Hanya 105 Kalori, Ini 10 Manfaat Pisang Rebus Untuk Kesehatan


Pisang rebus ukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Manfaat pisang rebus antara lain melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kadar kolesterol.

0,0
23 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalori pisang rebus ukuran sedang adalah 105Pisang rebus mengandung banyak manfaat untuk kesehatan
Selain dimakan langsung, pisang juga bisa dinikmati dengan berbagai cara dan salah satu teknik pengolahannya yang paling sehat adalah dengan direbus. Pisang rebus juga bisa dimakan langsung maupun dinikmati sebagai teh pisang. Manfaat pisang rebus untuk kesehatan pun tak kalah melimpah dari pisang segar.
Secara umum, pisang rebus merupakan asupan yang rendah kalori. Namun, kandungan kalori pisang rebus dapat berbeda-beda tergantung jenis pisang yang digunakan serta metode penyajiannya.

Kalori pisang rebus dan kandungan gizinya

Pisang rebus berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori tanpa kandungan lemak dan kolesterol. Pada pisang juga terdapat 1 gram protein serta 422 kalium. Selain itu, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.Meski kalorinya rendah, kandungan karbohidrat pada pisang berukuran sedang ternyata cukup tinggi yaitu 27 gram. Ini lebih dari dua potong roti tawar. Buah ini juga memiliki beberapa nutrisi larut air seperti vitamin B6, kalium, magnesium, mangan, dan tembaga.Baca Juga: Resep Olahan Pisang yang Enak untuk Camilan

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan bisa didapatkan dengan dikonsumsi langsung, dibuat teh pisang tanpa kulit atau dengan kulitnya.Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang rebus untuk kesehatan:
Pisang rebus baik untuk memelihara saluran pencernaan
Pisang rebus baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Pisang yang diolah menjadi pisang rebus biasanya menggunakan yang masih belum terlalu matang. Pisang jenis ini memiliki kandungan serat, prebiotik dan probiotik yang dapat membantu pencernaan. Pisang hijau juga telah terbukti mampu mengatasi diare. Selain itu, pisang rebus bermanfaat meringankan masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

2. Menurunkan tekanan darah

Kadar kalium yang tinggi pada pisang rebus dapat membantu untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Kalau Anda memiliki riwayat hipertensi, olahan ini bisa dimasukkan ke dalam salah satu menu harian.Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini juga dapat berbahaya jika terjadi di masa kehamilan karena dapat menyebabkan preeklampsia. Maka dari itu, Anda perlu mengatur pola makan dengan baik.

3. Mengandung antioksidan

Secara alami pisang memiliki kandungan antioksidan yang larut dalam air, seperti dopamin dan gallocatechin. Dengan meminum teh pisang rebus, Anda akan mendapatkan manfaat kandungan antioksidan secara maksimal yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kondisi kronis seperti penyakit jantung.
Manfaat pisang rebus untuk kesehatan salah satunya menurunkan kadar kolesterol tinggi
Pisang rebus berpotensi menurunkan kadar kolesterol

4. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan lainnya adalah menjaga kadar kolesterol. Ini dikarenakan pisang hijau yang kurang matang memiliki banyak nutrisi serta mampu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Namun hingga saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai jenis pisang yang memiliki manfaat ini.

5. Mencegah pembengkakan

Kalau Anda sering mengonsumsi makanan tinggi sodium, maka risiko terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh akan meningkat. Pasalnya, sodium bisa menganggu keseimbangan cairan dan membuat cairan menumpuk di satu bagian tubuh.Kalium yang ada di dalam pisang rebus bisa membantu kembali menyeimbangkan carian, sehingga bengkak bisa dihindari. Mineral ini juga dapat memberi sinyal pada ginjal untuk membuang natrium melalui urin lebih banyak, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di tubuh.

6. Mengatasi gangguan tidur

Kandungan kalium, magnesium, dan triptofan pada pisang diklaim mampu membantu memperbaiki siklus tidur. Zat-zat tersebut mampu membuat tidur lebih berkualitas dan lebih lama dengan cara membuat otot lebih rileks dan merangsang produksi hormon tidur yakni serotonin dan melatonin.

7. Bertindak sebagai pemanis alami

Pisang memiliki rasa manis alami yang bisa jadi alternatif lebih sehat saat Anda ingin mengonsumsi minuman manis. Mengonsumsi teh pisang tanpa tambahan gula dapat menggantikan berbagai jenis minuman lain yang cenderung tinggi gula, khususnya minuman kemasan.
Makan pisang rebus bisa membantu menyehatkan jantung
Kalium pada pisang rebus bisa menurunkan risiko penyakit jantung

8. Mendukung kesehatan jantung

Diet kaya kalium telah dikaitkan dengan penurunan risiko stroke sebesar 27%. Selain itu, katekin, semacam zat antioksidan pada teh pisang juga berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Memperbaiki suasana hati

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan lainnya adalah membantu meningkatkan suasana hati. Teh pisang mengandung dopamin dan serotonin yang dapat membantu mengatur kadar hormon dan membuat suasana hati lebih baik.

10. Meningkatkan kepadatan tulang

Kandungan mangan dan magnesium pada pisang rebus dapat berkontribusi dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang. Disertai berbagai kandungan lainnya, teh pisang dapat membantu memperlambat dan mencegah osteoporosis.Itulah manfaat kalori pisang rebus serta manfaatnya bagi kesehatan. Sebaiknya konsumsi pisang rebus atau teh pisang secukupnya. Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi pisang secara berlebihan mungkin dapat memicu gangguan pencernaan.
makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-boiled-bananas#1-2
Diakses 8 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/banana-tea
Diakses 8 November 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/banana-tea.html
Diakses 8 November 2021
Womens Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a19970194/how-many-calories-in-a-banana/
Diakses 8 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait