Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea

Perbedaan matcha dan green tea terletak pada tekstur, warna, cara budidaya, dan kandungannya
Matcha memiliki bentuk halus seperti bedak tabur

Jika Anda pernah bertanya tentang perbedaan matcha dan green tea, Anda tidak sendiri. Sepintas, Anda mungkin mengira keduanya sama-sama teh hijau, hanya beda nama saja. Padahal, matcha dan green tea adalah dua bahan makanan yang sangat berbeda dalam banyak hal.

Matcha dan green tea adalah minuman yang populer karena manfaatnya bagi kesehatan, misalnya menurunkan berat badan serta menyehatkan jantung. Namun, matcha digadang-gadang memiliki derajat yang lebih tinggi dari green tea sehingga harga jualnya juga cenderung lebih mahal.

Mengenal perbedaan matcha dan green tea

Matcha dan green tea sama-sama dipanen dari tumbuhan asal Tiongkok yang bernama Camellia sinensis. Namun, perbedaan cara budidaya, bagian yang dipanen, hingga cara penyajiannya menjadikan kedua jenis teh hijau ini berbeda dalam hal nutrisi, rasa, maupun warna seduhan teh yang dihasilkan.

Berikut beberapa perbedaan matcha dan green tea yang patut Anda ketahui:

  • Tekstur dan warna

Perbedaan matcha dan green tea yang paling mencolok adalah teksturnya. Green tea atau teh hijau memiliki bentuk seperti teh pada umumnya, yakni berupa daun kering yang berwarna hijau kecoklatan. Pengemasan green tea pun mirip dengan teh lain, misalnya dibungkus dalam kantung teh atau dikemas dalam plastik maupun toples.

Di pihak lain, matcha berbentuk seperti bubuk halus mirip bedak tabur. Sementara dari segi warna, matcha memiliki warna hijau yang lebih mencolok karena mengandung klorofil yang lebih banyak dibanding green tea.

  • Rasa

Matcha dan green tea sama-sama meninggalkan sensasi bau rumput dan rasa yang pahit di lidah. Namun, matcha memiliki rasa khas yang lebih kental dibanding green tea, bahkan matcha dengan tingkatan tertentu akan terasa sangat pahit di lidah.

  • Budidaya

Perbedaan matcha dan green tea lainnya terletak pada cara budidaya kedua tanaman ini. Pada green tea, daun teh hijau akan dibiarkan berada di bawah sinar matahari sepanjang hari seperti perkebunan teh yang sering Anda lihat.

Namun untuk membuat matcha, daun teh harus berada di tempat teduh dengan dinaungi atap agar tanaman tersebut memproduksi enzim L-Thianine sekaligus menaikkan kadar klorofil pada daun tanaman tersebut.

Adakah perbedaan nutrisi pada matcha dan green tea?

Secara garis besar, minuman yang terbuat dari daun teh hijau sangat baik untuk kesehatan karena tidak mengandung kalori sama sekali. Meski demikian, perbedaan matcha dan green tea secara kandungan di dalamnya cukup mencolok, terutama dalam hal kafein dan zat antioksidan.

Dari segi kafein, green tea memiliki kadar yang cukup rendah, yakni 20-45 miligram per cangkir (237 ml). Jumlah ini jauh lebih rendah dibanding kandungan kafein yang terdapat dalam minuman matcha, yang bahkan sampai bisa menyentuh angka 280 mg. Kandungan kafein pada green tea juga lebih rendah dibanding jenis minuman lain, seperti teh hitam (50 mg) dan kopi (95 mg).

Meski demikian, dilihat dari kandungan zat antioksidannya, matcha akan terlihat lebih superior dibanding saudaranya tersebut. Matcha terbukti memiliki antioksidan jenis catechins yang lebih tinggi dibanding green tea biasa maupun semua jenis teh pada umumnya.

Satu cangkir minuman matcha diperkirakan memiliki catechins 137 kali lebih tinggi dibanding green tea. Dengan kata lain, matcha dinilai lebih mampu mengeluarkan kemampuannya untuk menangkal radikal bebas dan penyakit yang muncul karenanya, seperti beberapa jenis kanker.

Padatnya nutrisi pada matcha juga dipengaruhi oleh cara pengolahan daunnya. Jika green tea hanya diseduh dengan air panas, kemudian daunnya dibuang begitu saja, maka Anda akan mengonsumsi seluruh bagian tanaman teh hijau yang diolah menjadi matcha.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/matcha-green-tea
Diakses pada 2 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-matcha-tea
Diakses pada 2 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/269538.php
Diakses pada 2 Desember 2019

Nourished Life Australia. https://www.nourishedlife.com.au/article/154906/difference-between-matcha-green-tea.html
Diakses pada 2 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed