Salah satu gerakan dalam yoga vinyasa adalah pose downward facing dog
Posisi downward facing dog mengharuskan Anda bertumpu pada telapak tangan dan telapak kaki

Apakah Anda pernah mencoba yoga vinyasa? Yoga vinyasa adalah jenis yoga yang melibatkan serangkaian gerakan di mana pergantiannya disesuaikan dengan ritme pernapasan. Anda akan bergerak secara langsung dari satu pose ke pose berikutnya ketika menarik atau menghembuskan napas sehingga menciptakan aliran yang dinamis. Kenali lebih jauh mengenai yoga vinyasa berikut ini.

Manfaat yoga vinyasa

Secara harfiah, vinyasa berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hubungan. Jika ditafsirkan, ini merupakan hubungan antara gerakan dan napas atau hubungan antara pose dalam suatu urutan. 

Pose dan laju aliran yoga vinyasa umumnya bervariasi bergantung pada instruktur yang melatih. Yoga vinyasa dapat meningkatkan energi tubuh dan memberi relaksasi. Adapun beberapa manfaat lain yang ditawarkan oleh yoga vinyasa, yaitu:

1. Meningkatkan kekuatan otot

Yoga vinyasa dapat membantu meningkatkan kekuatan otot karena poses-pose yang dilakukan secara berurutan begitu dinamis. Hal tersebut membuat otot tubuh lebih banyak bergerak dengan cepat sehingga dapat pula membuat tubuh lebih bugar. 

2. Menurunkan tingkat stres dan kecemasan

Efek relaksasi yang diberikan oleh yoga vinyasa dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang Anda alami. Ketika Anda menarik dan menghembuskan napas dalam sesi yoga, pikiran Anda pun akan terasa jauh lebih tenang.

3. Meningkatkan stabilitas dan keseimbangan

Secara umum, yoga memang dapat meningkatkan stabilitas dan keseimbangan. Dengan melakukan latihan yoga vinyasa secara rutin, tubuh Anda akan menjadi lebih seimbang dan mengurangi risiko jatuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Karena gerakannya lebih cepat dan aktif, maka yoga vinyasa dapat membakar kalori lebih banyak. Jika dilakukan secara teratur, maka hal tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Latihan kardio yang ideal

Menurut sebuah studi tahun 2013 dalam Journal of Yoga & Physical Therapy, gerakan cepat dari yoga vinyasa menjadikannya sebagai latihan kardiovaskular yang ideal. Ini dapat membantu menyehatkan dan memperbaiki performa jantung.

Gerakan yoga vinyasa untuk pemula

Meski masih pemula, Anda tak perlu khawatir kesulitan melakukan yoga vinyasa karena ada gerakan-gerakan khusus untuk pemula. Berikut urutan gerakan yoga vinyasa untuk pemula yang umum dilakukan:

  • Posisikan plank

Mulailah dengan posisi plank di mana telapak tangan dan jari-jari kaki menempel pada matras untuk menopang tubuh. Pastikan juga kedua lengan lurus, dan pinggul sejajar dengan bahu hingga membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki.

  • Turunkan lutut, dada, dan dagu

Hembuskan napas untuk menurunkan lutut, dada, dan dagu ke matras. Jangan sampai bokong Anda turun, dan siku harus menekuk lurus ke belakang di sisi tubuh. Pose ini baik untuk tulang punggung dan memperkuat lengan Anda.

  • Cobra pose

Tarik napas dan ubah menjadi posisi cobra di mana tangan tetap pada posisi sebelumnya. Namun, turunkan pinggul dan bokong ke matras sehingga dada terangkat. Biarkan dada terangkat oleh kekuatan punggung Anda, jangan karena oleh dorongan tangan. Pastikan juga panggul dan bagian atas kaki menempel pada matras.

  • Downward facing dog

Hembuskan napas dan angkat tubuh Anda di mana bokong berada dalam posisi yang paling tinggi. Bertumpulah pada telapak tangan dan telapak kaki yang menempel pada matras. Pastikan lengan dan kaki lurus, serta kepala dan lutut sejajar sehingga tubuh seolah-olah membentuk segitiga.

Setelah Anda telah terbiasa melakukan gerakan ini, Anda dapat memvariasikan gerakan lain yang lebih menantang. Jika Anda tertarik untuk mencoba, Anda dapat mengikuti kelas yoga vinyasa dengan instruktur yang terlatih agar tidak keliru.

Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan baik sebelum maupun setelah latihan. Jangan lupa untuk tetap minum air putih di sela-sela latihan agar kebutuhan cairan Anda terpenuhi sehingga terhindar dari dehidrasi. Jika dalam sesi latihan, Anda mengalami cedera, pusing, mual atau muntah sebaiknya segera akhiri sesi dan ke luar ruangan.

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/introduction-to-vinyasa-flow-yoga-4143120
Diakses pada 24 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/hatha-vs-vinyasa#about-vinyasa-yoga
Diakses pada 24 April 2020

Artikel Terkait