Ini Obat Berhenti Merokok yang Dapat Dibeli di Apotek


Obat berhenti merokok yang dapat digunakan adalah varenciline, bupropion, notryptiline, dan clonidine. Semuanya bisa dibeli di apotek, tapi dengan resep dokter. Sebab, dosis dan frekuensi penggunaan tiap orang bisa berbeda tergantung kondisi masing-masing.

(0)
20 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat berhentik merokok adalah varenciline, bupropion, notryptiline, dan clonidineObat berhenti merokok di apotek salah satunya varenciline
Ada banyak cara berhenti merokok yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi obat. Obat berhenti merokok adalah obat resep yang akan diberikan beberapa minggu sebelum hari Anda berencana untuk berhenti melakukan kebiasaan ini.Biasanya, penggunaan obat-obatan tersebut diperuntukkan mereka yang mengalami kecanduan nikotin dalam level parah.Seseorang bisa dikatakan kecanduan rokok apabila merokok lebih dari satu bungkus per hari, langusng merokok kurang dari 5 menit setelah bangun tidur, tetap merokok meski sedang sakit, terbangun di malam hari hanya untuk merokok, dan merasakan gejala sakau apabila tidak merokok.

Jenis obat berhenti merokok

Obat berhenti merokok salah satunya varenciline
Obat berhenti merokok salah satunya varenciline
Obat berhenti merokok dapat diresepkan sebagai perawatan tunggal maupun didampingi dengan nicotine replacement therapy (NRT). Nikotin merupakan zat paling adiktif pada rokok.Berikut ini jenis obat berhenti merokok yang biasa diresepkan dokter dan dapat dibeli di apotek.

1. Varenicline (Merek dagang: Champix)

Salah satu obat berhenti merokok yang dapat dikonsumsi adalah varenicline. Obat ini berkerja dengan dua cara, yaitu mengurangi kecanduan terhadap nikotin dan mengurangi kenikmatan yang biasanya dirasakan setelah merokok.Varenicline adalah obat resep. Oleh karena itu meski tersedia di apotek, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum bisa mengonsumsinya.Umumnya, obat ini dikonsumsi sebanyak 1-2 tablet perhari mulai dari satu hingga dua minggu sebelum berhenti merokok. Penggunaan standarnya dilakukan selama 12 minggu, meski bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.Varenicline aman untuk dikonsumsi sebagian besar orang dewasa. Namun, untuk anak di bawah usia 18 tahun, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal parah, tidak disarankan menjalani terapi berhenti merokok dengan obat ini.

Efek samping varenicline yang bisa terjadi

Meski aman digunakan, varenicline juga berisiko memicu beberapa efek samping, seperti:
  • Menimbulkan rasa tidak enak badan
  • Sulit tidur
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Diare
  • Konstipasi
  • Lemas dan tidak fokus

2. Bupropion (Merek dagang: Zyban)

Bupropion adalah obat antidepresan yang dapat digunakan juga sebagai obat untuk berhenti merokok. Obat ini dinilai efektif untuk mengurangi kecanduan tembakau dan meredakan gejala putus obat yang bisa muncul setelah berhenti merokok.Efek dari bupropion biasanya baru akan dirasakan tubuh beberapa hari setelah mengonsumsinya. Oleh karena itu, dokter biasanya akan meresepkan obat ini satu minggu atau paling lambat dua hari sebelum hari Anda memutuskan untuk berhenti merokok.Bupropion kerap dipilih sebagai obat berhenti merokok karena kandungan yang ada di dalamnya membuat risiko terjadinya kenaikan berat badan setelah berhenti merokok, menjadi berkurang. Obat ini perlu diminum dua kali sehari.

Efek samping bupropion

Sama seperti obat lainnya, bupropion juga berisiko menimbulkan efek samping, seperti:

3. Notriptyline

Notriptyline juga merupakan obat antidepresan yang digunakan untuk membantu menghentikan kecanduan terhadap rokok. Konsumsi obat ini biasanya dimulai 10-28 hari sebelum hari berhenti merokok.Obat tersebut umumnya baru akan diresepkan apabila bupropion dan varenicline tidak berhasil meredakan kecanduan rokok.

Efek samping notriptyline

Obat untuk berhenti merokok yang satu ini dapat memicu beberapa efek samping, seperti:
  • Jantung berdebar
  • Pandangan menjadi kabur
  • Sulit buang air kecil
  • Mulut kering
  • Konstipasi
  • Kenaikan atau penurunan berat badan
  • Tekanan darah rendah saat berganti posisi tubuh dari duduk atau berbaring, menjadi berdiri

4. Clonidine

Clonidine adalah obat yang tujuan utama penggunaannya sebenarnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, obat ini juga dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok.Obat ini tersedia dalam bentuk pil dan plester. Jika Anda diresepkan dalam bentuk pil, biasaya obat ini perlu diminum dua kali sehari. Sementara itu dalam bentuk plester, Anda perlul menempelkannya ke kulit dan menggantinya satu minggu sekali.Clonidine umumnya dikonsumsi tiga hari sebelum hari berhenti merokok hingga beberapa waktu ke depan.Dokter akan menentukan waktu yang tepat untuk perlahan mengurangi dosis yang diberikan. Sebab, penggunaan obat ini tidak disarankan untuk dilakukan mendadak.

Efek samping clonidine

Berikut ini beberapa risiko efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi clonidine.
  • Konstipasi
  • Pusing
  • Mudah mengantuk
  • Mulut kering
  • Badan terasa lelah dan lemah
  • Alergi
  • Detak jantung melambat
  • Tekanan darah terlalu tinggi atau rendah

Nicotine replacement therapy (NRT) sebagai pendamping obat berhenti merokok

Penggunana nikotin patch salah satu NRT untuk berhenti merokok
Nicotine patch salah satu contoh NRT
Beberapa jenis obat berhenti merokok bisa dikonsumsi atau digunakan bersamaan dengan nicotine replacement therapy (NRT). Ini adalah salah satu metode untuk mengurangi ketergantungan tubuh terhadap nikotin pada rokok.Di dalam rokok, terdapat ribuan zat berbahaya yang bisa merusak tubuh. Namun kandungan yang paling membuat kecanduan adalah nikotinnya.Saat Anda berhenti merokok, kurangnya asupan nikotin yang masuk ke tubuh akan memicu gejala putus obat atau yang sering juga disebut dengan sakaw. Untuk mengurangi risiko munculnya gejala tersebut, maka NRT dapat dilakukan.Saat menjalani NRT, dokter akan memberikan nikotin murni tanpa zat berbahaya rokok lainnya dalam dosis tertentu, sambil perlahan-lahan mengurangi dosisnya. Nikotin yang diberikan bisa dalam bentuk obat minum, plester (patch), permen, inhaler, hingga semprotan.Tanpa gejala putus obat yang dirasakan, maka Anda bisa lebih fokus untuk menjalani terapi berhenti merokok, baik itu dengan minum obat, psikoterapi, maupun cara lainnya.
berhenti merokokbahaya asap rokok
American Cancer Society. https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/guide-quitting-smoking/prescription-drugs-to-help-you-quit-smoking.html#
Diakses pada 7 April 2021
American Cancer Society. https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/guide-quitting-smoking/nicotine-replacement-therapy.html
Diakses pada 7 April 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/stop-smoking-treatments/
Diakses pada 7 April 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/quit-smoking/in-depth/quit-smoking-products/art-20045599
Diakses pada 7 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait