Ini Manfaat Sabun Aloe Vera yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

(0)
29 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat sabun aloe vera adalah melembapkan kulitSabun aloe vera tersedia dalam bentuk batang atau cair
Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang telah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan kulit sejak dahulu. Cairan kental di dalam lidah buaya, yang juga disebut sebagai gel, merupakan bagian yang paling sering diolah menjadi berbagai produk.Produk-produk yang umumnya mengandung bahan alami ini, di antaranya sampo, losion, gel perawatan, obat kumur, hingga sabun aloe vera. Alasan utama lidah buaya dipilih menjadi bahan utama produk-produk tersebut adalah manfaatnya yang baik untuk kulit.

Manfaat sabun aloe vera

Salah satu produk olahan lidah buaya yang paling mudah dijumpai adalah sabun aloe vera. Sabun ini bisa ditemukan dalam bentuk shower gel, shower cream, hingga sabun batangan.Penggunaan sabun lidah buaya dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kulit. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Melembapkan kulit

Kulit sehat dan lembap dapat membuat Anda terlihat muda dan tampak berseri. Berkat kandungan asam amino, enzim, dan mineral di dalamnya, sabun aloe vera dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan kulit. Kandungan nutrisinya mudah meresap ke dalam kulit sehingga bisa dengan cepat meningkatkan kondisi kulit Anda.Kemampuan sabun lidah buaya untuk melembapkan cocok untuk pemilik kulit kering dan normal. Lidah buaya juga dapat melembapkan tanpa membuat kulit lebih berminyak. Sehingga, sabun aloe vera baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan sensitif sekalipun.

2. Menjaga kulit tetap awet muda

Sabun aloe vera memiliki kandungan yang bermanfaat untuk melawan efek penuaan. Lidah buaya bisa meremajakan kulit secara alami dengan cara melembapkan dan menutrisi kulit.Tanaman ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit sehingga nutrisi dapat tersalurkan dengan baik sekaligus merangsang regenerasi kulit.Sebuah penelitian menunjukkan manfaat lidah buaya dalam memperlambat penuaan, di antaranya dengan:
  • Mengurangi munculnya kerutan
  • Meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mencegah kulit kendur
  • Meningkatkan produksi kolagen untuk membuat kulit kuat, kencang, dan bercahaya.

3. Menghilangkan stretch mark yang mengganggu

Strech mark merupakan garis-garis berwarna putih, merah, atau ungu yang dapat terlihat pada permukaan kulit. Garis-garis ini umumnya terdapat pada bagian kulit paha, bokong, atau perut.Strech mark akan muncul ketika kulit mengalami peregangan dari batas elastis normalnya. Ibu hamil atau seseorang dengan obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi ini.Sabun aloe vera memiliki kemampuan untuk melawan peradangan, mengurangi kemerahan, serta meningkatkan elastisitas kulit. Berbagai kemampuan ini sangat bermanfaat dalam menghilangkan strech mark. Dengan pemakaian teratur, strech mark dapat perlahan menghilang dan digantikan dengan kulit yang halus dan bersih.

4. Membuat kulit lebih mulus

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer adalah untuk mengatasi berbagai gangguan dan iritasi pada kulit. Mulai dari kulit terbakar hingga berjerawat. Sabun aloe vera dapat membantu mendapatkan kulit mulus yang Anda idamkan.Selain menyembuhkan peradangan, lidah buaya juga dapat membantu membuat luka sembuh lebih cepat. Sabun aloe vera mampu meregenerasi kulit untuk menghilangkan bekas luka atau sel kulit mati yang dapat mengganggu tampilan kulit.

5. Menangkal radikal bebas

Paparan radikal bebas dapat sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan mengganggu kulit di lapisan terdalam. Sabun aloe vera memiliki kandungan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.Dengan demikian, kerusakan kulit akibat radikal bebas bisa dicegah dengan menggunakan sabun aloe vera. Antioksidan pada lidah buaya juga dapat menurunkan risiko penyakit, seperti penuaan dini atau kanker kulit.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan sabun aloe vera

Sabun aloe vera mudah ditemukan di mana saja dengan harga terjangkau. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan Anda tidak memiliki alergi atau sensitif terhadap kandungan lidah buaya.Lakukan uji alergi dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada kulit pergelangan tangan bagian dalam. Jika tidak ada reaksi apa-apa dalam 2 jam, berarti Anda dapat menggunakan sabun aloe vera. Tentunya dengan memerhatikan kandungan bahan lain dan izin edarnya.Namun, jika Anda mengalami kulit perih, kemerahan, atau gatal-gatal, sebaiknya hindari sabun dengan kandungan lidah. Jika Anda sudah terlanjur mengalami reaksi tersebut, hubungi dokter secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.Jika Anda punya pertanyaan seputar manfaat lidah buaya atau sabun yang baik untuk jenis kulit Anda, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitlidah buaya
The Right to Shower. https://www.therighttoshower.com/ethical-products/aloe-vera-benefits-for-skin-care
Diakses 16 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#risks
Diakses 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait