Ini Pentingnya Pendidikan bagi Anak yang Tak Boleh Diabaikan Orangtua

(0)
13 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak alasan pentingnya pendidikan bagi anakPendidikan akan menjadi fondasi masa depan untuk anak
Memberi pendidikan yang layak bagi anak sangat krusial untuk mendukung tumbuh kembangnya di segala bidang. Apa sih pentingnya pendidikan bagi anak? Mengapa orangtua sangat dianjurkan untuk memilihkan institusi pendidikan yang baik bagi Si Kecil?Pendidikan anak dapat dimulai sejak usia dini lewat lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Pada PAUD, anak yang berusia kurang dari 6 tahun bukan diberi materi pelajaran seperti murid Sekolah Dasar (SD) atau jenjang yang lebih tinggi, melainkan berupa rangsangan atau stimulus untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal.Prinsip pendidikan usia dini ini sendiri sudah diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. Perpres tersebut menekankan pentingnya pendidikan sehingga harus dilakukan dengan melibatkan semua pihak, mulai dari orangtua hingga masyarakat.

Apa pentingnya pendidikan untuk anak?

Menanamkan pentingnya pendidikan pada anak sangat krusial untuk dimulai sejak dini. Lewat pendidikan, anak hingga lingkungan akan mendapatkan manfaat, seperti:

1. Menjadi fondasi masa depan anak

Pendidikan yang baik bertindak seperti pondasi pada diri anak yang akan membentuk masa depan cerahnya. Lewat pendidikan, anak akan belajar mengolah kemampuan kognitif sekaligus sosialnya dan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Membangun karakter anak

Pendidikan bukan hanya melulu berkutat pada pelajaran sesuai kurikulum, seperti matematika atau sejarah, namun juga pembangunan karakter anak. Dengan pendidikan yang layak, anak akan dilatih untuk memiliki kepribadian yang baik sesuai yang diharapkan oleh orangtua atau bahkan negara.

3. Memaksimalkan potensi

Setiap anak memiliki potensi atau karakternya masing-masing yang dapat dimaksimalkan melalui sarana pendidikan yang tepat. Anak yang mendapat pendidikan sejak dini berpeluang untuk hidup dengan lebih mandiri sekaligus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4. Meningkatkan taraf hidup

Lewat pendidikan, anak akan memiliki kesempatan di masa depan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dibanding saat ini. Pentingnya pendidikan tersebut mungkin tidak akan bisa dilihat dalam waktu dekat, namun harus menjadi salah satu pertimbangan orangtua saat memilihkan jalur pendidikan untuk Si Kecil.

5. Mengurangi angka kejahatan

Sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan anak yang teredukasi dengan baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk melakukan tindak kriminal dan masuk penjara. Sebaliknya, persentase kriminalitas semakin tinggi jika anak tidak sekolah atau putus sekolah sebelum lulus SMA.Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan anak belajar selama 12 tahun yang dimulai sejak tingkat sekolah dasar (SD) hingga menengah (SMA). Untuk mendukung hal ini, pemerintah pun menggulirkan sejumlah program, salah satunya Program Indonesia Pintar (PIP).

Kunci keberhasilan pendidikan anak

Setelah mengetahui pentingnya pendidikan anak, Anda juga harus memahami aspek yang mendukung keberhasilan tersebut. Memilihkan sekolah yang bagus saja tidak cukup karena kesuksesan pendidikan anak sangat bergantung pada setidaknya tiga aspek, yaitu:

1. Peran orangtua

Orangtua biasanya adalah guru pertama anak sebelum ia masuk ke lembaga PAUD manapun, orangtua pula yang memutuskan anak akan masuk lembaga pendidikan yang baik. Saat anak sudah masuk ke sekolah, orangtua juga harus terus memantau perkembangan anak dengan terus menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah.

2. Efektivitas sekolah

Tidak dipungkiri bahwa sekolah memainkan peran besar pada pentingnya pendidikan anak. Di sekolah, anak akan belajar banyak hal, seperti disiplin, kemampuan sosial, hingga mengontrol emosi. Sekolah yang baik juga akan selalu berusaha melibatkan orangtua dan komunitas dalam sistem belajar-mengajarnya sehingga tidak terkesan menutup diri.

3. Karakter guru

Pentingnya pendidikan anak juga dipengaruhi oleh karakter guru yang akan bertindak sebagai pengasuh, pengajar, sekaligus role model bagi anak, setidaknya selama berada di sekolah.Dengan bantuan guru pula anak akan belajar empati, saling menghargai, maupun sikap religius. Oleh karena itu, guru sangat disarankan untuk melihat anak sebagai individu dengan karakter berbeda agar potensi anak juga dapat tergali maksimal.Memahami pentingnya pendidikan sangat perlu bagi orangtua yang tidak ingin melewatkan usia keemasan (0-6 tahun) anak dengan hal-hal yang kurang berguna. Pasalnya di saat inilah perkembangan otak anak sangat pesat sehingga bisa dengan cepat menyerap segala jenis pembelajaran yang diberikan padanya.
anak sekolahcara mendidik anak
Kemdikbud. http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/
Diakses pada 2 Agustus 2020
Kemdikbud. https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1906/kemdikbud-upayakan-wajib-belajar-12-tahun-melalui-pip
Diakses pada 2 Agustus 2020
Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013. https://jdih.kemenpppa.go.id/peraturan/perpres_no.60-2013.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2020
Rasmussen College. https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/importance-of-early-childhood-education/
Diakses pada 2 Agustus 2020
Walden University. https://www.waldenu.edu/online-masters-programs/ms-in-early-childhood-studies/resource/what-is-the-importance-of-early-childhood-education
Diakses pada 2 Agustus 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/267824613_THE_NEED_FOR_CHARACTER_EDUCATION
Diakses pada 2 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait