Ada beberapa pilihan cara mengatasi rambut rontok berlebihan
Rambut rontok berlebihan dapat diidenfikasi dari rambut yang menyangkut di sisir

Rambut rontok berlebih dapat disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari kondisi kesehatan hingga kurangnya nutrisi yang dibutuhkan rambut. Agar kondisi ini tidak terus-menerus membuat Anda khawatir, ketahui berbagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami

Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Konsumsi lebih banyak protein

Mengonsumsi protein dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan. Pasalnya, tubuh membutuhkan rambut untuk mengganti rambut yang rontok.

Kebutuhan protein ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi beberapa makanan sumber protein, misalnya polong-polongan, ikan, kacang-kacangan, telur, dan daging tanpa lemak.

2. Konsumsi lebih banyak zat besi

Selain protein, zat besi juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegaj kerontokan berlebihan.

Beberapa makanan sumber zat besi yang baik untuk rambut Anda adalah polong-polongan, tiram, kerang, bayam, daging sapi tanpa lemak, dan kacang-kacangan putih.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang tidak makan daging akan membutuhkan zat besi 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan daging. Pasalnya, tubuh tidak mampu menyerap sumber-sumber zat besi yang bukan hewani secara efektif.

3. Minyak biji labu

Sebuah studi mengungkapkan bahwa seorang pria yang mengonsumsi minyak biji labu secara teratur selama enam bulan menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut hingga 40 persen.

Minyak biji labu dipercaya mampu mengatasi rambut rontok dan membantunya tumbuh kembali karena kemampuannya menghalangi hormon testosteron berubah menjadi dihidrotestosteron (DHT), yaitu hormon yang erat kaitannya dengan kerontokan rambut.

Selain minyak biji labu, bahan alami lain seperti minyak rosemary, minyak keranyam, minyak kelapa, ginseng, lemon, dan lidah buaya juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rambut rontok berlebihan.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara medis

Tak hanya dengan cara yang alami, mengatasi rambut rontok juga bisa Anda lakukan dengan jalur medis. Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara medis yang perlu Anda ketahui.

1. Minoxidil

Obat oles minoxidil termasuk paling ampuh dalam mengatasi rambut rontok pada bagian tengah kepala. Meski demikian, obat yang hanya bisa didapat dengan resep dokter ini kurang memberikan hasil yang memuaskan pada bagian depan kulit kepala.

Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan obat ini karena penggunaan yang tidak sengaja pada bagian kulit wajah atau leher dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di area tersebut.

2. Transplantasi rambut

Metode transplantasi rambut telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, cara ini dapat memberikan hasil yang jauh lebih menarik dan tampak alami daripada metode lama yang terkadang meninggalkan kesan seperti rambut tempel.

Cara transplantasi ini adalah dengan mengambil rambut dari bagian belakang kepala dan meletakkannya di dekat bagian depan. Selain itu, ada terobosan baru di mana dokter akan melakukan transplantasi satu atau dua folikel rambut. Teknik ini dikenal dengan nama micrografts.

Setelah transplantasi rambut, banyak orang yang juga mengonsumsi Propecia secara teratur untuk mempertahankan hasil yang baik. Metode transplantasi rambut dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang bisa Anda lakukan. Jika Anda ingin cara alami, maka Anda harus telaten dan sabar menunggu hasilnya. Sedangkan jika Anda memilih jalur medis, pastikan Anda mengonsultasikannya dengan rinci kepada dokter Anda.

Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324971#eating-more-protein
Diakses 24 April

Webmd
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/ss/slideshow-alternative-treatments-for-hair-loss
Diakses 25 April

Medicinet
https://www.medicinenet.com/hair_loss/article.htm
Diakses 24 April

Artikel Terkait