Ini Masker Rambut Alami yang Bisa Anda Buat di Rumah

(0)
28 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Masker rambut alami dapat dibuat dari bahan telur, alpukat, madu, hingga yogurtBerbagai jenis bahan untuk membuat masker rambut alami
Tidak peduli seberapa bagus sampo dan kondisioner yang digunakan sekarang, kadang-kadang Anda juga membutuhkan masker untuk menutrisi rambut dan mengembalikan rambut ke bentuk yang sempurna.Kebanyakan orang mencari solusi dengan pergi ke salon dan menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk melakukan masker rambut. Padahal, hasilnya mungkin saja belum tentu berhasil 100 persen, dan malah berpotensi membahayakan karena menggunakan bahan kimia serta pewarna.Lalu, apa yang seharusnya dilakukan? Ada berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan. Dengan bahan-bahan yang tepat yang mungkin Anda miliki di dapur, Anda dapat membuat masker rambut alami di rumah.

Beberapa jenis masker rambut alami

Ada beberapa rekomendasi masker rambut alami yang cocok untuk semua jenis rambut dan segala permasalahannya, seperti kulit kepala yang teriritasi, rambut kusam, hingga kerusakan dan kekeringan. Berikut beberapa masker rambut yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Masker minyak zaitun

Kulit kepala kering dan gatal tentunya cukup menyebalkan dan memalukan pada saat bersamaan. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker rambut alami yang terbuat dari minyak zaitun.Selain cara membuatnya yang mudah, masker rambut alami yang terbuat dari minyak zaitun diklaim dapat menghentikan rasa gatal pada kulit kepala. Anda hanya perlu mencampur minyak zaitun dengan perasan jus lemon, tambahkan dengan sedikit air, lalu oleskan ke rambut dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, keramas seperti biasa dan Anda akan langsung merasakan kulit kepala yang lebih baik.

2. Masker alpukat

Alpukat bisa digunakan untuk masker rambut
Alpukat bisa digunakan untuk masker rambut alami
Buah alpukat sering kali dijadikan bahan untuk berbagai perawatan kecantikan. Alpukat juga merupakan salah satu bahan yang baik digunakan untuk membuat masker rambut alami.Bagi Anda yang memiliki tekstur rambut kering dan kusam, cobalah gunakan masker alpukat ini karena khasiatnya dapat membuat rambut Anda lebih lembut, halus, terhidrasi, dan tebal.Cara membuatnya, yaitu blender alpukat yang sudah matang dengan sekitar 1/2 cangkir susu dan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda dan bilas setelah 15 menit.

3. Masker telur

Masker telur adalah masker rambut alami yang bermanfaat untuk menyegarkan dan melembapkan rambut dengan cepat.Telur mengandung protein tinggi yang membantu menutrisi akar rambut. kalium dapat memperbaiki rambut rusak, vitamin A mampu membantu mengurangi kerusakan, dan vitamin B12 mendorong pertumbuhan rambut baru.Cukup kocok kuning telur dengan dua sendok makan minyak zaitun, secangkir susu, dan perasan jus lemon. Oleskan ke kulit kepala dan rambut Anda, lalu bilas dengan air dingin setelah 15-20 menit.

4. Masker yogurt

Masker yogurt untuk rambut
Masker yogurt juga bermanfaat untuk rambut
Jika rambut Anda terasa kering, keriting, dan rapuh, masker rambut alami yang terbuat dari yogurt ini adalah solusinya. Masker yogurt dipercaya dapat membuat rambut kembali berkilau.Masker ini akan lebih sempurna apabila dikombinasikan dengan madu. Madu, khususnya madu murni, adalah bahan yang sangat baik untuk rambut Anda. Madu akan menjaga kelembapan rambut Anda sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut dan mencegah rambut bercabang.Oleskan campuran yogurt dan madu pada rambut, biarkan selama 15-20 menit dan bilas. Kemudian keramas secara normal dan lihatlah hasilnya. 

5. Masker pisang

Pisang sangat cocok dijadikan masker rambut alami karena kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan kalium, yang membantu mengatur produksi minyak kulit kepala Anda dan menjaga kesehatan kulit kepala Anda.Jika Anda menggunakan banyak produk, seperti pewarna rambut atau sering menggunakan catokan untuk mengeringkan, meluruskan atau menggulung rambut, maka Anda akan melihat beberapa ujung rambut kering atau keriting.Masker rambut alami yang terbuat dari pisang ini, dipercaya efektif dalam membuat rambut Anda sehat kembali sekaligus membuatnya halus dan berkilau.Campurkan dua pisang matang dengan satu sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu. Oleskan ke rambut Anda, biarkan selama 5 menit, dan bilas dengan air hangat atau dingin. Rambut Anda akan terlihat berkilau dan lembut dalam waktu singkat.

6. Masker minyak kelapa

Minyak kelapa untuk rambut
Minyak kelapa baik untuk rambut
Masker rambut alami dari minyak kelapa cocok untuk rambut kering dan rusak. Caranya, campurkan minyak kelapa dengan satu sendok minyak zaitun.  Lalu oleskan ke rambut Anda dan biarkan meresap.Keramaslah secara normal dan bilas dengan benar. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu ke masker, jika Anda juga memiliki banyak ujung rambut yang bercabang. Gunakan masker rambut alami ini dua kali sebulan untuk menikmati hasilnya.

7. Masker oatmeal

Gunakan masker rambuat alami dari oatmeal secara teratur, jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, kulit kepala gatal, dan masalah kulit kepala lainnya. Masker oatmeal ini tergolong cepat dan mudah dibuat.Cukup campur satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan susu segar dan satu sendok makan minyak almond atau minyak zaitun. Oleskan ke rambut kering dan biarkan sekitar 20-25 menit sebelum keramas.Itulah beberapa jenis masker rambut alami yang bisa Anda coba di rumah. Gunakan masker yang Anda pilih secara rutin untuk menikmati manfaatnya.
kesehatan rambut
Diyncrafts. https://www.diyncrafts.com/34150/beauty/15-natural-homemade-hair-masks-give-healthy-beautiful-hair
Diakses pada 15 Mei 2020
Wideopeneats. https://www.wideopeneats.com/11-diy-hair-mask/
Diakses pada 15 Mei 2020
Womanitely. https://womanitely.com/amazing-hair-masks-make-home/
Diakses pada 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait