kemerahan).

Manfaat tidur bagi kulit yang tidak diduga ini banyak dikaitkan dengan kondisi tubuh dan pikiran yang lebih rileks dan santai. Ketika tidur, tubuh akan melepaskan semua hormon stres, sehingga proses penyembuhan akan semakin cepat.

5. Meningkatkan Kesehatan

Selama beraktivitas seharian, kulit Anda terpapar radikal bebas seperti debu, polusi hingga sinar UV matahari. Jaringan kulit yang rusak akan diperbaiki saat Anda tidur.

Tidur sepanjang malam 7-8 jam, memungkinkan aliran darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi hormon stres serta peradangan yang terjadi di tubuh. 

Hal tersebut dapat menyebabkan sistem imun menurun, sehingga dapat memicu timbulnya permasalahan kulit seperti jerawat, psoriasis, atau eksim. Karena itu, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga.

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/discomfort-15/better-sleep/sleep-skin-benefits
Diakses pada Oktober 2018

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/amazing-reasons-to-sleep-for-skin-health.aspx
Diakses pada 15 Maret 2019

Sleep. https://www.sleep.org/articles/the-real-benefits-of-beauty-sleep/
Diakses pada 15 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed