Manfaat Sunat Dewasa dan Prosedur Pelaksanaannya


Sunat dewasa merupakan prosedur pembedahan bagi pria yang belum menjalani khitan pada masa kanak-kanak. Prosedur sunat dapat mencegah infeksi menular seksual, mengatasi balanitis, hingga mencegah iritasi.

0,0
12 Dec 2019|Azelia Trifiana
Prosedur sunat dewasaSunat dewasa dapat membantu mencegah balanitis, peradangan pada kepala dan kulup penis
Pada dasarnya, baik anak-anak maupun dewasa, konsep sunat tetaplah sama, yaitu menghilangkan kulit penis bagian luar yang rentan menutupi kepala penis. Pada sunat dewasa, prosedurnya juga cukup sederhana dan perlu waktu pemulihan sekitar 10 hari.Ada banyak alasan seseorang memerlukan sunat saat sudah dewasa. Meski demikian, sunat pada pria dewasa adalah pilihan yang juga perlu dipertimbangkan matang-matang, baik dari manfaat, metode yang dipilih, persiapan, hingga cara merawatnya.[[artikel-terkait]]

Manfaat sunat dewasa bagi kesehatan

Pilihan untuk melakukan sunat dewasa – terlepas dari keyakinan agama seseorang – adalah hak sepenuhnya setiap individu. Biasanya, sunat saat sudah dewasa dilakukan untuk pertimbangan medis.Beberapa manfaat sunat bagi pria dewasa bagi kesehatan di antaranya:

1. Mengatasi balanitis

Salah satu kondisi yang rentan dialami pria belum sunat adalah balanitis. Pada penderitanya, bagian kepala dan kulup penis bisa mengalami peradangan. Hal ini terjadi karena kulit yang menutupi penis bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.Prosedur sunat dapat mengatasi hal ini sehingga tidak ada lagi risiko endapan substansi seperti sabun, minyak, keringat, urine, dan lainnya.

2. Mencegah risiko infeksi menular seksual

Menurut Center for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, seorang pria dewasa yang telah disunat memiliki risiko lebih rendah tertular penyakit infeksi menular seksual, seperti herpes dan human papillomavirus (HPV).Tak hanya itu, khitan saat dewasa juga dapat melindungi pria maupun pasangannya dari kemungkinan menderita sifilis. Meski demikian,  bukan berarti sunat bisa jadi perlindungan utama dari infeksi menular seksual.

3. Mencegah infeksi HIV

Seseorang yang telah melakukan prosedur sunat dewasa memiliki risiko lebih rendah terinfeksi HIV. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh sebuah tinjauan ilmiah pada tahun 2011.Meski begitu, melakukan seks secara aman tetap menjadi cara utama mencegah HIV.

4. Mencegah iritasi

Selain balanitis, salah satu kondisi yang juga terjadi akibat iritasi di kepala penis adalah fimosis. Penderitanya akan merasa penis seperti diikat, mengalami peradangan, hingga infeksi. Sunat adalah salah satu cara yang dapat mencegah terjadinya hal ini.

Persiapan sebelum melakukan sunat dewasa

Sebelum melakukan sunat, ada sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:
  • Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter seputar prosedur sirkumsisi, termasuk metode sunat yang sesuai untuk Anda
  • Ikuti petunjuk dokter mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan menjelang sunat, seperti berhubungan seksual, melakukan aktivitas fisik berat, dan mengonsumsi makanan-makanan tertentu
  • Istirahat yang cukup sehari sebelum tindakan sunat dilakukan
  • Mintalah orang dekat untuk mendampingi Anda ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tempat sunat dilakukan

Prosedur sunat dewasa

Prosedur sunat akan memakan waktu sekitar 10 menit hingga 1 jam tergantung kondisi Anda. Namun, secara umum, berikut prosedur khitan pada pria dewasa:
  • Sebelum prosedur sunat dimulai, dokter akan melakukan pembiusan melalui obat bius lokal, separuh badan, atau bius umum (total) yang membuat Anda tertidur.
  • Jika dokter dan pasien memutuskan untuk melakukan bius umum, seperangkat alat pernapasan akan dipasangkan ke mulut atau hidung Anda, dan kondisi Anda akan dipantau selama operasi.
  • Setelah bius dilakukan, penjepit atau cincin plastik khusus akan dilekatkan ke penis. Kemudian, dokter akan mengangkat kulit yang menutupi kepala penis, lalu memotongnya.
  • Terakhir, penis Anda akan diolesi dengan salep seperti petroleum jelly lalu dibungkus longgar dengan kain kasa. 
Selain dengan pembedahan biasa, sunat dewasa dapat dilakukan dengan metode sunat modern seperti sunat laser ataupun sunat klamp.Namun, umumnya metode sunat yang diterapkan pada orang dewasa adalah stapler. Metode ini menggunakan medium alat berbentuk seperti lonceng yang nantinya akan diposisikan pada kepala penis. Sunat dewasa dengan metode stapler memiliki kelebihan, yakni lebih minim perdarahan. Akan tetapi, metode ini memerlukan biaya yang lebih mahal ketimbang metode lainnya.

Perawatan setelah sunat dewasa

Setelah laki-laki dewasa disunat, wajar apabila timbul gejala seperti  penis  bengkak. Biasanya, dokter akan merekomendasikan memberi kompres es batu setiap 2 jam sekali, namun tidak mengenai penis secara langsung.Pastikan dalam beberapa hari setelah sunat, area sekitar penis harus benar-benar bersih untuk menghindari risiko terkena infeksi. Biasanya pada hari ke-2 atau ke-3, dokter akan meminta kontrol untuk mengganti perban.Biasanya, tahap penyembuhan luka sunat pada orang dewasa berlangsung selama 2-3 minggu. Meski demikian, tentu waktu pemulihan ini berbeda antara satu orang dan lainnya bergantung pada kondisi fisik mereka.Untuk kembali menjalani aktivitas fisik, amannya adalah menunggu hingga 1 bulan. Sementara untuk aktivitas seksual, perlu menunggu sedikit lebih lama sekitar 1,5 hingga 2 bulan. Konsultasikan kepada dokter agar tahu betul kapan kembali aman untuk beraktivitas seperti biasa.Agar cepat sembuh dan terhindar dari infeksi, berikut ini langkah perawatan setelah sunat dewasa di antaranya:
  • Beristirahat total dan tunggu pemulihan sempurna sebelum beraktivitas fisik/seksual
  • Gunakan celana dalam yang nyaman dan bisa menopang kepala penis dengan baik
  • Hindari celana dalam terlalu longgar karena penis menjadi terlalu banyak bergerak dan rentan bengkak
  • Saat perban sudah dibuka dan seusai mandi, hindari menggosok luka dengan handuk
  • Hindari menggunakan sabun dengan pewangi selama beberapa minggu pascasunat
Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan agar luka sunat cepat sembuh seperti sayur bayam, ikan salmon, buah beri, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C dan zinc yang berdasarkan penelitian, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Risiko melakukan sunat dewasa

Meski umumnya jarang terjadi, beberapa risiko sunat dewasa juga mungkin tak terhindarkan, seperti:
  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Reaksi terhadap obat bius (mual, muntah, sakit kepala)
  • Komplikasi luka

Catatan dari SehatQ

Hasil dari sunat dewasa sangat bergantung pada pertimbangan apa yang mendasari seseorang menjalani sunat. Apabila tujuannya untuk mencegah infeksi, sunat  adalah prosedur yang efektif. Tak perlu terlalu risau karena sunat pada bayi maupun sunat pada pria dewasa adalah prosedur sederhana yang minim risiko.Namun ingat, sunat atau tidak sunat, pria tetap harus menjaga kebersihan area penis agar organ intim ini terhindar dari berbagai macam penyakit penis yang bisa saja membahayakan.Tanya seputar sunat, mulai dari manfaat, risiko, hingga biayanya dengan dokter di aplikasi SehatQ. Ada fitur chat dokter, konsultasi medis semakin mudah dan cepat! Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kelamin laki-lakikulup penissunatkesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/adult-circumcision#takeaway
Diakses 6 Desember 2019
JAMA. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3684945/
Diakses 6 Desember 2019
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/circumcision-in-men/
Diakses 6 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/men/news/20040202/adult-circumcision-affects-sexual-performance#1
Diakses 6 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/sexual-conditions/guide/circumcision
Diakses pada 8 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait