Deretan Masker Rambut Alami (Hair Mask) Lengkap dengan Manfaatnya


Selain sampo dan kondisioner, masker rambut alami bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Manfaat masker rambut atau hair mask bisa membantu melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Pastikan Anda memilih jenis hair mask yang sesuai dengan kebutuhan kondisi rambut.

0,0
28 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Masker rambut alami dapat dibuat dari bahan telurMasker rambut alami bisa terbuat dari alpukat, madu, telur, atau minyak esensial
Tak peduli seberapa bagus sampo dan kondisioner yang digunakan, terkadang Anda membutuhkan masker rambut atau hair mask untuk menutrisi rambut. Jika kebanyakan orang merogoh kocek cukup dalam untuk perawatan rambut di salon, Anda bisa menggunakan masker rambut alami yang cenderung tidak membahayakan rambut. Terlebih, bagi Anda yang kerap beraktivitas di bawah paparan sinar matahari dan menggunakan alat penata rambut, penggunaan produk sampo dan kondisioner rambut tentu tidak cukup untuk merawat rambut. Maka dari itu, Anda membutuhkan hair mask guna membantu memaksimalkan perawatan rambut.

Manfaat masker rambut (hair mask)

Masker rambut alami bisa menutrisi rambut
Masker rambut bisa buat rambut jadi halus dan berkilau
Masker rambut atau hair mask adalah perawatan rambut yang bertujuan untuk melembapkan batang rambut dan kulit kepala. Perawatan rambut ini dilakukan menggunakan produk perawatan rambut tertentu, lalu didiamkan selama 20 menit hingga beberapa jam lamanya.Bila dilakukan secara rutin, ada berbagai manfaat masker rambut yang bisa Anda dapatkan, seperti:

1. Membuat rambut halus dan tampak berkilau

Salah satu manfaat masker rambut adalah membuat rambut halus dan tampak berkilau. Hal ini karena hair mask umumnya mengandung minyak alami dan ekstrak bahan alami yang mampu menghaluskan rambut dan meningkatkan kilaunya. 

2. Menutrisi rambut kering

Manfaat hair mask baik digunakan oleh pemilik rambut kering. Pasalnya, manfaat masker rambut alami untuk rambut kering yang berasal dari kandungan mineral dan vitaminnya mampu mengembalikan rambut yang kering jadi sehat kembali. 

3. Menjaga warna rambut

Bagi Anda yang hobi mewarnai rambut, manfaat masker rambut dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut dan membuatnya tampak lebih sehat berkilau. Pasalnya, rambut berwarna cenderung lebih mudah kehilangan kelembapan serta terasa kering dan kasar. Coba gunakan hair mask setidaknya seminggu sekali.

4. Menutrisi rambut

Umumnya, kandungan bahan utama yang terdapat pada hair mask adalah minyak almond, minyak zaitun, atau jojoba oilSelain itu, manfaat masker rambut alami, seperti dari madu, alpukat, pisang, dan lainnya mampu menutrisi rambut sehingga batang rambut menjadi lebih kuat dan sehat. 

Pilihan dan cara membuat masker rambut alami di rumah

Walaupun ada berbagai produk perawatan rambut instan di pasaran, tak ada salahnya membuat masker alami untuk rambut di rumah. Namun, tidak semua bahan-bahan alami yang ada, bisa dipakai dan diolah menjadi hair maskAdapun beberapa jenis hair mask dari bahan alami yang mampu menjaga kesehatan rambut lengkap dengan cara membuatnya adalah sebagai berikut.

1. Minyak zaitun

Manfaat masker rambut alami dari minyak zaitun
Minyak zaitun mampu melembapkan rambut dan kulit kepala
Punya rambut kering serta kulit kepala kering dan gatal tentu sangat menyebalkan sekaligus memalukan. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan hair mask dari minyak zaitun.Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari kandungan squalene yang mampu melembapkan rambut dan kulit kepala, serta menutrisi rambut. Cara membuat masker rambut alami dari minyak zaitun adalah cukup campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan air perasan lemon. Tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih dan keringkan.

2. Minyak kelapa

Masker rambut alami dari minyak kelapa cocok untuk pemilik rambut kering dan rusak karena mampu melembapkan rambut sampai batangnya.Cara membuat masker rambut alami dari minyak kelapa adalah campurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 1 sendok minyak zaitun. Aduk merata, lalu oleskan pada helaian rambut sampai meresap. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas rambut seperti biasa.Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada hair mask ini. Manfaat madu untuk rambut baik bagi Anda yang punya masalah rambut bercabang. Gunakan masker rambut alami ini 2 kali sebulan untuk hasil yang maksimal.

3. Alpukat

Masker rambut alami dari alpukat
Alpukat bisa digunakan untuk masker rambut alami
Buah alpukat sering kali dijadikan bahan untuk berbagai perawatan kecantikan, tak terkecuali digunakan sebagai masker rambut alami.Manfaat alpukat untuk rambut cocok digunakan bagi Anda punya masalah rambut kering dan kusam agar memperoleh rambut yang halus dan terhidrasi. Cara membuat masker rambut alami dari alpukat, yakni haluskan ½ buah alpukat matang dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Aduk merata, kemudian oleskan pada helaian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sesudahnya.Anda juga dapat menggunakan masker rambut alami dari minyak alpukat yang dapat mencegah kerusakan rambut. Minyak alpukat mengandung asam folat, zat besi, dan magnesium yang mampu menjaga kelembapan kutikula rambut. 

4. Telur

Masker putih telur untuk rambut ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus memperkuat helaiannya. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin E, biotin, dan asam folat. Selain itu, telur mengandung protein tinggi yang dapat membantu menutrisi rambut, serta kalium yang mampu memperbaiki rambut rusak. Cara membuat masker rambut alami dari telur adalah kocok kuning telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok teh perasan air lemon. Aduk merata, lalu oleskan masker pada helaian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, lalu cuci rambut menggunakan air dingin.

5. Yogurt dan madu

Masker rambut alami dari yogurt
Masker yogurt juga bermanfaat untuk rambut
Jika rambut Anda terasa kering, keriting, dan rapuh, hair mask yang terbuat dari yogurt bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasinya. Masker yogurt dipercaya dapat membuat rambut kembali berkilau.Untuk mendapatkan manfaat masker rambut ini secara maksimal, coba kombinasikan dengan madu, khususnya madu murni. Manfaat madu untuk rambut dapat menjaga kelembapan rambut sekaligus mengurangi kerontokan rambut dan mencegah rambut bercabang.Bahkan, sebuah riset yang dimuat dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan bahwa manfaat madu dapat memperkuat rambut. Cukup gunakan 125 ml sendok makan yogurt dan 2 sendok madu dalam sebuah mangkuk. Aduk merata, lalu oleskan pada rambut.Diamkan selama 15-20 menit dan bilas rambut sampai bersih. Kemudian, cuci rambut seperti biasa. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sebulan untuk hasil maksimal. 

6. Pisang

Jika kerap menggunakan banyak produk, seperti pewarna rambut atau alat penata rambut, Anda biasanya mendapati beberapa ujung rambut kering atau keriting. Nah, penggunaan masker pisang untuk rambut diyakini efektif membuat rambut kembali sehat sekaligus membuatnya halus dan berkilau. Hal ini berkat kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan kalium yang dapat membantu mengatur produksi minyak kulit kepala dan menjaga kesehatan kulit kepala.Sebuah studi yang dimuat dalam Avicenna Journal of Medical Biotechnology membuktikan bahwa pisang mengandung zat antimikroba yang dapat mengurangi rambut kering dan masalah ketombeCara membuat masker alami dari pisang adalah campurkan 2 buah pisang matang yang dihaluskan dengan 1 sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu. Oleskan pada helaian rambut, diamkan selama 5 menit. Lalu, bilas rambut dengan air hangat atau dingin. Dengan ini, rambut akan terlihat berkilau dan lembut.

7. Oatmeal

Gunakan masker rambut alami dari madu
Masker alami untuk rambut dari oatmeal dipercaya bisa atasi ketombe
Punya masalah ketombe? Coba masker rambut alami dari oatmeal yang dipercaya mampu untuk mengatasi ketombe hingga kulit kepala gatal. Cara membuat masker alami dari oatmeal pun cukup mudah. Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan minyak almond atau minyak zaitun. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta. Oleskan hair mask pada helaian rambut dan biarkan selama 20-25 menit sebelum keramas.

8. Gel lidah buaya

Anda bisa mencoba masker rambut alami dari gel lidah buaya untuk menenangkan kulit kepala. Pasalnya, manfaat lidah buaya untuk rambut berasal dari kandungan antiradang serta mengandung vitamin C, E, dan B12, asam folat, serta kolin, yang dapat memperkuat dan menutrisi rambut.

Cara menggunakan masker rambut atau hair mask yang tepat

Cara menggunakan masker rambut atau hair mask yang paling tepat adalah saat rambut sudah bersih dan dalam kondisi masih lembap. Akan tetapi, bila Anda menggunakan hair mask dari minyak esensial, seperti minyak kepala, minyak almond, minyak zaitun, atau lainnya, para ahli menyarankan untuk mengoleskannya saat rambut dalam kondisi kering. Sebab, rambut kering lebih mudah menyerap minyak dalam kondisi rambut kering daripada basah. Jika hair mask yang Anda buat sudah siap, ikuti cara menggunakan masker rambut di bawah ini. 
  1. Sebelum mulai cara pakai hair mask, Anda bisa meletakkan handuk bersih pada area bahu terlebih dahulu agar tumpahan masker tidak meninggalkan noda pada pakaian secara langsung. 
  2. Jika rambut Anda cukup panjang atau tebal, bagi rambut jadi beberapa bagian. Lalu, jepit menggunakan jepit rambut.
  3. Cara memakai masker rambut cukup oleskan masker pada helaian rambut menggunakan jari-jari tangan. Anda juga bisa menggunakan kuas kecil khusus rambut untuk meratakan masker. 
  4. Bila Anda punya rambut kering, mulai oleskan masker mulai dari helaian rambut dekat kulit kepala sampai ujung-ujung rambut secara merata. Kemudian, lanjut ke bagian atas, yakni kulit kepala. 
  5. Kalau Anda menggunakan masker untuk menghilangkan ketombe, mulailah mengoleskan hair mask pada kulit kepala. 
  6. Jika punya rambut berminyak, mulai oleskan masker pada batang rambut sampai ujung rambut. 
  7. Kemudian, gunakan sisir rambut bergigi lebar untuk memastikan krim masker sudah merata pada helaian rambut.
  8. Bungkus rambut menggunakan shower cap, lalu bungkus kembali menggunakan handuk bersih. Langkah ini dapat mencegah masker rambut menetes, sekaligus membantu masker menyerap lebih dalam ke batang rambut. 
  9. Diamkan selama 20-30 menit. Tergantung jenis hair mask yang digunakan, beberapa jenis masker mungkin membutuhkan lama waktu 1 jam hingga semalaman.
  10. Bilas rambut menggunakan air suam-suam kuku atau air dingin. Penggunaan air dingin dapat membantu mengunci kutikula rambut dan menjaga kelembapannya. Pastikan Anda membilas rambut sampai benar-benar bersih.
  11. Bagi pemilik rambut kering, kusut, atau rusak, cara menggunakan hair mask bisa dilakukan seminggu sekali. Sedangkan, bagi rambut berminyak, gunakan hair mask beberapa minggu sekali.
Manfaat hair mask bisa membantu melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda mengenali kebutuhan rambut, lalu memilih produk hair mask sesuai dengan kondisi atau masalah rambut. Dengan demikian, manfaat masker rambut alami yang didapat bisa terasa maksimal. Jika masalah rambut yang dialami tidak kunjung mereda walaupun sudah menggunakan hair mask, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi penanganan yang tepat.Anda bisa bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, pastikan sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut rontokkesehatan kulit kepalakulit dan kecantikanrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask#bottom-line
Diakses pada 1 Juli 2021
Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products. https://sites.kowsarpub.com/jjnpp/articles/18311.html
Diakses pada 1 Juli 2021
Avicenna Journal of Medical Biotechnology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3558179/
Diakses pada 1 Juli 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-steps-to-apply-hair-masks/#benefits-of-a-hair-mask
Diakses pada 1 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait