Ini yang Harus Dilakukan Saat Pemulihan Setelah Sunat Dewasa

Setelah prosedur sunat dewasa dilakukan, wajar apabila seseorang akan merasakan penis seperti bengkak
Sunat dewasa dapat membantu mencegah balanitis, peradangan pada kepala dan kulup penis

Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, konsep sunat tetaplah sama: menghilangkan kulit penis bagian luar yang rentan menutupi kepala penis. Pada sunat dewasa, prosedurnya juga cukup sederhana dan perlu waktu pemulihan sekitar 10 hari.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memerlukan sunat saat sudah dewasa. Berbeda dengan sebagian besar pemeluk agama Islam yang mengharuskan sunat sebelum menginjak usia balig, sunat dewasa adalah pilihan yang juga perlu dipertimbangkan matang-matang.

Sejak dulu hingga kini, soal sunat ini masih menjadi perdebatan pada berbagai lapisan masyarakat. Ternyata ada pengaruh sunat dengan kesehatan.

Manfaat sunat dewasa bagi kesehatan

Pilihan untuk melakukan sunat dewasa – terlepas dari keyakinan agama seseorang – adalah hak sepenuhnya setiap individu. Biasanya, sunat dewasa dilakukan untuk pertimbangan medis.

Beberapa manfaat sunat dewasa bagi kesehatan di antaranya:

1. Mengatasi balanitis

Salah satu kondisi yang bisa dialami pria belum sunat adalah balanitis. Pada penderitanya, bagian kepala dan kulup penis bisa mengalami peradangan. Hal ini terjadi karena kulit yang menutupi penis bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Prosedur sunat dewasa dapat mengatasi hal ini sehingga tidak ada lagi risiko endapan substansi seperti sabun, minyak, keringat, urine, dan lainnya.

2. Mencegah risiko infeksi menular seksual

Menurut Center for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, seorang pria dewasa yang telah disunat memiliki risiko lebih rendah tertular penyakit infeksi menular seksual seperti herpes dan human papillomavirus (HPV).

Tak hanya itu, sunat dewasa juga dapat melindungi pria maupun pasangannya dari kemungkinan menderita sifilis. Meski demikian, sunat dewasa bukan berarti bisa jadi perlindungan utama dari infeksi menular seksual.

3. Mencegah terinfeksi HIV

Individu yang telah melakukan prosedur sunat dewasa memiliki risiko lebih rendah terinfeksi HIV. Kita tahu bahwa HIV rentan terjadi apabila seseorang melakukan aktivitas seksual yang tidak aman. Menurut WHO, risiko terinfeksi HIV bagi pria yang telah disunat lebih rendah 60%.

4. Mencegah iritasi

Selain balanitis, salah satu kondisi yang juga terjadi akibat iritasi di kepala penis adalah fimosis. Penderitanya akan merasa penis seperti diikat, mengalami peradangan, hingga infeksi. Sunat dewasa dapat mencegah terjadinya hal ini.

Perawatan setelah sunat dewasa

Setelah prosedur sunat dewasa dilakukan, wajar apabila seseorang akan merasakan penis seperti bengkak. Biasanya, dokter akan merekomendasikan memberi kompres es batu setiap 2 jam sekali, namun tidak mengenai penis secara langsung.

Pastikan dalam beberapa hari setelah sunat, area sekitar penis harus benar-benar bersih untuk menghindari risiko terkena infeksi. Biasanya pada hari ke-2 atau ke-3, dokter akan meminta kontrol untuk mengganti perban.

Biasanya, proses pemulihan setelah sunat dewasa berlangsung selama 2-3 minggu. Meski demikian, tentu waktu pemulihan ini berbeda antara satu orang dan lainnya bergantung pada kondisi fisik mereka.

Untuk kembali menjalani aktivitas fisik, amannya adalah menunggu hingga 1 bulan. Sementara untuk aktivitas seksual, perlu menunggu sedikit lebih lama sekitar 1,5 hingga 2 bulan. Konsultasikan kepada dokter agar tahu betul kapan kembali aman untuk beraktivitas seperti biasa.

Beberapa langkah perawatan setelah sunat dewasa di antaranya:

  • Beristirahat total dan tunggu pemulihan sempurna sebelum beraktivitas fisik/seksual
  • Gunakan celana dalam yang nyaman dan bisa menopang kepala penis dengan baik
  • Hindari celana dalam terlalu longgar karena penis menjadi terlalu banyak bergerak dan rentan bengkak
  • Saat perban sudah dibuka dan seusai mandi, hindari menggesek luka dengan handuk
  • Hindari menggunakan sabun dengan pewangi selama beberapa minggu pascasunat

Tak kalah penting, tentu setiap prosedur medis memiliki risiko, termasuk sunat dewasa. Beberapa risiko sunat dewasa di antaranya:

  • Pendarahan
  • Infeksi
  • Reaksi terhadap anestesi (mual, muntah, sakit kepala)
  • Komplikasi luka

Hasil dari sunat dewasa sangat bergantung pada pertimbangan apa yang mendasari seseorang menjalani sunat. Apabila tujuannya untuk mencegah infeksi, sunat dewasa adalah prosedur yang efektif. Tak perlu terlalu risau karena sunat pada bayi maupun sunat dewasa adalah prosedur sederhana yang minim risiko.

Namun ingat, sunat atau tidak sunat, pria harus menjaga kebersihan area penis. Baik orang yang sudah sunat maupun tidak, sama-sama harus membersihkan penis secara menyeluruh. 

Healthline. https://www.healthline.com/health/adult-circumcision#takeaway
Diakses 6 Desember 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/circumcision-in-men/
Diakses 6 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/men/news/20040202/adult-circumcision-affects-sexual-performance#1
Diakses 6 Desember 2019

Artikel Terkait