Ini Manfaat Ketumbar untuk Jantung yang Tidak Diduga-duga


Manfaat ketumbar untuk jantung dipercaya dapat membantu menurunkan risiko-risiko penyebab penyakit jantung dan menjaga kesehatan metabolisme lemak. Berikut adalah daftar manfaat ketumbar untuk jantung yang bisa Anda simak.

(0)
20 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat ketumbar untuk jantung adalah menurunkan risiko-risiko penyakit jantungKetumbar punya sejumlah manfaat untuk jantung
Ketumbar umumnya dikenal sebagai salah satu biji rempah yang digunakan sebagai bumbu masak. Namun, tahukah Anda ada manfaat ketumbar untuk jantung dan kesehatan secara keseluruhan?Berasal dari tumbuhan Coriandrum sativum, ketumbar masih satu kelompok dengan peterseli, wortel, dan seledri. Tidak hanya bijinya, daun ketumbar juga bisa dikonsumsi.

Manfaat ketumbar untuk jantung

Penyakit jantung dan stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Namun, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dan menjaga kesehatan jantung sekaligus pembuluh darah.Selain gaya hidup sehat dan rajin olahraga, mengonsumsi bahan-bahan alami bisa jadi pilihan. Ketumbar adalah salah satunya. Manfaat ketumbar untuk jantung dipercaya dapat membantu menurunkan risiko-risiko penyebab penyakit jantung dan menjaga kesehatan metabolisme lemak.

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat ketumbar untuk jantung terletak pada kandungan antioksidannya yang mampu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah.Senyawa antioksidan tersebut meliputi terpinene, quercetin, dan tokoferol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyumbatan jantung (jantung koroner).

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, manfaat biji ketumbar untuk jantung juga terletak pada kemampuannya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).HDL berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan menyingkirkan kolesterol-kolesterol yang buruk bagi kesehatan. Kadar kolesterol baik yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menghambat agregasi trombosit

Agregasi trombosit adalah kecepatan trombosit darah dalam membentuk gumpalan (trombosis). Agregasi trombosit berlebihan dapat menyebabkan gangguan kardiovaskuler dan meningkatkan risiko penyakit jantung.Manfaat ketumbar untuk jantung Ini dilakukan dengan menghambat agregasi trombosit. Sehingga, risiko terjadinya penggumpalan darah di arteri jantung yang bisa mengakibatkan serangan jantung dapat diturunkan.

4. Meningkatkan metabolisme lemak

Ketumbar berperan penting dalam metabolisme lemak. Sebuah studi menunjukkan bahwa rempah ini dapat mengontrol tekanan darah sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Berfungsi sebagai zat diuretik

Ketumbar memiliki manfaat sebagai zat diuretik sehingga dapat membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air. Hal ini juga akan membantu mengontrol tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung dapat diturunkan.

6. Menurunkan gula darah

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, termasuk gangguan jantung. Dengan mengontrol gula darah, risiko penyakit jantung bisa diturunkan.Manfaat ketumbar untuk jantung ini terletak pada kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak biji ketumbar dapat mengatur kadar gula darah. Ekstrak ini juga dianggap dapat membantu meningkatkan kadar insulin.

Cara memanfaatkan biji ketumbar

Ketumbar dapat dengan ditambahkan pada berbagai makanan. Selain itu, ketumbar juga bisa diolah menjadi ekstrak ketumbar atau minyak ketumbar.Manfaat ketumbar untuk jantung dapat Anda raih dengan menambahkan ketumbar dalam pola makan Anda. Sebelum digunakan, sebaiknya biji ketumbar disangrai terlebih dahulu dengan cara berikut:
  • Panaskan penggorengan
  • Masukkan biji ketumbar ke penggorengan tanpa minyak dan sangrai dalam api sedang
  • Tunggu hingga aroma ketumbar menguar sebelum Anda angkat dari penggorengan.
Simpan ketumbar sangrai di dalam wadah yang rapat supaya bisa bertahan hingga beberapa bulan. Biji ketumbar sangrai ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan.Biji ketumbar dapat dijadikan bumbu kaldu atau sup. Ketumbar yang sudah dihaluskan bisa dimasukkan ke dalam bumbu rebusan saat memasak ikan, daging, atau ayam. Selain itu, biji ketumbar juga bisa dijadikan bumbu tumisan atau bumbu camilan seperti tempe goreng.

Efek samping ketumbar

Selain manfaat ketumbar untuk jantung, ada juga efek samping yang harus diperhatikan. Walaupun secara umum ketumbar relatif aman, sebagian orang bisa memiliki alergi terhadap ketumbar. Ketumbar yang dioleskan ke kulit juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.Penggunaan ketumbar secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping lainnya, seperti peningkatan sensitivitas kulit terhadao sinar matahari, diare berat, sakit perut, penggelapan kulit, menstruasi tertunda, hingga dehidrasi.Jika Anda punya pertanyaan seputar manfaat ketumbar untuk jantung, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatpenyakit jantung
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-117/coriander
Diakses 6 Oktober 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-coriander-seeds/
Diakses 6 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coriander-benefits
Diakses 6 Oktober 2020
Times Now News. https://www.timesnownews.com/health/article/weight-loss-healthy-skin-and-hair-what-are-the-benefits-of-drinking-coriander-water-as-a-morning-ritual/594872
Diakses 6 Oktober 2020
UHS. https://uhs.umich.edu/cholesterol
Diakses 6 Oktober 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3083808/
Diakses 6 Oktober 2020
WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/the-top-10-causes-of-death
Diakses 6 Oktober 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/thrombocyte-aggregation
Diakses 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait