Ini Tips Memilih Tisu Basah Bayi yang Aman dan Tepat

(0)
17 Mar 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kemasan tisu bayi dengan tutup flip juga umum digunakanProduk tisu basah bayi tersedia dengan kemasan yang memiliki tutup flip
Perlengkapan bayi mungkin tak komplet tanpa tisu basah bayi. Pasalnya, produk ini praktis untuk digunakan dan cenderung murah.Namun banyaknya produk tisu basah bayi dengan merek yang berbeda-beda, mungkin bisa membuat para ibu bingung. Pilih tisu dengan pewangi atau netral? Lebih bagus tisu yang lebih tipis atau tebal?Agar tak pusing, Anda bisa menyimak tips memilih tisu basah bayi yang tepat di bawah ini agar aman untuk Si Kecil.

Berbagai tipe tisu basah bayi

Tisu basah untuk bayi bisa dibilang sebagai penyelamat para orang tua. Tak hanya berguna untuk mengelap kotoran bayi, produk ini juga membersihkan permukaan sekaligus wajah Anda di saat-saat darurat.Ada berbagai tipe tisu basah bayi yang tersedia di pasaran. Semuanya punya kelebihan masing-masing.Anda bisa memilih tipe-tipe tisu basah bayi yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan buah hati Anda. Apa sajakah jenis-jenis tersebut?
  • Tipe kontainer

Ini adalah jenis tisu basah bayi yang paling umum, dengan bentuk kotak dan penutup flip di bagian atasnya. Bila sudah habis, jenis tisu basah ini juga tersedia dalam bentuk refill yang bisa langsung diisi ke dalam wadahnya.
  • Tipe travel wipes

Tisu basah bayi yang khusus dibawa bepergian biasanya tersedia dalam dua bentuk kemasan praktis.Pertama, dalam bentuk kotak plastik kaku yang bisa dibuka dengan mudah. Kedua, dalam bentuk plastik dengan penutup ala stiker. Sayangnya, penutup ala stiker ini sering sulit untuk ditutup erat kembali.
  • Tipe ekstra tebal

Jika Anda ingin meminimalkan kontak dengan kotoran bayi, tipe ini mungkin lebih cocok untuk Anda.
  • Tipe khusus kulit sensitif

Untuk bayi dengan masalah ruam popok, Anda bisa memilih tisu basah bayi khusus kulit sensitif. Taipi harganya cenderung lebih mahal dibanding tipe lainnya.
  • Tipe dengan pewangi

Tisu basah bayi yang dilengkapi pewangi juga menjadi pilihan bagi sebagian ibu. Tapi berhati-hatilah karena produk tisu ini mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit Si Kecil.

Tips memilih tisu basah bayi

Sebelum membeli tisu basah untuk buah hati, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal di bawah ini supaya tak salah pilih:
  • Lihat kandungan bahannya

Apakah ada bahan-bahan tertentu yang cenderung mudah mengiritasi kulit anak Anda? Jika ya, pastikan tisu basah bayi yang akan Anda beli tidak mengandung bahan-bahan tersebut.Supaya lebih aman, Anda bisa memilih tisu basah bayi organik atau yang berlabel ‘natural’.
  • Hindari langsung membeli dalam jumlah banyak

Jangan tergoda diskon dengan membeli tisu basah sekaligus banyak, apalagi jika bayi Anda belum lahir. Kalau ternyata Si Kecil punya masalah kulit sensitif, tentu sayang sekali jika tisu-tisu ini akhirnya tidak digunakan.Anda juga disarankan agar tidak membeli satu merek sekaligus dalam jumlah banyak. Belilah dalam jumlah sedikir terlebih dulu untuk melihat apakah produk tersebut memang cocok untuk kulit bayi.

Cara aman menggunakan tisu basah bayi

Jangan sampai peran tisu basah bayi sebagai penyelamat berubah jadi malapetaka. Karena itu, catat hal-hal ini sebelum menggunakannya:
  • Jangan gunakan pada kulit yang sedang ruam atau luka

Tisu basah bayi tidak boleh digunakan pada kulit yang sedang mengalami ruam atau luka. Pasalnya, tisu ini bisa membuat kulit makin iritasi.
  • Kulit harus kering setelahnya

Pastikan kulit anak benar-benar kering setelah menggunakan tisu basah. Anda bisa menyeka sisa-sisa cairan dari tisu basah bayi dengan kain berbahan lembut.
  • Jaga bagian penutup

Rapatkan bagian penutup pada tisu dengan benar agar tisu tidak cepat kering dan terhindar dari paparan kuman.
  • Buang tisu basah setelah digunakan

Segera buang tisu basah setelah dipakai. Langkah ini bertujuan mencegah kontaminasi silang atau perpindahan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.
  • Periksa ada tidaknya ruam

Jika kulit bayi tampak mengalami ruam setelah penggunaan tisu basah bayi tertentu, segera hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.Ruam pada bayi umumnya mudah ditangani dan tidak berbahaya. Namun tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan berkonsultasi ke dokter anak.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa

Perhatikan tanggal kedaluwarsa pada produk tisu basah bayi yang Anda beli. Umumnya, merek yang mengandung losion atau minyak tambahan bisa bertahan sekitar tiga bulan setelah dibuka.Sementara tisu basah yang mengandung banyak air atau minim bahan tambahan, dapat bertahan lebih lama lagi. Tapi untuk lebih amannya, selalu cek tanggal kedaluwarsa pada kemasan tisu.Bagaimana, Anda sudah tak bingung harus memilih tisu basah bayi yang mana, bukan? Ada banyak tisu basah untuk bayi dengan beragam tipe, yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bayi maupun orang tua.Jika Si Kecil mengalami ruam kulit setelah menggunakan tisu basah bayi, jangan khawatir. Mungkin buah hati bisa mencoba merek lainnya sampai benar-benar menemukan yang lebih cocok.Namun segera periksakan anak Anda ke dokter jika ruamnya disertai dengan demam, tak kunjung sembuh, membuatnya rewel dan kesakitan, serta menyebar ke area lainnya. Penanganan yang tepat diperlukan agar buah hati kembali nyaman.
ruam popokruam kulitperlengkapan bayi
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-choose-the-best-baby-wipes-293830
Diakses pada 17 Maret 2020
Mom Loves Best. https://momlovesbest.com/diapering/baby-wipes
Diakses pada 17 Maret 2020
U.S. Food & Drug Administration. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-products/disposable-wipes
Diakses pada 17 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait