Ini Rahasia Selai Kacang untuk Diet Turunkan Berat Badan

Selai kacang untuk diet dapat menimbulkan sensasi kenyang lebih lama berkat kandungan lemak sehat dan proteinnya
Pilih selai kacang untuk diet yang tidak mengandung tambahan gula, garam, ataupun minyak

Selai apa yang jadi favorit Anda menemani roti? Jika jawabannya adalah selai kacang, kabar baiknya Anda juga bisa menjadikannya sebagai teman diet untuk menurunkan berat badan. Meskipun tinggi lemak, namun semuanya adalah lemak sehat dan penuh nutrisi. Tapi ingat, yang memenuhi persyaratan adalah selai kacang natural dan organik tanpa bahan tambahan lainnya.

Awalnya, masih banyak kontroversi apakah benar selai kacang bisa menurunkan berat badan? Dalam satu sendok makan selai kacang saja terdapat sekitar 100 kalori.

Nyatanya, banyak penelitian yang menegaskan bahwa selai kacang untuk diet bisa menjaga kestabilan berat badan, bahkan dalam jangka panjang.

Penelitian selai kacang untuk diet

Pada tahun 2010 lalu ditemukan hasil penelitian bahwa kacang dapat menjaga respons glikemik dalam tubuh atau perubahan kadar gula darah setelah makan menjadi lebih terjaga.

Selain itu, kacang juga mengandung serat yang dibutuhkan seseorang sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Harvard School of Public Health meneliti lebih lanjut bahwa konsumsi selai kacang secara rutin – setidaknya dua kali seminggu – dapat mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan hingga 8 tahun ke depan.

Sejak itu, diet selai kacang menjadi populer terutama apabila seseorang perlu menurunkan berat badan mereka dalam waktu singkat. Ada istilah three-day peanut butter diet yang fokus menghindari konsumsi kalori dan karbohidrat terlalu banyak.

Kandungan nutrisi selai kacang

Selai kacang dikenal sebagai sumber lemak sehat yang juga mengandung protein. Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, potasium, asam lemak omega 6, dan magnesium.

Menurut Department of Agriculture Amerika Serikat, 2 sendok makan selai kacang mengandung nutrisi sebanyak:

  • 191 kalori
  • 7 gram protein
  • 5 gram lemak
  • 7 gram karbohidrat

Dalam sehari, idealnya konsumsi selai kacang dibatasi sebanyak 2 sendok makan. Sebaiknya, pilih selai kacang yang tidak mengandung tambahan gula, garam, ataupun minyak. Pilihlah selai kacang yang mengandung satu komposisi utama: kacang.

Selai kacang untuk diet

Pada tahun 2001 lalu, ada program Peanut Butter Diet yang membuat partisipannya dapat mengurangi berat badan hingga 12 kilogram. Berapa lama durasi diet ini tidak diketahui secara pasti.

Mereka yang menjalani program ini mengonsumsi 2.200 kalori per hari dengan 6 sendok makan selai kacang untuk pria. Sementara bagi perempuan, ditargetkan konsumsi 1.500 kalori termasuk 4 sendok makan selai kacang.

Selain selai kacang, partisipan program juga mengonsumsi sayur, buah, dan beberapa olahan gandum utuh. Protein yang dikonsumsi adalah telur, ikan, dan olahan unggas.

Hasilnya, partisipan bisa menurunkan berat badan hingga lebih dari 10 kilogram. Namun tentu saja ini berlaku sementara karena yang hilang adalah water weight, bukan lemak. Artinya, ketika partisipan tidak lagi mengikuti program selai kacang untuk diet, berat badan bisa kembali bertambah.

Manfaat selai kacang untuk tubuh

Dari penelitian di atas, bukan tanpa alasan selai kacang kerap dipilih sebagai alternatif bagi yang ingin menurunkan berat badan terutama dalam waktu singkat. Beberapa manfaat selai kacang untuk tubuh lainnya adalah:

1. Kenyang lebih lama

Musuh utama mereka yang sedang menjalani diet adalah keinginan untuk makan camilan di sela-sela waktu makan. Banyak camilan sehat direkomendasikan bagi orang yang berdiet, namun mudah terasa lapar tidak lama kemudian.

Selai kacang dapat menimbulkan sensasi kenyang lebih lama berkat kandungan lemak sehat dan proteinnya. Rasa kenyang ini membuat seseorang tidak mudah tergoda camilan sehingga menurunkan berat badan lebih mungkin terwujud.

2. Respons glikemik lebih baik

Beberapa makanan terutama yang melalui proses pengolahan terlalu banyak cenderung mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Ketika kadar gula darah tak stabil, risikonya adalah obesitas dan diabetes.

Namun selai kacang – meskipun rasanya manis – mengandung indeks glikemik yang rendah. Artinya, mengonsumsi selai kacang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

3. Menurunkan berat badan

Tentunya manfaat selai kacang untuk diet ini hanya akan efektif apabila tidak mengandung tambahan gula, garam, dan bahan pengawet buatan. Pilih selai kacang organik yang kaya akan protein, lemak sehat, dan juga serat. Selain berat badan turun, sistem pencernaan juga bisa lebih lancar.

4. Memulihkan energi

Ketika Anda merasa kelelahan setelah berolahraga intensitas tinggi, mengonsumsi selai kacang bisa membantu memulihkan energi berkat kandungan proteinnya.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Konsumsi selai kacang dan jenis kacang-kacangan lainnya dapat menekan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit yang menyerang pernapasan.

Memilih selai kacang untuk diet menurunkan berat badan adalah pilihan yang tepat. Tapi tentu saja, bukan berarti mengonsumsi selai kacang saja bisa membantu timbangan bergeser ke kiri.

Anda tetap harus melakukan hal lain bersamaan dengan konsumsi selai kacang. Seperti mengurangi asupan kalori, makan secara mindful, dan juga berolahraga. Pastikan pula, bakar lebih banyak kalori yang dikonsumsi ketimbang menyimpannya dalam tubuh.

Diet. https://www.diet.com/info/facts/peanut-butter-diet
Diakses 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/peanut-butter-weight-loss#summary
Diakses 22 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/peanut-butter-for-weight-loss#bottom-line
Diakses 22 November 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/468046-three-day-peanut-butter-diet/
Diakses 22 November 2019

Verywell Fit. https://www.livestrong.com/article/468046-three-day-peanut-butter-diet/
Diakses 22 November 2019

Artikel Terkait