Ini Manfaat Pedicure untuk Kesehatan Kuku dan Telapak Kaki Anda

Memotong kuku kaki merupakan salah satu bagian dari perawatan pedicure
Ilustrasi perawatan pedicure di salon kuku

Pedicure adalah perawatan kosmetik untuk telapak kaki dan kuku kaki. Perawatan ini biasanya dilakukan di salon khusus kuku, ketimbang salon kecantikan pada umumnya.

Lebih dari sekadar perawatan kaki, pedicure diyakini dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Selain membuat kaki menjadi lebih terawat, pedicure juga bisa mencegah infeksi yang menyebabkan penyakit di area kaki.

Manfaat pedicure bagi kesehatan

Pada praktiknya, perawatan kaki ini dilakukan dengan membersihkan area kaki, merendam kaki di air hangat, memijat dan melemaskan otot kaki, hingga membersihkan kuku kaki. Di balik perawatan tersebut, ada manfaat yang bisa Anda raih, seperti:

1. Mencegah infeksi kaki

Salah satu manfaat pedicure adalah mencegah infeksi kaki. Perawatan kecantikan ini dapat membantu menjaga kelembapan kaki dan sangat diperlukan untuk mencegah adanya kaki pecah-pecah hingga infeksi.

2. Mencegah kapalan

Saat Anda berjalan menggunakan sepatu maupun sandal, kulit akan terkena gesekan berulang yang mampu menyebabkan kapalan hingga luka di area kaki. Pedicure dapat membantu mencegah dan menghilangkan bekas kapalan tersebut dengan meningkatkan kelembapan pada kaki.

3. Menyehatkan persendian

Ketika menjalani pedicure, Anda juga akan mendapatkan pijatan kaki yang dapat membantu menyehatkan area persendian.

Selain itu, Anda juga akan menikmati sesi merendam kaki di air hangat saat menjalani pedicure. Sesi ini tak hanya berfungsi untuk melemaskan otot yang kaku, tapi juga sanggup mengurangi stres pada area persendian.

Cara menjaga kesehatan kaki lainnya

Jika Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat melakukan perawatan kaki seperti pedicure, Anda juga dapat menjaga kesehatan telapak kaki secara mandiri di rumah.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat menjaga kesehatan kaki secara mandiri, antara lain:

1. Gunakan sepatu yang nyaman

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kaki, seperti kapalan atau infeksi akibat luka lecet, yang disebabkan gesekan berulang permukaan kaki di area dalam sepatu.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah sepatu yang nyaman, minimal jari-jari kaki Anda tidak merasa sesak saat mengenakan sepatu.

2. Jangan pinjamkan sepatu ke orang lain

Selain itu, hindari kebiasaan meminjamkan sepatu pada orang lain karena dapat memperbesar peluang terinfeksi jamur kaki yang mungkin dialami oleh peminjamnya.

3. Jangan berbagi alat pedicure dengan orang lain

Tips berikut ini juga penting untuk diperhatikan Anda yang gemar melakukan perawatan pedicure di pusat perawatan kaki. Sebelum menjalani pedicure, tanyakanlah terlebih dahulu pada terapis mengenai cara mereka menjaga kebersihan alat-alat pedicure yang digunakan untuk banyak orang.

Alasannya adalah alat-alat pedicure, seperti gunting kuku maupun amplas kuku, yang tidak higienis dapat memperbesar peluang penyebaran infeksi jamur. Hal ini juga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki gunting kuku dan amplas kuku pribadi, agar tidak sembarangan meminjamkan alat tersebut pada orang lain.

4. Jangan biarkan cat kuku menempel terlalu lama

Bagi Anda yang gemar merias kuku, jangan biarkan cat kuku menempel terlalu lama karena dapat memperbesar peluang tumbuhnya jamur kuku.

Kesehatan telapak kaki dan kuku kaki perlu diperhatikan untuk mencegah ketidaknyamanan pada kaki Anda. Apabila Anda tidak berminat mencoba pedicure, cara-cara alternatif seperti yang disebutkan di atas dapat menjadi pilihan yang baik.

Stylecaster.
https://stylecaster.com/beauty/health-benefits-of-pedicures/
Diakses pada 15 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/tips-for-healthy-feet-footwear-hygiene#feet-dos-and-donts
Diakses pada 15 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/fungal-nail-infection
Diakses pada 15 April 2020

Artikel Terkait