Ini Penyebab Mata Bayi Belekan dan Cara Mengatasinya yang Tepat


Mata bayi belekan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tersumbatnya kelenjar air mata hingga infeksi mata konjungtivitis. Kondisi ini bisa diatasi dengan perawatan ringan di rumah.

(0)
15 Nov 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mata bayi belekan bisa disebabkan oleh konjungtivitis maupun tersumbatnya kelenjar air mataMata bayi belekan umumnya disebabkan karena tersumbatnya kelenjar air mata
Kondisi mata bayi belekan cukup sering dijumpai, dan umumnya tidak disebabkan oleh suatu hal yang serius. Meski begitu, saat kondisi ini sudah disertai dengan gejala lain seperti mata bayi merah dan bengkak, maka Anda perlu mulai curiga ada infeksi yang terjadi.Belekan pada bayi yang bukan disebabkan oleh infeksi, bisa dibersihkan sendiri di rumah. Sementara itu untuk kondisi infeksi, perlu penanganan dokter secepatnya, sebelum bertambah parah.

Penyebab mata bayi belekan

Mata bayi belekan, terutama pada bayi baru lahir adalah hal yang sering terjadi dan tidak berbahaya. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan saluran air mata yang membuatnya tidak dapat mengalir dengan baik, sehingga menumpuk di mata dan menyebabkan mata menjadi kotor.Anda perlu mulai waspada, ketika belekan pada bayi disertai tanda-tanda infeksi. Lebih lanjut selain adanya sumbatan kelenjar air mata, mata belekan pada bayi juga bisa disebabkan oleh hal berikut:

1. Konjungtivitis bakteri

Kondisi adalah salah satu penyebab belekan pada mata bayi dan infeksi. Sesuai namanya, infeksi bakteri yang terjadi, menyebabkan kedua kelopak mata menempel akibat nanah yang keluar dan mengering. Hal ini membuat mata bayi menjadi sulit terbuka saat bangun tidur.

2. Konjungtivitis virus

Sama-sama menyebabkan mata belekan, infeksi virus ini juga menyebabkan mata bayi menjadi merah dan berair. Berbeda dari konjungtivitis bakteri, konjungtivitis virus jarang menyebabkan timbulnya nanah, dan biasanya terjadi di kedua mata.

3. Kelilipan debu atau benda asing lainnya

Kelilipan juga bisa menyebabkan mati bayi belekan. Jika kotoran yang menempel tidak segera dihilangkan, maka mata akan bereaksi dengan memproduksi nanah.Bayi belum bisa berbicara, sehingga cukup sulit untuk memastikan bahwa ia sedang kelilipan. Apabila bayi sudah diberi tetes mata antibiotik dan gangguan di mata tidak kunjung reda, maka kondisi ini umumnya baru bisa dipastikan.

4. Selulitis kelopak mata

Selulitis adalah infeksi yang terjadi di kelopak mata dan jaringan di sekitarnya. Selain menimbulkan belek, kondisi ini juga akan membuat mata bengkak, merah, dan terasa lunak jika disentuh. Mata juga kemungkinan tidak bisa dibuka sama sekali .Kondisi ini umumnya adalah kelanjutan dari konjungtivitis bakteri yang menyebar ke dalam mata atau disebabkan oleh infeksi sinus ethmoid.Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan Perkembangan Penglihatannya

Cara mengatasi mata bayi belekan di rumah

Mengatasi mata bayi belekan yang disebabkan oleh sumbatan di kelenjar air mata, masih bisa dilakukan di rumah, selama Anda telah mendapat persetujuan dari dokter. Apabila tidak ada tanda-tanda infeksi, dokter akan memberikan obat tetes mata atau salep untuk mengatasinya.Di samping itu, Anda juga perlu secara rutin membersihkan mata bayi yang belekan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  • Cuci tangan Anda dengan air dan sabun sebelum menyentuh mata bayi
  • Setelah itu, keringkan mata bayi yang belekan dan berair dengan handuk bersih. Jika ada, akan lebih baik menggunakan handuk sekali pakai.
  • Setelah itu, ambil gulungan kasa kecil dan celupkan kasa ke larutan air garam. Untuk membuat larutan air garam, gunakan hanya sedikit garam (1 sendok teh) untuk 500mL air mendidih. Biarkan suhu rebusan air garam turun sebelum digunakan.
  • Sapukan gulungan kasa yang sudah basah tersebut ke mata yang belekan secara perlahan, hingga semua kotoran hilang.
  • Jangan pegang mata bayi langsung dengan tangan dan Anda hanya boleh melakukannya dengan kasa steril.
  • Jangan juga bersihkan bagian dalam kelopak mata bayi, agar mata tidak rusak.
  • Setelah selesai, langsung cuci tangan kembali.
Cara mengatasi mata bayi belekan ditetesi ASI bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini tidak dibenarkan karena cara ini tidak higienis. Meskipun ASI kaya manfaat, namun bukan berarti ini bisa menjadi alasan untuk menggunakan ASI sebagai obat mata belekan.

Cara dokter mengatasi mata bayi belekan

Apabila setelah usia satu tahun, kelenjar air mata anak masih tersumbat, maka dokter dapat melakukan prosedur yang dinamakan nasolacrimal duct probing. Pada prosedur ini, dokter akan membuka saluran air mata untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang menyumbatnya.Sementara itu, apabila mata bayi yang belekan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka ia harus segera mendapatkan penanganan. Dokter akan meresepkan antibotik dalam bentuk obat tetes mata, maupun obat minum. Pemberian antibiotik melalui infus pun bisa dilakukan.Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), untuk menghindari terjadinya infeksi mata yang ditandai dengan mata kemerahan dan nanah, pemberian obat salep mata untuk bayi belekan atau tetes mata seperti eritromisin sangatlah penting.Pada mata bayi yang terinfeksi, kompres hangat dapat membantu meredakan pembengkakan dan iritasi yang terjadi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bayi dan kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
telinga bayikepala bayibayi baru lahir
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324571.php
Diakses pada 10 November 2019
Seattle’s Children Hospital. https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/eye-pus-or-discharge/
Diakses pada 10 November 2019
Pregnancy Birth and Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sticky-eye
Diakses pada 10 November 2019
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/belekan-pada-bayi-baru-lahir-normalkah Diakses 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait