Ini Penyebab Muntah Cairan Kuning yang Mungkin Pernah Anda Alami

(0)
08 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ilustrasi seseorang yang ingin muntah
Muntah adalah peristiwa yang dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Muntah merupakan usaha tubuh untuk mengeluarkan apa yang dianggap berbahaya dari dalam perut. Kondisi ini juga bisa disebabkan adanya sesuatu yang mengiritasi pencernaan.Muntah dapat mengindikasikan bahwa seseorang sedang dalam kondisi kesehatan tidak baik. Saat muntah terjadi dalam kondisi perut kosong, Anda mungkin akan muntah cairan kuning.

Penyebab muntah cairan kuning

Muntah merupakan kejadian refleks yang dapat membuat tubuh membuang racun atau makanan berbahaya yang tertelan. Sebelum muntah, biasanya perut akan terasa mual terlebih dahulu. Rasa mual ini dapat diawali rasa sakit atau datang secara tiba-tiba.Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya muntah. Hal yang umum terjadi adalah:
  • Adanya virus yang mengakibatkan flu perut
  • Keracunan makanan yang terinfeksi bakteri
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Kondisi medis seperti kehamilan, usus buntu, mabuk perjalanan, migrain, dan vertigo.
  • Rasa sakit intens yang menghasilkan substansi P, yakni zat kimia dalam otak yang memberi tanda untuk muntah.
  • Efek samping pengobatan, seperti misalnya kemoterapi.
Pada saat muntah, orang akan mengeluarkan kembali makanan yang telah ditelannya. Namun, jika muntah terjadi saat perut kosong, maka perut akan mengeluarkan muntah cairan kuning.Cairan berwarna kuning tersebut merupakan cairan empedu, yakni cairan yang terbentuk pada hati dan disimpan di kantong empedu. Cairan empedu akan menuju usus kecil untuk membantu proses pencernaan lemak.Pada saat tubuh terasa mual dan kemudian muntah dalam keadaan perut kosong, maka cairan empedu ini akan dipaksa keluar dari perut melalui mulut. Itulah yang menyebabkan terjadinya muntah cairan kuning.Muntah cairan empedu juga dapat terjadi pada orang yang mengalami muntah berkali-kali hingga isi perutnya menjadi kosong.Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan muntah cairan kuning adalah:

1. Refluks empedu

Refluks empedu adalah adanya cairan empedu berlebihan yang kemudian coba dibuang oleh tubuh. Penyebab refluks empedu adalah tukak lambung atau operasi perut, seperti pembuangan kantong empedu.

2. Penyumbatan saluran cerna

Kondisi ini disebabkan oleh adanya sumbatan pada saluran cerna sehingga mengakibatkan aliran makanan pada usus berbalik. Kondisi ini bisa membahayakan jika tidak segera diatasi.

3. Infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan produksi lendir dalam jumlah besar. Lendir ini mengandung bakteri dan mikroba penyebab infeksi yang merambat ke tenggorokan dan mencemari perut. Cairan ini terus menumpuk di dalam sistem pencernaan, menimbulkan rasa mual, hingga akhirnya muntah cairan kuning.

Cara mengobati muntah cairan kuning

Pada dasarnya muntah bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Biasanya, penyebab muntah pada orang dewasa adalah flu perut dan dapat membaik dalam 1-2 hari.Akan tetapi, jika muntah terjadi secara terus menerus maka bisa berakibat pada hal yang serius, seperti dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Dehidrasi dapat menyebabkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh terganggu sehingga pada akhirnya membahayakan jiwa.Untuk mengatasi muntah cairan kuning maka harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat mengambil langkah tepat untuk mengatasinya. Jika muntah diakibatkan oleh keracunan makanan atau kebanyakan minum alkohol, Anda mungkin akan membutuhkan infus cairan dan elektrolit.Jika penyebabnya adalah refluks cairan empedu, dokter akan meresepkan obat asam ursodeoksikolat. Obat ini mampu mengubah komposisi cairan empedu sehingga membuatnya lebih mudah mengalir di dalam tubuh.Akan tetapi, obat tersebut dapat menyebabkan efek samping berupa diare. Sementara, obat asam empedu sekuestran dapat digunakan untuk menghambat sirkulasi cairan empedu. Efek samping dari obat ini adalah pembengkakan.Jika pemberian obat tidak bisa mengatasi masalah, maka tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan pembedahan. Pembedahan ini bertujuan membuat koneksi baru ke usus kecil agar cairan empedu tidak terus membanjiri usus. Jika penyebab muntah cairan kuning adalah dikarenakan adanya penyumbatan saluran cerna, maka dokter akan menyingkirkan penyebab sumbatan tersebut.Untuk mencegah terjadinya muntah cairan kuning, sebaiknya makan dalam porsi kecil tapi sering dan jangan langsung berbaring setelah selesai makan. Selain itu, berhenti merokok dan minum alkohol, serta membatasi makanan berlemak juga dapat dilakukan.Segera hubungi dokter apabila muntah berlangsung berkali-kali dan tidak ada makanan atau minuman yang bisa masuk ke dalam perut.
refluxmuntah
Cleveland Clinic
https://health.clevelandclinic.org/vomiting-101-why-you-throw-up-and-the-best-way-to-recover/
Diakses 24 Juni 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/throwing-up-bile
https://www.healthline.com/health/green-vomit#green-or-yellow-vomit
Diakses 24 Juni 2020
Belmarra Health
https://www.belmarrahealth.com/causes-throwing-yellow-bile-stop/
Diakses 24 Juni 2020
Nhsinform
https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/vomiting-in-adults
Diakses 24 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait