Ini Manfaat Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin


Manfaat melon untuk ibu hamil ternyata semanis rasanya. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini dipercaya dapat menyehatkan ibu hamil maupun janin di dalam rahim.

(0)
09 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah melon untuk ibu hamil sangatlah beragam, salah satunya mengatasi masalah pencernaan.Manfaat buah melon untuk ibu hamil sangat tidak boleh diremehkan!
Tahukan Anda ada banyak manfaat melon untuk ibu hamil? Buah manis ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bisa menyehatkan kandungan. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, hingga antikoagulan, melon punya semuanya.

Manfaat melon untuk ibu hamil dan janin

Sebagian ibu hamil mungkin bertanya-tanya, apakah mengonsumsi melon aman saat sedang mengandung? Jawabannya, sangat aman.Nyatanya, melon adalah buah yang rendah kalori dan bernutrisi tinggi, menjadikannya sebagai ‘makanan super’ yang patut dikonsumsi ibu hamil.Namun hati-hati, kulit buah melon berpotensi mengandung bakteri bernama Listeria. Ibu hamil disarankan untuk mengupasnya terlebih dahulu dan memakan dagingnya saja. Berikut manfaat buah melon untuk ibu hamil dan janinnya.

1. Bernutrisi tinggi

Di dalam setiap satu cangkir (156 gram) buah melon, terdapat berbagai kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 53
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 64 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin A: 29 persen dari RAH
  • Kalium: 9 persen dari RAH
  • Folat: 8 persen dari RAH
  • Vitamin B3: 7 persen dari RAH
  • Magnesium: 5 persen dari RAH
  • Vitamin B1: 5 persen dari RAH
  • Vitamin K: 3 persen dari RAH.
Setelah melihat berbagai kandungan nutrisi buah melon, tidak heran kalau manfaatnya untuk ibu hamil dan janin semanis rasanya.

2. Mencegah cacat tabung saraf

Selama trimester pertama, tabung saraf bayi akan berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang.  Mengonsumsi buah melon yang kaya akan folat dipercaya dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Ini merupakan salah satu manfaat terpenting mengonsumsi buah melon saat kehamilan.

3. Mencegah penggumpalan darah

Salah satu komplikasi kehamilan yang sering terjadi adalah penggumpalan darah. Mengonsumsi buah melon saat hamil menjadi salah satu cara untuk mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan yang dapat merugikan kesehatan ibu hamil serta janinnya.Perlu diketahui, manfaat melon untuk ibu hamil yang satu ini datang dari kandungan antikoagulannya.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan janin

Melon mengandung karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.Tidak hanya itu, karotenoid juga dipercaya bisa membantu pembentukan sel baru sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan janin.

5. Meningkatkan fungsi kognitif bayi

Vitamin A sangatlah penting untuk perkembangan fungsi kognitif janin selama ia berada di dalam rahim. Buah melon cocok dikonsumsi karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yakni 29 persen dari RAH di setiap satu cangkirnya.

6. Mencegah masalah pencernaan

Manfaat buah melon untuk ibu hamil dapat mencegah masalah pencernaan
Manfaat melon untuk ibu hamil dapat cegah masalah pencernaan
Nyeri ulu hati adalah salah satu gejala yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil, terutama di trimester kedua dan ketiga.Untungnya, melon dapat mencegah masalah pencernaan dan mengatasi nyeri ulu hati karena mengandung vitamin C yang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

7. Mencegah anemia

Anemia yang muncul saat kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang berkembang di dalam rahim.Namun tenang, untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi melon. Buah ini mengandung zat besi dan vitamin C yang bisa mencegah anemia. Vitamin C dalam buah melon dapat membantu penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

8. Mengatasi kram kaki

Kram kaki di malam hari? Ibu hamil mungkin sudah paham betul dengan rasanya. Kondisi ini dapat mengganggu jam istirahat Anda yang membutuhkan banyak tenaga.Hati-hati, kram kaki bisa saja terjadi akibat tubuh kekurangan kalium. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah yang mengandung kalium, contohnya melon.

9. Mempersiapkan tubuh ibu hamil menjelang persalinan

Saat proses persalinan, tubuh ibu hamil membutuhkan kontraksi otot yang aktif. Salah satu mineral yang mampu melancarkan proses ini adalah fosfor, yang ternyata juga dikandung oleh melon.Selain itu, fosfor juga bisa menjaga proses pembekuan darah, fungsi ginjal, perbaikan jaringan tubuh, hingga fungsi jantung.

10. Mendukung perkembangan mata janin

Mata janin akan mulai berkembang di trimester pertama kehamilan. Selama masa ini, tentunya mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti melon sangat baik untuk mendukung perkembangan mata Si Kecil. Selain itu, vitamin A juga bisa menurunkan risiko gangguan pada mata janin.

11. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

Manfaat buah melon untuk ibu hamil dapat mendukung perkembangan tulang dan gigi janin
Makan melon dapat membantu tumbuh kembang janin
Janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, ibu boleh mengonsumsi buah melon.

Cara aman mengonsumsi melon saat hamil

Kulit buah melon berpotensi mengandung bakteri Listeria, yang bisa menyebabkan munculnya penyakit. Pada ibu hamil, bakteri Listeria dapat menyebabkan listerosis. Itulah mengapa ibu hamil disarankan untuk membersihkan buah melon sebelum mengonsumsinya dan membuang kulitnya.Setelah mengupas kulitnya, sebaiknya Anda segera mengonsumsi buah melon dan jangan menaruhnya di kulkas terlalu lama supaya kandungan nutrisinya terjaga.Bagi ibu hamil yang masih ragu untuk mengonsumsi buah melon, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilanbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-muskmelon-kharbuja-during-pregnancy/
Diakses pada 26 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/muskmelon-vs-cantaloupe#nutrition
Diakses pada 26 Oktober 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-muskmelon-during-pregnancy_0088031/
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait