Ini Manfaat Wasabi dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Ternyata ada manfaat wasabi untuk kesehatan
Bentuk sayuran wasabi dan yang sudah dihaluskan

Lebih dari sekadar bumbu penambah cita rasa pedas pada makanan Jepang, seperti sushi dan ramen, ada banyak manfaat wasabi untuk kesehatan. Sayuran berwarna hijau cerah yang juga dikenal sebagai lobak Jepang ini disebut dapat mencegah risiko kanker hingga menjaga kesehatan tulang. Benarkah demikian?

Kandungan gizi wasabi

Wasabi merupakan sayuran yang mudah ditemukan dan tumbuh secara alami di sepanjang lembah dan sungai di Jepang. Sayuran bercita rasa tajam ini juga tumbuh kawasan lembap di beberapa daerah di Asia, seperti Cina, Korea, Selandia Baru, hingga Amerika Utara.

Rasa pedas dan tajam dari wasabi berasal dari beberapa sumber, salah satunya adalah senyawa antioksidan isothiocyanate (ITC). Senyawa ini juga dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dalam 100 gram wasabi juga terkandung 109 kalori dan 1 gram lemak jenuh. Sayuran ini juga dilengkapi dengan serat, protein, energi, serta mineral penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc.

Wasabi juga kaya akan kandungan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, hingga vitamin B6. Sayuran ini bahkan tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

Manfaat wasabi untuk kesehatan

Berlimpahnya kandungan nutrisi dan mineral, membuat wasabi memiliki sejumlah manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah kanker

Menambahkan wasabi dalam diet secara rutin dapat membantu meminimalisir risiko beberapa jenis kanker. Kandungan senyawa antioksidan isothiocyanate di dalam wasabi bermanfaat dalam membasmi radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh.

Sebuah studi mengungkapkan antioksidan isothiocyanate terbukti menghambat ekspansi sel leukimia dan kanker lambung. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kandungan isothiocyanate dalam wasabi membuat sayuran ini dapat digunakan sebagai metode pencegahan beberapa tipe kanker.

Meski hasilnya menjanjikan, klaim di atas masih membutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikannya.

2. Mengatasi keracunan makanan

Manfaat lain dari wasabi adalah mencegah dan mengurangi risiko keracunan makanan. SIfat antibakteri isothiocyanate yang terkandung dalam wasabi dapat membantu memerangi bakteri E. coli dan Staphylococcus aureus. Kedua bakteri tersebut merupakan penyebab umum dari keracunan makanan.

3. Menjaga kesehatan jantung

Wasabi juga memiliki komponen antihiperkolesterolemia yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh manusia, serta mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Senyawa isothiocyanate juga dapat menghambat penggumpalan darah yang merupakan penyebab utama dari stroke dan berbagai penyakit kardiovaskuler lainnya. Dengan menghancurkan dan menghambat penggumpalan darah di seluruh tubuh, risiko penyakit jantung dan stroke pun akan berkurang.

4. Mengatasi peradangan

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa isothiocyanate di dalam wasabi bermanfaat untuk meredakan radang sendi, ligamen, dan otot yang dapat menyebabkan arthritis atau radang sendi.

5. Mengatasi osteoporosis

Sebuah studi lain juga mengungkapkan bahwa wasabi dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan usus

Wasabi juga dianggap bermanfaat dalam mencegah peradangan usus dan risiko divertikulitis. Manfaat ini berasal dari kandungan serat tinggi di dalam wasabi, yang juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.

Efek samping wasabi

Meski punya banyak manfaat untuk kesehatan, wasabi juga memilik efek samping yang tidak boleh diremehkan seperti kerusakan hati.

Terlalu sering mengonsumsi wasabi terlalu sering dapat merusak hati Anda. Sayuran ini memiliki kandungan hepatotoxin yang sebenarnya aman dalam dosis kecil, namun jika Anda mengonsumsi wasabi secara berlebihan, tubuh Anda tidak mampu memproses toksin tersebut sehingga dapat menyebabkan kerusakan hati parah.

Oleh karena itu, konsumsi wasabi sewajarnya saja demi mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh Anda.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/wasabi-benefits
Diakses pada 15 April 2020

Organicfacts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-wasabi.html
Diakses pada 15 April 2020

Web MD.
https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1525/wasabi
Diakses pada 15 April 2020

Artikel Terkait