Tak hanya bentuk wajah, USG 3 dimensi juga dapat mendeteksi dini jika terdapat masalah pada perkembangan janin
Hasil USG 3 dimensi akan menunjukkan bentuk janin yang lebih jelas terlihat

Sangat wajar ketika calon orangtua baru merasa sangat antusias melihat hasil USG, terlebih USG 3 dimensi yang memperlihatkan janin dengan lebih jelas. Berbeda dengan USG 2 dimensi, USG 3 dimensi menunjukkan lebih jelas bentuk janin dalam kandungan.

Terlepas dari kontroversi perlu tidaknya dilakukan USG 3 dimensi, banyak yang menganggapnya penting untuk mendiagnosis dini jika ada kondisi abnormal seperti sumbing atau pada organ dalam janin.

Kapan USG 3 dimensi bisa dilakukan?

Waktu paling tepat untuk melakukan USG 3 dimensi adalah ketika usia kehamilan berada di antara 27 hingga 32 minggu. Sebelum 27 minggu, janin hanya memiliki sedikit lemak di bawah kulitnya sehingga tulang di bagian wajah akan lebih dominan.

Sementara setelah 32 minggu, ada kemungkinan kepala janin berada di bagian bawah panggul menuju jalan lahir. Bisa-bisa, tidak terlihat dalam proses perekaman USG 3 dimensi.

Meski demikian, konsultasikanlah pada dokter kandungan kapan waktu terbaik untuk melakukan USG 3 dimensi. Dokter kandungan akan mempertimbangkan seluruh aspek seperti kondisi kehamilan dan juga rekam medis selama ini.

Ada juga kemungkinan Anda tak bisa melihat wajah bayi dengan jelas karena posisinya. Atau apabila ada terlalu banyak air ketuban di sekitar janin, gambarannya juga menjadi tidak terlalu jelas. Antisipasi hal ini agar tidak merasa terlalu kecewa.

Manfaat USG 3 dimensi

Sama seperti USG 2 dimensi, USG 3 dimensi menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi dan peranti lunak (software) khusus untuk menangkap gambar. Hasilnya, akan terlihat jaringan, organ, dan juga anatomi dari janin. Gambar dari USG 3 dimensi jauh lebih jelas ketimbang USG 2 dimensi.

Prosedur melakukannya pun sama. Dokter kandungan akan mengoleskan gel di perut calon ibu dan menggerakkan transducer ke beberapa arah. Dari sini, gelombang suara akan mengarah ke janin dalam kandungan dan memperlihatkan gambar pada monitor.

Beberapa manfaat USG 3 dimensi di antaranya:

  • Mendeteksi sejak dini apabila ada masalah pada janin
  • Anatomi janin terlihat lebih jelas
  • Teknologi yang membuat calon orangtua bisa melihat janin lebih jelas

Meskipun USG 3 dimensi menawarkan kelebihan yang tidak bisa dipenuhi oleh USG 2 dimensi atau USG biasa, bukan berarti hal ini adalah kewajiban. USG 2 dimensi pun masih efektif mendeteksi potensi masalah dan memastikan janin berkembang sebagaimana mestinya.

Jika ingin melakukan USG 3 dimensi pun, sebaiknya dilakukan satu kali selama periode kehamilan. Apabila dilakukan berulang kali, dikhawatirkan akan melewati batas aman janin terpapar gelombang ultrasound.

Popularitas USG 3 dimensi

Kini popularitas USG 3 dimensi bahkan 4 dimensi semakin meningkat. Permintaan semakin banyak, namun tetap penting mengingat agar hanya melakukan USG 3 dimensi dengan profesional, yaitu dokter kandungan.

Memang tidak ada efek samping atau masalah langsung dari melakukan USG, meski demikian hal ini dapat membuat jaringan terlalu panas atau menimbulkan kavitasi atau gelembung gas. Namun, hal-hal ini jarang sekali terjadi.

Hingga kini, penelitian masih terus berkembang untuk mencari tahu dampak jangka panjang dari frekuensi melakukan USG yang terlalu sering.

Untuk itu, USG 3 dimensi atau USG jenis apapun sebaiknya hanya dilakukan apabila ada kebutuhan medis. Ketika dokter kandungan menyarankan dilakukannya USG 3 dimensi, maka boleh melakukannya.

Tak kalah penting, hanya operator terlatih saja yang boleh terlibat dalam seluruh prosedur USG. Dokter kandungan akan mendampingi prosedur sembari melihat kondisi janin berdasarkan anatomi yang terlihat di monitor.

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x557299/what-are-3d-and-4d-ultrasound-scans
Diakses 25 Desember 2019

Parents. https://www.parents.com/pregnancy/stages/will-i-need-a-3d-ultrasound/
Diakses 25 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/baby/3d-4d-ultrasound
Diakses 25 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed