Ini Sejarah Sepak Bola Hingga Bisa Jadi Olahraga Terpopuler Sedunia


Sejarah sepak bola sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu, sedangkan sejarah sepak bola modern dimulai di Inggris pada abad ke-18. Di Indonesia, organisasi sepak bola modern berdiri pada tahun 1930.

(0)
24 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sejarah sepak bola dunia dan Indonesia berkembang pesat dari masa ke masaSejarah sepak bola dunia sudah dimulai sejak zaman bangsa Aztec
Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masingnya berisi 11 pemain dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dalam waktu 2x45 menit. Sebelum menjadi versi modernnya seperti sekarang, sejarah sepak bola sudah berjalan sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.Versi sepak bola modern yang kita kenal saat ini, tidaklah sama dengan sepak bola yang dimainkan di masa awal kemunculannya. Olahraga ini sudah mulai terekam jejaknya sejak zaman Tiongkok kuno dan terus berkembang hingga akhirnya pada abad ke-18 tercetus pola permainan sepak bola modern di Inggris.

Sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola dunia sangatlah panjang. Karena itu, saat membicarakan soal asal usul olahraga ini, orang-orang biasanya membaginya menjadi dua era, yaitu sepak bola kuno dan sepak bola modern.

1. Sejarah sepak bola kuno

Catatan tertua mengenai permainan yang melibatkan penggunaan bola yang terbuat dari batu datang dari Aztec, sekitar 3.000 tahun yang lalu. Permainan tersebut dinamakan Tchatali.Pada masa itu, permainan tersebut dimainkan untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah sebagai ritual dan bola yang dimainkan merupakan simbol matahari. Tim yang kalah, akan dikorbankan kepada dewa-dewa.Permainan yang melibatkan penggunaan bola yang ditendang juga tercatat ada di dinasti Han, Tiongkok, kurang lebih pada tahun 1122 – 247 sebelum Masehi. Pada masa itu, olahraga ini disebut sebagai Tsu Chiu. Tsu berarti kaki dan Chiu artinya adalah bola yang terbuat dari kulit dan di dalamnya diisi oleh rumput.Permainan Tsu Chiu ini dimainkan oleh dua regu yang masing-masingnya berisi 10 orang. Polanya mirip dengan sepak bola, karena pemain akan memasukkan bola ke jaring yang dipasang di antara dua tiang, sebagai salah satu kegiatan hiburan saat ulang tahun raja.Selain dari suku Aztec dan masyarakat Tiongkok kuno, sejarah sepak bola juga tercatat di berbagai negara lain, mulai dari Italia, Prancis, bahkan Romawi, dan Yunani kuno.

2. Sejarah sepak bola modern

Dalam sejarah sepak bola kuno, permainan tersebut dilakukan tanpa aturan yang tetap atau pasti dan belum ada organisasi yang membawahi peraturan dari olahraga yang dimainkan.Sejarah sepak bola modern dimulai pada abad ke-18 di Inggris saat badan bernama English Football Association didirikan. Organisasi sepak bola pertama tersebut berdiri pada 26 Oktober 1863. Lalu pada 8 Desember 1863, lahirlah peraturan sepak bola modern pertama yang dalam perkembangannya, akan mengalami banyak perubahan ataupun revisi hingga bisa menjadi peraturan sepak bola yang kita kenal sekarang.Sementara itu, salah satu jejak penting dalam sejarah sepak bola dunia dimulai pada 21 Mei 1904 saat Prancis memiliki inisiatif untuk membuat federasi sepak bola internasional bernama Federation International de Football Assosiation (FIFA).Dua puluh enam tahun setelah FIFA berdiri, tepatnya pada tahun 1930, atas gagasan dari Julius Rimet, piala dunia pertama kali diadakan di Montevideo, Uruguay.

Sejarah sepak bola Indonesia

Dalam sejarah sepak bola modern Indonesia, permainan ini diduga dibawa oleh Belanda pada zaman penjajahan. Organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Nederland Indische Voetbalbond (NIVB).Meski begitu, sepak bola pada masa itu baru dimainkan di pula Jawa oleh orang-orang Belanda dan masyarakat terpelajar yang memiliki akses. Barulah pada medio 1920 atau 1930-an, seiring dengan meningkatnya semangat kebangsaan, mulai berdiri asosiasi sepak bola di beberapa daerah, seperti Solo (PERSIS), Mataratam alias Yogyakarta (PSIM), Surabaya (PERSEBAYA), Jakarta (PERSIJA), dan Bandung (PERSIB). Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) sendiri berdiri pada 19 Apri 1930 dan menaungi beberapa organisasi sepak bola daerah, sebagai tindak lanjut dari Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928.Setelah berdirinya PSSI, kompetisi tahunan mulai berjalan mulai dari tahun 1931 hingga 1941. Kompetisi berhenti dari tahun 1942 hingga 1950 saat Jepang mulai masuk menjajah Indonesia hingga masa awal kemerdekaan. Baru pada tahun 1951 PSSI kembali berjalan. Kini, PSSI merupakan organisasi induk sepak bola Indonesia yang menaungi tim nasional yang akan bertanding di berbagai kejuaraan baik itu tingkat Asia maupun dunia, sekaligus organisasi yang mengatur kompetisi nasional antarklub dari berbagai daerah.

Manfaat sepak bola untuk kesehatan

Sejarah panjang sepak bola di dunia maupun di Indonesia telah berhasil membawa permainan ini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Banyak orang memainkannya setiap hari, baik itu secara profesional, amatir, maupun sekadar sebagai kegiatan pelepas penat.Sadar tidak sadar, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sepak bola. Selain dapat membantu tubuh bergerak, olahraga ini juga akan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.Berikut ini manfaat sepak bola untuk kesehatan yang bisa didapatkan.
  • Dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga organ pernapasan tersebut lebih sehat
  • Baik untuk jantung
  • Menurunkan kadar lemak berlebih di tubuh dan meningkatkan massa otot
  • Meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stamina
  • Menguatkan tulang dan otot
  • Membantu mengajarkan koordinasi, kerjasama, konsenterasi, kesabaran, dan pembuatan keputusan (pada anak)
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan meredakan gangguan kecemasan
Setelah mengenal sejarah singkat sepak bola di dunia maupun di Indonesia, Anda dapat memahami seluk beluk olahraga ini lebih jauh. Daya tarik olahraga ini tak hanya ada pada strategi permainannya yang apik, tapi juga sejarah di belakangnya.
olahragatips olahragamanfaat sepak bolasepak bola
Priyanto, Aris. 2018. Tim Kesebelasan Sepak Bola. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Football History. https://www.footballhistory.org/
Diakses pada 13 April 2021
Emral. 2009. Bahan Ajar Sepak Bola Dasar. Diakses melalui: http://repository.unp.ac.id/16034/1/EMRAL-SEPAKBOLA.pdf
pada 13 April 2021
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/soccer-health-benefits
Diakses pada 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait