Ternyata ada banyak manfaat kulit semangka
Kulit semangka ternyata punya banyak manfaat

Pernahkah Anda berpikir untuk mengonsumsi kulit semangka? Sebagian besar dari Anda mungkin akan memandang aneh ide tersebut, namun faktanya manfaat kulit semangka untuk kesehatan ternyata juga tidak kalah dibanding buahnya, lho.

Kulit semangka dan bagian yang berwarna putih memang tidak mengandung air sebanyak daging buahnya, tapi bagian yang satu itu tetap bisa dimakan dan menimbulkan efek segar. Setiap 2,5 cm kotak kulit semangka mengandung 1,8 kalori yang sebagian besar merupakan karbohidrat.

Dalam jumlah yang lebih kecil, kulit semangka juga mengandung vitamin C (hingga 2 persen dari total kebutuhan harian) dan vitamin B-6 (1 persen). Kandungan ini membuat kulit semangka disebut-sebut baik untuk menyehatkan kulit dan sistem saraf manusia.

Manfaat kulit semangka untuk kesehatan

Bukan rahasia lagi jika kulit semangka dianggap sebagai sampah dari sisa daging buah semangka yang Anda makan. Namun, ternyata ada manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Anda dengar, misalnya:

  • Meningkatkan libido

Penelitian awal menunjukkan bahwa manfaat kulit semangka ialah mengatasi masalah disfungsi ereksi tingkat ringan hingga sedang pada pria. Kulit semangka mengandung asam amino citrulline yang terbukti dapat meningkatkan libido.

Ya, cara kerjanya kurang lebih mirip dengan obat kejantanan. Meski klaim ini masih perlu dibuktikan secara medis, tidak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi kulit semangka karena ia adalah ‘obat kuat’ alami yang relatif tanpa efek samping.

  • Meningkatkan stamina

Citrulline yang terkonsentrasi di kulit semangka juga memiliki khasiat lain, yakni meningkatkan stamina sehingga Anda dapat bekerja atau berolahraga lebih lama. Sayangnya, bukti atas klaim ini masih bersifat anekdotal yang berhubungan dengan cara kerja citrulline itu sendiri.

Citrulline mampu memicu pembesaran pembuluh darah sehingga peredaran oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar. Teorinya, hal ini akan membuat Anda tidak mudah lelah sehingga dapat beraktivitas lebih lama dan kuat.

  • Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat kulit semangka yang mirip dengan memakan daging buahnya adalah dapat mengurangi tekanan darah. Lagi-lagi, hal ini datang dari kandungan citrulline di dalamnya yang dipercaya dapat menurunakn tekanan darah pada penderita hipertensi.

Memakan buah semangka, termasuk bagian kulitnya, juga bersifat diuretik sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Cara mengonsumsinya pun mudah, Anda cukup memakan buah semangka beserta sebagian kulitnya yang sudah dicuci bersih.

  • Menyehatkan saluran cerna

Manfaat kulit semangka yang tak kalah baiknya adalah menyehatkan saluran cerna karena ia mengandung serat yang baik bagi tubuh. Dengan saluran cerna yang baik, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan proses ini, misalnya konstipasi, diare, hingga kanker usus.

Selain itu, konsumsi makanan cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga kulit semangka cocok dikonsumsi oleh Anda yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan.

Cara mengonsumsi kulit semangka

Untuk mendapatkan manfaat kulit semangka, cara terbaik ialah dengan memakannya begitu saja. Namun, tentu saja hal ini tidak semudah makan daging buah semangka mengingat kulit semangka cukup keras dan terasa hambar.

Oleh karena itu, ada beberapa ide pengolahan kulit semangka yang dapat Anda coba, misalnya:

  • Jus

Masukkan daging buah semangka dengan kulitnya ke dalam blender, kemudian hancurkan hingga halus, lalu saring. Anda juga dapat menambahkan bahan lain ke dalam minuman ini, misalnya jeruk nipis, soda, atau susu dan menyimpannya di dalam kulkas sehingga jus kulit semangka dapat dinikmati dalam keadaan dingin.

  • Acar

Kulit semangka memiliki konsistensi mirip timun sehingga banyak juga orang yang menjadikannya sebagai acar. Cara pembuatannya pun mirip dengan acar timun, yakni direndam larutan gula dan garam semalaman hingga lebih empuk.

  • Tumis

Kulit semangka juga bisa diperlakukan seperti sayuran pada umumnya, yakni dimasak dengan cara ditumis dan dicampur dengan sayuran lain atau sumber protein, seperti udang, ayam, atau daging.

Mulai sekarang, tak perlu lagi membuang kulit semangka. Sebaliknya, cobalah olahan di atas dan rasakan sendiri manfaat kulit semangka untuk kesehatan Anda.

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/408893-benefits-of-watermelon-rinds/
Diakses pada 20 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/watermelon-rind-benefits
Diakses pada 20 April 2020

Watermelon. https://www.watermelon.org/the-slice/three-ways-to-eat-watermelon-rind/
Diakses pada 20 April 2020

Artikel Terkait

Tanya Jawab Terkait Bersama Dokter